7 CARA PACARAN YANG BERUBAH GARA-GARA KEBIASAAN CHAT

January 11, 2018

GIMANA-TEXT-CULTURE-NGUBAH-CARA-PACARAN-ZAMAN-SEKARANG

 

Budaya komunikasi lewat teks atau text culture di era digital sebenernya merupakan bagian dari mediasi. Menurut Roger Silverstone, mediasi adalah proses pertukaran pesan secara nggak langsung lewat perantara media. Sadar atau nggak, ketika kita komunikasi sama orang lain lewat text, ada hal-hal yang ikut tersampaikan di luar pesan yang kita maksud. Soalnya, kalo kata pakar komunikasi Marshall McLuhan, medium is a messageText culture ini pun ngaruh ke cara kita ngejalanin hubungan pacaran, lho. Nah, Gogirl! ngerangkum 6 hal yang jadi ‘ekor’ dari dari perubahan gaya pacaran dalam era text culture ini.

 

 

FIRST MOVE

 

GIMANA-TEXT-CULTURE-NGUBAH-CARA-PACARAN-ZAMAN-SEKARANG

 

Di zaman sekarang, komunikasi lewat teks jadi sarana paling jitu buat ngelakuin first move alias ngedeketin gebetan. Bisa lewat comment di postingan Instagram, nge-reply cuitan di Twitter, atau chat di Line setelah tau ID account si dia. Sadar nggak sih? Zaman sekarang, pendekatan secara langsung atau telepon dinilai kurang sopan kalo dibandingin lewat komunikasi teks.

 

NOTIFIKASI READ

 

GIMANA-TEXT-CULTURE-NGUBAH-CARA-PACARAN-ZAMAN-SEKARANG

 

Notifikasi read dari pasangan bisa nimbulin bermacam-macam emosi. Nggak kunjung di-read dalam waktu lama bikin bete, di-read doang lebih ngeselin lagi. Notifikasi read ini cenderung bikin kita berharap kalo si dia bakal langsung bales begitu nge-read pesan kita. Kadang kita mikir, mending belum di-read sekalian daripada di-read tapi nggak langsung dibales. Ups, tapi kalo di Whatsapp mah notifikasi read ini kan bisa disembunyiin!

 

JARAK WAKTU CHAT

 

 

Ada yang pernah bete nggak ketika pacar ngebales chat lama tapi kita ngebalesnya cepet banget? Terus, pernah nggak nunggu waktu dulu sebelum bales chat doi padahal kita bisa aja langsung bales begitu nerima chat itu?

Sadar nggak sih? Time spare on chatting is kinda matter nowadays. Dalam hubungan romansa, kita cenderung nggak langsung ngebales chat pada waktu yang sama dengan saat kita nerima chat dari si dia. Takut dikira kurang kerjaan gitu, deh. Ya, tunggu beberapa menit dulu lah, baru deh langsung bales. 

 

NYARI KABAR

Pada era SMS, komunikasi teks adalah tempat paling tepat buat nanya kabar sambil ngasih perhatian. Sekedar nanya “Udah makan apa belum?” atau “Lagi di mana?” jadi obrolan wajib lewat SMS. Sekarang, komunikasi teks bukan lagi satu-satunya cara buat nyari kabar pasangan. Kalo doi nggak kunjung bales chat, tinggal cek aja Instastories atau Twitternya. Yah… meskipun ini ngebetein banget, sih.

 

LAST SEEN DI WHATSAPP

 

GIMANA-TEXT-CULTURE-NGUBAH-CARA-PACARAN-ZAMAN-SEKARANG

 

Last seen di Whatsapp bisa jadi bencana dadakan buat yang lagi jalanin hubungan. Fakta kalo kita bisa tau kapan terakhir kali pacar buka Whatsapp bisa nurunin mood kita, terlebih lagi kalo pada waktu yang sama chat kita belum dibalas sama sekali sama dia. Kita pun jadi gampang curiga sama dia. “Buka Whatsapp tapi kok chat aku nggak di-read? Terus ngapain dong dia buka whatsapp? Chattingan sama siapa sih?”

Untungnya, sama kayak notifikasi read, display last seen di Whatsapp juga bisa disembunyiin. Nah, kita bisa manfaatin fitur ini buat nurunin sifat curigaan kita ke pacar. Eits, tapi jangan malah dimanfaatin buat hal-hal negatif, ya.

 

PANJANG DAN KREATIVITAS TEXT

 

GIMANA-TEXT-CULTURE-NGUBAH-CARA-PACARAN-ZAMAN-SEKARANG

 

Makin berkembangnya teknologi chatting apps di handphone, makin kreatif juga kita sebagai penggunanya. Ada banyak banget sticker dan emoticon yang bisa ngewakilin perasaan kita saat chat sama pacar. Orang yang terbiasa ngehiasin komunikasi teksnya dengan sticker dan emoticon bakal heran ketika suatu hari bakalan ngerasa heran ketika pasangannya tiba-tiba nge-chat cuma kata-kata.

Begitu juga sama pasangan yang terbiasa ngechat panjang lebar. Suatu saat, ketika salah satunya terpaksa ngetik pendek sewaktu chatting, sang pasangan pasti bakal nanya, “Hey, kamu kenapa? Kok beda?

 

NEMBAK / MINTA PUTUS

 

GIMANA-TEXT-CULTURE-NGUBAH-CARA-PACARAN-ZAMAN-SEKARANG

 

Nembak atau minta putus adalah dua hal super penting yang sebenernya nggak bisa dilakuin lewat mediasi. Tapi, kalo yang ngejalanin long distance relationship (LDR), mediasi jadi satu-satunya jalan karena nggak mungkin banget ngomong secara langsung. Nembak atau minta putus lewat komunikasi teks dinilai kurang sopan dibandingin sama telepon atau video call. Tapi, anggapan ini tetep nggak menutup fakta kao putus cuma lewat komunikasi teks bisa terjadi.

 

Masih penasaran sama lika-liku berpacaran, coba cek ini deh:

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
giphy, shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar