BUAT PARA CEWEK, HATI-HATI YUK KALO NAIK KENDARAAN UMUM

December 04, 2018

GIRLS-HATI-HATI-YUK-KALO-NAIK-KENDARAAN-UMUM

 

Banyaknya sarana angkutan umum di Indonesia emang jadi dilema buat masyarakatnya. Ada yang murah tapi harus siap desek-desekan dan nggak duduk berjam-jam, ada yang mahal tapi dalam hal pelayanan masih mengecewakan. Meski begitu, angkutan umum tetep aja banyak yang butuh. Tapi naik angkutan umum ternyata nggak cuma sekedar bikin kita bete atau marah, kalo nggak hati-hati nyawa juga bisa terancam.

 

 

ANGKUTAN UMUM NON-ONLINE

 

GIRLS-HATI-HATI-YUK-KALO-NAIK-KENDARAAN-UMUM

 

Kalo misal kita pengguna setia angkutan umum non-online kayak commuter line, Transjakarta, angkot, Kopaja, Metromini, dan lainnya, hati-hati sama barang bawaan kita. Karena banyaknya penumpang atau ketidak hati-hatian kita bisa jadi kesempatan untuk orang yang punya tangan “jail”. Mulai dari nyopet sampe pelecehan seksual. Dan nggak cuma itu aja, macetnya Jakarta dan kejar setoran pun bikin si supir suka ugal-ugalan bawa kendaraannya yang kadang bikin kita spot jantung. Terutama untuk angkot, Metromini dan Kopaja. Roller coaster aja kalah kayaknya sama mereka.

Cari amannya, lebih baik kita selalu jaga barang bawaan sejak berangkat dari rumah sampe tempat tujuan. Kayak ngecek dulu barang apa aja yang kita bawa di dalam tas sebelum dan sesudah sampe ke tempat tujuan. Terus selama perjalanan, apapun jenis tas kita jangan pernah taruh di belakang badan yang nggak bisa terlihat sama mata kita. Tapi taruh di depan badan dan jangan lupa selalu pegang erat juga selalu fokus. Cara untuk fokusnya, perhatiin orang sekitar kita. Nggak usah takut buat ngeliatin orang di deket-deket kita, karena itu ngebuktiin kalo kita bukan lawan yang lemah dan bikin si yang punya niat jahat berpikir ulang buat ngejahatin kita. Tapi jangan dilihat dengan mata sinis ya, nanti yang ada orang malah kesel sama kita.

 

ANGKUTAN UMUM ONLINE

 

GIRLS-HATI-HATI-YUK-KALO-NAIK-KENDARAAN-UMUM

 

Angkutan umum online yang udah booming sejak dua tahun lalu ini ngebantu banget buat kita yang pengen naik kendaraan umum tapi secara praktis, cepat dan lebih private. Tapi kita tetap harus waspada girls. Karena si supir yang suka pake maps atau kadang dia yang ngerekomendasiin jalanannya sendiri, buat kita yang buta jalan bisa-bisa malah diajak muter-muter. Bahayanya lagi kalo kita sampe di bawa ke tempat tujuan lain.

Nah supaya aman, jangan pernah ikutin apa kata si driver. Kalo dia nawarin lewat jalan A biar lebih cepat sampai tapi kita nggak tau jalan A itu di mana, lebih baik minta si driver buat ikutin maps aja. Tapi kita juga harus ngecek rute perjalanannya buat mastiin kalo dia ngikutin apa maunya kita. Inget, kita harus berpendirian teguh dan jangan labil. Karena kalo kita labil, omongan si supir yang nyaranin jalan lain bisa bikin kita terpengaruh sama kata-kata manisnya. Emang sih kita pengennya cepet sampe, tapi kalo misalnya nggak sesuai harapan? Mendingan yang pasti-pasti aja buat kita yang buta jalan. Nah sebagai pelajarannya, usahain selalu fokus sama jalanan bukan sama handphone buat cek Instagram segala macem. Setiap kali kita naik angkutan umum online ingetin nama jalan dan arahnya supaya kalo suatu hari kita pergi ke daerah yang sama kita nggak usah ketar-ketir lagi soal mau dibawa kemana kita sama abangnya.

 

ANOTHER TIPS

Mau angkutan umum online atau non-online, usahain duduk atau berdiri di tempat yang menurut kita aman dan pokoknya percaya sama insting kita. Terus Kalo kita sampe berhadapan sama hal-hal yang nggak diinginkan saat naik kendaraan umum, berusahalah tenang. Karena kalo kita panik, si penjahat atau perampok itu juga bisa ikutan panik dan akhirnya ngelakuin sesuatu yang sebenernya nggak dia rencanain. But, jangan jadi parno buat ngegunain transportasi umum yaa. Selama kita berhati-hati, fokus dan tegas para penjahat juga nggak akan isengin kita kok. Jangan lupa berdoa juga biar selalu dikasih keselamatan sama Tuhan!

 

 

Written by Ika Virginaputri, rewritten by Kartika Afriyani
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar