INI LHO ETIKA YANG BENAR SAAT KITA NGOBROL DI GROUP CHAT

December 07, 2018

 ETIKA-DI-GRUP-WHATSAPP

 

Hari gini siapa yang nggak punya grup chat? Entah itu di LINE atau Whatsapp, kayaknya nggak ada deh yang nggak punya. Aplikasi chatting emang menjadi favorit sebagian besar dari kita buat berkomunikasi. Tentu aja karena operasinya mudah, sederhana, nggak makan banyak memori, irit data, bahkan tetap bisa dipake saat kuota habis. Komunikasi pun jadi lebih sering via chatting daripada nelpon.

 

 

Selain komunikasi bilateral (maksudnya dua orang, hehehe), kita juga terhubung dengan berbagai grup. Ayo hitung, ada berapa grup WA atau LINE yang kamu ikuti ? Ada grup keluarga, grup kelas, grup kelompok belajar, grup alumni, grup komunitas hobi, grup rekan kerja, dan masih banyak lagi. Melalui grup WA atau LINE kita lebih mudah berdiskusi membahas macam-macam. Selain diskusi sesuai dengan tujuan dibentuk grup, kita juga sering saling bercanda dengan sesama anggota grup.

Tapi meskipun grup WA atau LINE sifatnya cenderung santai, kita tetap harus sopan sesuai etika. Tau nggak, kalo grup chat yang anggotanya lebih dari 20 orang itu harus kita treat seperti social media? Artinya, kita nggak boleh sembarangan kirim chat apalagi sembarangan share. Biar nggak bingung, yuk cari tau soal etika di grup chat!

 

NO CURHAT GAJE

Boleh kok curhat, kalau di grup chat yang isinya cuma besties. Kalo di grup komunitas yang isinya 25 orang, apa nggak malu? Emangnya kita percaya semua anggota grup itu nggak akan bocorin curhatan kita? Jadi ya, pilih-pilih tempat deh kalo mau curhat.

 

NO OVER SHARING

Perlu banget diingat untuk memperlakukan grup chat seperti memperlakukan media sosial. Pikir dua kali sebelum membagikan apapun, termasuk foto keponakan, foto keluarga, atau foto sendiri. Bukan hanya foto, tapi juga broadcast apapun. Amannya sih, nggak usah share broadcast apapun yang sumbernya nggak jelas.

 

SOAL SCREENSHOOT ROOM CHAT

Kadang ada waktunya grup chat rame banget karena obrolannya seru, ada yang nyeletuk lucu juga sehingga rasanya pengen banget share. Kadang ada juga yang tiba-tiba udah share screenshoot room chat grup di Snapgram atau di Whatsapp stories. Nah, boleh nggak sih share screenshoot room chat grup? Sebenarnya kurang etis ya, namanya room chat grup kan milik anggota grup yang bersangkutan doang. Nggak seharusnya dibagi-bagi keluar apalagi tanpa meminta izin anggota yang lain. Meskipun yang di-share adalah bagian obrolan lucu-lucuan tapi siapa tau ada yang keberatan.

 

SAAT OBROLAN MELENCENG JAUH DARI TEMA GRUP

Namanya grup kan dibuat dengan tujuan tertentu. Jadi idealnya obrolan di grup pun seputar tujuan tersebut, dengan candaan di sana sini lah ya. Tapi kalo  obrolan sudah melenceng terlalu jauh dan kita nggak suka, boleh kok kita tegur atau mengingatkan sekadarnya. Tapi balik lagi, kalo obrolan melenceng tapi semua anggota grup nggak keberatan ya pilihannya kita sendiri yang left atau stay.

 

 

Written by Virly Kumala Aluh (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar