CARA INI BISA MEMBANTU KITA MENGHILANGKAN SIFAT EGOIS

February 11, 2018

CARA-INI-BISA-NGEBANTU-KITA-NGILANGIN-SIFAT-EGOIS

 sumber foto: Thomas Griesbeck / Unsplash

 

Setiap orang pasti punya sifat egoisnya masing-masing. Sifat ini sebenernya, adalah hal yang buruk kalo terus-terusan kita pelihara. Sebagai makhluk sosial, pastinya kita membutuhkan bantuan dari orang lain agar dapat hidup lebih baik. Tapi terkadang kita nggak sadar, kalo ternyata kita sering mementingkan diri sendiri. Sifat ini bisa aja lho merugikan diri sendiri dan orang lain. Nah, terus gimana dong caranya buat mengurangi sifat egois kita?

 

 

1. FORGIVENESS AND LETTING GO

Emang sih pasti susah buat maafin seseorang, tapi dengan memaafkan dan melepaskan apa yang udah terjadi sama hidup dan diri kita adalah salah satu cara buat ngebantu kita menghilangkan sifat egois kita.

 

2. BERPIKIR SECARA LOGIS

Coba deh buat berpikir secara logis, karena terlalu sering maksain kehendak yang kita mau adalah hal yang kurang baik. Coba juga buat berpikir secara real tentang kondisi dan keadaan kita yang sebenarnya. Berpikir logis bisa membantu buat mengurangi sifat egois di diri kita sendiri.

 

3. KENALI SUMBERNYA

Cara buat lain buat mengurangi dan menghilangkan sifat egois adalah dengan menggali ke dalam dirinya sendiri dan menemukan apa yang jadi sebab dari keegoisannya. Seseorang yang egois biasanya merasa takut kalo dirinya nggak diperhatiin, tersaingi dan takut buat kalah dalam suatu hal dan lainnya. Atau bisa juga karena orang tersebut nggak pernah merasa kesusahan sehingga nggak punya empati terhadap orang lain.

 

4. BELAJAR UNTUK SABAR

Ternyata pemicu keegoisan seseorang adalah kesulitan buat bersikap sabar. Seseorang yang egois biasanya nggak bisa buat nunggu orang lain dan lebih sering mendahului dirinya sendiri. Belajar buat bersabar dan menahan diri adalah cara yang bagus buat mengurangi sifat egois.

 

5. PUNYA RASA EMPATI

Kalo udah tau sumber sifat egois kita, sekarang kita bisa mulai buat mencoba jadi pendengar yang baik. Kalo sebelumnya kita selalu sibuk sama diri sendiri, nah udah waktunya untuk meluangkan diri buat orang lain. Mendengarkan orang lain bisa bikin sifat empati kita perlahan mulai tumbuh. Berempati kepada orang lain, adalah salah satu cara buat bersikap lebih tenang dan dewasa.

 

6. RAMAH

Biasanya orang yang egois jarang nunjukkin sikap yang ramah. Itu karena orang tersebut lebih fokus pada diri sendiri sampe nggak sadar gimana caranya bersikap yang benar terhadap orang. Bersikap ramah bisa menjadi cara menghargai orang.

 

7. BERHENTI MEMBANDINGKAN

Orang yang egois selalu merasa nggak puas dan membandingkan keadaan dirinya dengan orang lain yang dianggapnya lebih baik. Hal kayak gini berkaitan sama rasa iri hati. Jadi, kalo kita mau menghilangkan rasa keegoisan kita, kita perlu belajar buat berhenti membandingkan keadaan diri sendiri sama orang lain. Berusaha menerima keadaan diri sendiri dan kenyataan adalah cara untuk membuat diri menjadi lebih baik.

 

Baca juga:

 

 

Written by Nadiyah Rohadatul Aisyi
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar