9 FILM YANG WAJIB DITONTON SAMA MAHASISWA JURNALISTIK

January 12, 2018

FILM-INI-WAJIB-DITONTON-MAHASISWA-JURNALISTIK

sumber foto: Letterboxd

 

Mulai dari drama She Was Beautiful sampe film Journalist, fansnya drama dan film Korea pasti punya banyak list rekomendasi soal tontonan berbau jurnalistik, tapi mungkin beberapa dari kita ada yang pengen juga tau referensi film barat bertema jurnalistik yang kece badai, Gogirl! punya beberapa rekomendasi nih guys!

 

 

1. NETWORK (1976) 

Film bergenre drama-comedy ini nyeritain tentang seorang penyiar bernama Howard Beale yang diminta pensiun setelah kerja 25 tahun karena faktor umur tapi doi nggak mau dan malah ngancem mau bunuh diri di siaran terakhirnya waktu on air. Nggak disangka-sangka episode itu ratingnya tinggi banget. Film ini selain kocak juga ada momen heart warming-nya juga guys.  Dibintangin sama Peter Finch dan Robert Duvall, film klasik ini wajib kita tonton!

 

 

2. ALL THE PRESIDENT’S MEN (1976) 

Dinominasiin di 8 kategori Academy Award, film ini digarap sama Alan J. Pakula. Nyeritain tentang dua rival jurnalis yang berusaha ngungkapin skandal presiden. Diperanin sama Robert Redford dan Dustin Hoffman. Watching this movie is a must!

 

 

3. THE KILLING FIELDS (1984) 

Film ini digarap langsung oleh Roland Joffe, nyeritain tentang jurnalis yang ditugasin buat nutup-nutupin berita perang di Kamboja. Diperanin sama Sam Waterston dan Julian Sands, berdasarkan buku karangan Sydney Schanberg, jurnalis yang bener-bener ngalamin kejadian ini, karena filmnya based on true story.

 

 

4. BROADCAST NEWS (1987) 

Kalo bosen sama film ala jurnalis yang tegang dan pelik, kita bisa nonton film lawas yang satu ini. Ceritanya ringan dan fun to watch karena nyeritain drama percintaan produser program TV sama penyiarnya yang ternyata diam-diam ditaksir sahabatnya juga. Dibintangin sama Holly Hunter, William Hurt dan Albert Brooks.

 

 

5. LIVE FROM BAGHDAD

Yang punya cita-cita jadi wartawan perang, film ini bisa jadi rekomendasi kita akan gimana keadaan sebenarnya di di wilayah konflik. Film yang tayang di HBO ini nyeritain gimana satu tim wartawan TV CNN ngeliput beita Irak pada saat masa-masa transisi pemerintahan. Kita jadi belajar gimana  caranya ngedeketin nara sumber demi ngebuat berita kita terpercaya.

 

 

6. SHATTERED GLASS (2003) 

Film ini nyeritain tentang dua jurnalis yang bersaing buat jadi jurnalis terbaik. Jadi buat kita yang pengen bener-bener belajar soal dunia jurnalistik, film ini wajib ditonton. Ada Heyden Christenson, Peter Sarsgaard dan Chloe Sevigny.  Satu hal yang paling dipelajari dari film ini adalah, selalu mengutamakan kebenaran saat kita menulis sebuah berita.

 

 

7. VERONICA GUERRIN (2003)

Film yang diambil dari kisah nyata perjuangans eorang wartawan perempuan di Irlandia bernama Veronica Guerin, yang ingin mengungkapkan kebenaran di balik kasus-kasus perdagangan narkoba di Dublin, yang kayaknnya selalu mental karena keterlibatan oknum di pemerintahan. Melalui film ini kita akan ngeliat perjuangan dan pengorbanan yang udah dilakuin Veronica demi bisa menyingkap kebenaran. Such a role model for a journalist!

 

  

 

8. GOOD NIGHT AND GOOD LUCK (2005) 

Well, film yang satu ini nyeritin tentang usaha seorang jurnalis buat ngungkapin aksi kejahatan senator, buat yang suka alur cerita yang complicated, film ini adalah jawabannya. Disutradarai dan dibintangin sama George Clooney dengan Robert Downey Jr dan Patricia Clarkson sebagai pemeran pendukung, kita nggak bakal kecewa nonton film ini!

 

 

9. SPOTLIGHT (2015) 

Well we save the best for the last. Film ini adalah film terbaik OSCAR 2016 yang udah rilis di akhir tahun tapi baru bisa tayang Februari 2016 di Indonesia. Nyeritain tentang editor The Boston Globe yang minta tolong para jurnalis di kantornya buat menginvestigasi kasus pelecehan seksual yang dilakuin sama pastur dan diduga memakan 80 lebih korban. Dibintangin sama Mark Ruffalo, Rachel McAdams dan Michael Keaton .. wajib pokoknya masukin film based on true story ini ke ‘a must watch movie’ list!

 

 

Movie lovers harus nonton juga rekomendasi film dari Gogirl! ini deh:

 

 

Written by Nurul Alfiah Kurniawati
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar