GIRLS, INI YANG HARUS KITA LAKUIN KALO LAGI 'DIGANTUNGIN' COWOK

January 09, 2019

DOS-&-DONTS-SAAT-GANTUNG

 

If you love someone, set them free. If they come back to you, they’re yours... “sampai... kapan kau gantung cerita cintaku, memberi harapan. Hingga mungkin ku tak sanggup lagi dan meninggalkan dirimu...”Gantung, Melly Goeslow.

 

 

Ngegantung adalah keadaan di mana sebuah hubungan nggak punya posisi yang jelas. Misalnya pasangan yang udah pacaran bertahun-tahun, tiba-tiba jenuh dan semuanya jadi berubah. Masa PDKT yang terlalu panjang karena si cowok nggak kunjung menembak atau selingkuhan yang dijanjiin bakal dipacarin satu-dua-enam bulan lagi. Digantungin ya jelas nggak enak, karena segala sesuatunya serba nggak pasti dan kita jadi bingung mau nyetting perasaan ke mana. Tapi untuk membuat hidup berjalan normal saat digantungin seseorang, perhatiin do’s and dont’s di bawah ini...

 

DO’S

 

DOS-&-DONTS-SAAT-GANTUNG

 

1. SET A DEADLINE

Kasih waktu, berapa lama dia bisa ngegantungin kita. Apakah 2,4, atau 6 bulan? Kasih tau bahwa kita cuma punya kesabaran selama itu. Dengan adanya deadline, dia nggak akan santai-santai aja berpikir kita akan selalu menunggu dia sampe sejuta tahun lamanya. Setelah 6 bulan berlalu dan belum juga ada kepastian, meskipun beratnya lebih dari satu ton, its time to move on! Yes, you really need to move on, karena... kayaknya dia nggak bisa menemukan ke-special-an kita untuk akhirnya memastikan hubungan kalian.

 

2. INTROSPEKSI DIRI

Kalo dipikir-pikir, kenapa sih dia sampe ngegantungin kita gitu? Jangan-jangan karena dia nggak yakin sama beberapa sikap kita yang nggak baik. Misalnya, kita suka ngerokok atau clubbing. Beberapa cowok emang mudah tertarik sama cewek tipe ini yang dianggapnya asyik, tapi bukan untuk diajak serius. Just for fun. Atau mungkin kita kekanakan, cemburuan, tukang ngomel, dan sifat-sifat lain yang gagal meyakinkan dia bahwa you’re the one he wants. Kalo emang hal itu yang bikin dia maju mundur, apakah kita siap berubah buat dia? Tapi kalo alasan dia ngegatungin kita itu jelas-jelas karena ada cewek lain, atau karena dia nggak mau terikat, berarti masalahnya bukan ada di kita.

 

3. MAKE YOURSELF BUSY

Wajar aja kalo kita jadi suka uring-uringan selama digantungin, terutama di hari-hari kronis kayak hari Sabtu. Makanya kita harus punya jadwal yang padat. Kalo males berorganisasi atau les ini-itu, ikut pengajian/kebaktian di RT lebih bagus. Jalan sama temen-temen, berenang, bikin scrapbook, baca buku-buku tebal, jualan sesuatu, memburu rangking di sekolah, whatever. Apa aja yang bisa mengalihkan pikiran kita darinya.

 

4. MEMANTAU COWOK LAIN

Yang ini sedikit risky, karena dalam status gantung, biasanya kita masih berhubungan baik dengan si dia. Tapi inget deh, chance kita mungkin cuma 50-50 untuk akhirnya ngedapetin dia sepenuhnya. Nggak ada jaminan kalo suatu hari nanti dia akan memilih kita. Jadi nggak ada salahnya mencari yang lain. Mencari bukan berarti mendekati lho... just setting a target.

 

5. PREPARE FOR THE WORST

Kalo kita udah mempersiapkan diri untuk hal yang terburuk, misalnya yang udah pacaran akhirnya harus putus, yang lagi nunggu ditembak malah ditinggalin begitu aja, atau dia akhirnya memilih sang pacar daripada kita... saat hal-hal itu beneran terjadi, nggak akan lagi seberat apa yang kita bayangin. Tapi selagi masih ada waktu, do what you gotta do, try to win his heart.

 

DONT’S

 

DOS-&-DONTS-SAAT-GANTUNG

 

1. PRETEND LIKE NOTHING’S HAPPEN

Kalian udah cukup deket untuk terlihat kayak pacaran, tapi kenyataannya nggak dan kita sendiri bingung kenapa kalian nggak jadian. Atau si pacar yang tiba-tiba berubah dingin dan cenderung menghindar tanpa alasan yang jelas. Itu namanya kita lagi digantungin. Jangan cuma diem aja. Lakukan hal-hal yang ada di bagian Do’s dan jangan lakukan hal-hal di bagian Dont’s ini.

 

2. MAKE YOUR LIFE MISERABLE

Alias menyiksa diri dengan terus-terusan ngecek hp apakah ada chat dari dia. Memandangi telepon karena pengen banget nelpon dia tapi ditahan. Bertanya-tanya dalam hati apakah dia lagi memikirkan kita... duh, nggak capek? The fact is dia memberi harapan tanpa kepastian. Jadi kita boleh-boleh aja kok membalas harapan darinya itu. Chat aja saat kita pengen memberinya perhatian atau sekedar pengen tau kabarnya. But you know the trick right? Jangan diobral dan biarkan dia merasa kehilangan saat perhatian itu nggak ada.

 

3. CONFRONT HIS “OTHER GIRL”

Kalo emang ternyata ada cewek lain, jangan sampe kita ngedatengin dia sambil marah-marah atau malah nangis-nangis. Itu sih cuma bikin si cowok jadi ke-GR-an! Lagian masalah ini nggak ada hubungan dengan cewek tersebut. Kalo ada satu orang yang bisa dipersalahkan adalah si cowok, bukan cewek itu kan?!

 

4. FLIRTING SAMA COWOK LAIN

Mentang-mentang digantungin, bukan berarti kita bebas bertindak seenaknya. Apalagi kalo kalian masih dalam status pacaran. Flirting sama cowok lain hanya akan menambah masalah baru dan menunjukkan kalo kita emang nggak bisa buat diajak serius.

 

5. GIVE HIM YOUR EVERYTHING

Pacaran nggak gantung aja ada bates-batesnya, apalagi yang ngegantung?! Kalo kita tanya “Can i kiss or hug him? The answer is NO. Kalo si dia berubah dingin, apa lagi artinya sebuah ciuman kalo bukan sekedar nafsu? Don't be that easy. Cowok yang baik nggak akan memanfaatkan kita di saat-saat kayak gitu, apalagi dia nggak bisa memberikan kepastian apa-apa.

 

6. GET USED TO IT

Karena udah kebiasaan dengan keadaan menggantung, kita udah nggak lagi mempertanyakan sampe kapan, dan bahkan nggak pernah mengangkat topik evaluasi hubungan karena takut hasilnya nggak sesuai harapan. Padahal ada pepatah yang bilang... “Relationships are like glass. Sometimes its better to leave them broken, than to hurt yourself trying to put it back together”. Kita cukup berharga lho untuk mendapatkan sebuah kepastian meskipun pahit. Bicarakan empat mata dengannya, minta dia mengambil keputusan secepatnya...

 

 

Written by Mamora Bassaria, rewritten by Dahlia Puspitasari
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar