CIRI-CIRI ORANG YANG LAGI BERBOHONG

December 05, 2017

GIMANA-SIH-CARA-UNTUK-MENGETAHUI-ORANG-YANG-LAGI-BERBOHONG

sumber foto: www.nautiljon.com

 

Namanya juga manusia biasa, kita nggak bisa secara langsung tahu kalau ada orang yang bohong sama kita atau enggak. Tapi ada beberapa cara sederhana untuk mendeteksi orang yang lagi berbohong. 

 

 

Pernah nonton serial tv ‘Lie to Me’? Film ini menceritakan tentang seorang doter bernama Carl Lightman yang ahli membaca desepsi, raut wajah, dan gerak gerik tubuh seseorang. Bersama dengan temannya, Carl Lightman mendirikan perusahaan The Lightman Group. Perusahaan itu bekerja sama dengan FBI untuk membaca tanda-tanda kebohongan seseorang. Menurut film ini, berbohong apapun tujuannya adalah tindakan yang bertentangan dengan hati nurani manusia. Jadi, setiap seseorang berbohong, selalu ada gerak-gerik tertentu yang akan muncul pada orang tersebut untuk mengendalikan diri mereka dan menghilangkan rasa bersalah yang muncul ketika seseorang berbohong.

Kira-kira apa aja sih cara sederhana untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau nggak sama kita.

 

1. NADA BICARA NAIK / TINGGI

Kalau kita menanyakan sesuatu kepada orang yang bohong, dan dia mengulang pertanyaan dengan kata ‘Apa’ berarti dia sedang berbohong. Misalnya kita bertanya “Apa kamu lihat handphone disini?” dan dia menjawab “Apa” dengan nada yang naik. Berkata ‘Apa’, menunjukan kalau dia meminta kita untuk mengulang pertanyaan. Meminta ulang pertanyaan, sebenarnya adalah waktu bagi dia untuk berpikir jawaban yang tepat.

 

2. PERHATIKAN MATANYA

Ketika kita berbicara dengan orang, perhatikanlah tatapannya. Ketika seseorang berbohong, dia nggak akan berani untuk menatap matamu, atau memandang lurus kedepan lawan bicaranya. Atau perhatikanlah bola matanya, jika bola matanya bergerak ke kiri ketika berbicara, kemunginan besar dia sedang berbohong.

 

3. JARI TANGAN

Coba perhatikan jari tangannya. Jika sedang berbicara dengan orang yang berbohong, lihat jari tangannya, jika dia menggesek-gesekan jari pada kedua tangannya seperti jempol kanan dan jempol kiri, kemungkinan besar ada sesuatu yang disembunyikan dari dia.

 

4. NGGAK NYEBUT NAMA SENDIRI

Yang paling umum terjadi adalah ketika seseorang ditanya dia akan menjawab ‘Bukan aku!’ berarti dia sedang berbohong pada kita. Karena sangkalan yang diikuti dengan sebuah pernyataan imajinatif terhadap suatu masalah, adalah salah satu tanda besar yang mengisyaratkan kalau seseorang sedang berbohong.

 

5. MENAMPILKAN EKSPRESI SEDIH

Ketikan seseorang sedang berbohong, dia bisa menampilkan wajah yang pura-pura sedih. Bisa terlihat dari kerutan di dahinya, jika tidak ada kerutan di dahinya, bisa jadi dia sedang berbohong.

 

6. TARIKAN NAFAS

Setelah seseorang berkata bohong dan berhasil lolos, biasanya dia akan merasa lega. Tarikan nafas lega dan diikuti dengan ekspresi wajah yang tenang dan senang, bisa jadi pertanda seseorang baru aja berbohong.

 

7. BERKEDIP

Seseorang yang berbohong, ketika dia sedang berbicara dan dia berkedip dalam waktu yang cukup sering, berarti dia sedang menyembunyikan sesuatu.

 

Nah, itu dia cara untuk mengetaui seseorang sedang berbohong sama kita atau nggak. Mungkin ini bisa jadi cara kita mengetahui pacar atau teman yang lagi berbohong sama kita. Selamat mencoba, guys.

 

  

Written by Siti Sarah Zahira
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar