BINGUNG HIDUP MAU DIBAWA KE MANA? COBA TANYAIN INI KE DIRI SENDIRI

October 05, 2018

BINGUNG-HIDUP-MAU-DIBAWA-KE-MANA-COBA-TANYAIN-INI-KE-DIRI-SENDIRI

 

Sebenernya kita mau menjadi orang yang seperti apa sih, hidup ini mau dibawa ke mana ke depannya, dan gimana caranya buat menjadi lebih bahagia? Well, adakah di antara kita yang udah mulai mempertanyakan hal-hal ini? Kalo ya, mungkin sekarang udah saatnya bagi kita buat ngobrol lebih dalem lagi dengan diri kita sendiri, di mana faktanya momen-momen dilema kayak gini mungkin nggak cuma bakal kita temui sekali atau dua kali dalam hidup. In fact, all the answers you seek lie within you, di mana cuma kita yang bisa menentukan jalan hidup kita sendiri, bukan orang lain. Jadi coba deh luangkan waktu dan pikiran kita buat merenungkan tujuh pertanyaan berikut, kemudian dengarkan jawaban jujur yang diberikan oleh lubuk hati terdalam kita.

 

1. APA YANG BAKAL PALING KITA SESALI KALO HIDUP KITA BERAKHIR HARI INI?

Berusaha mencari jawaban soal apa yang kita inginkan dan lakukan selanjutnya dalam hidup mungkin bakal sulit ketika kita berusaha menjawabnya secara langsung, jadi gimana kalo kita mulai dari perandaian yang satu ini? Entah itu adalah sesuatu belum atau telah terjadi, kira-kira apa yang bakal paling kita sesali kalo hidup kita di dunia berakhir saat ini juga? Bisa jadi penyesalan ini berupa sikap kita kepada seseorang, kesalahan yang kita perbuat di masa lalu, target kita yang belum tercapai, ataupun sesuatu yang ingin kita lakukan tapi nggak berani kita coba. Well, faktanya nyawa kita emang bisa dicabut kapan aja kan? Jadi apakah nggak lebih baik bagi kita buat segera memperbaiki kesalahan dan melakukan hal-hal yang kita inginkan biar nggak menyesal di kemudian hari?

 

2. SEANDAINYA ORANG-ORANG NGGAK BAKAL NGE-JUDGE DAN BERKOMENTAR, APA YANG BAKAL KITA LAKUKAN SECARA BERBEDA?

Coba deh diinget-inget, sesering apa kita menahan diri dari melakukan sesuatu yang kita inginkan karena takut di-judge atau dikomentari oleh orang lain? Entah itu anggota keluarga, temen-temen dan kerabat, atau bahkan followers di media sosial (medsos) yang sebenernya nggak deket-deket amat sama kita. Padahal kalo dipikir-pikir, kita lho yang menjalani hidup ini dan pada kebanyakan kasus orang lain sebenernya nggak sebegitu tertariknya kok sama kita, kecuali mereka emang bener-bener peduli dan mengkhawatirkan kita. Di luar itu, paling mereka cuma bakal berani ngomongin kita dari belakang sebagai bagian dari percakapan sambil lalu. Jadi coba deh tanyakan kembali hal yang satu ini kepada diri kita sendiri setelah menyadari fakta tersebut: kalo kita nggak takut dengan penilaian dan pendapat orang lain tentang diri kita, apa yang bakal kita lakukan secara berbeda – baik itu hal yang udah kita lakukan maupun yang belum sempet kita lakukan sebelumnya?

 

3. HAL APA YANG MEMBUAT KITA SENENG BAHKAN KETIKA KITA NGGAK TAU ALESANNYA?

“Sebenerny apa  sih passion gue?” bisa jadi merupakan pertanyaan yang paling sering kita renungkan dalam proses pendewasaan, ya nggak? Katanya kita bakal lebih bahagia kalo kita berani menjalani passion kita dan karenanya jalan hidup kita ke depannya bakal ditentukan banget oleh pertanyaan yang satu ini. Tapi gimana kalo sampe sekarang kita belum juga menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut? Bahkan definisi passion itu apa aja masih menjadi keraguan di benak kita.

Well, seperti yang sebelumnya pernah Gogirl! bahas di artikel “APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA KITA BELUM TAU APA PASSION KITA”, passion pada dasarnya adalah gairah atau semangat yang kita rasakan terhadap sesuatu. Jadi kalo pertanyaan “Apa passion kita?” masih terlalu sulit untuk dijawab sekarang, coba deh awali dulu dengan pertanyaan, “Apa yang membuat kita seneng bahkan ketika kita nggak bisa menjelaskan alesannya dan karenanya ingin terus melakukannya?”. Baru setelahnya kita eksplorasi lebih jauh jawaban tersebut. Karena faktanya, menemukan passion adalah sebuah proses yang bakal terus kita jalani sepanjang hidup dan definisi passion sebenernya nggak terbatas pada pilihan karier ataupun sesuatu yang membuat kita seneng aja. Buat lebih memahaminya, coba deh baca lebih lanjut artikel yang Gogirl! sebutkan di atas!

Baca juga : 20 PASSION INDICATIONS, DO YOU ALREADY HAVE IT ALL?

 

4. APA KESULITAN PALING BERARTI YANG SEDANG KITA ALAMI SAAT INI?

Kalo kata penulis Biranna West dalam salah satu tulisannya yang dimuat di Thought Catalog, the things that you’re struggling with the most right now can tell you what you really want and toward which direction you should step. Artinya, hal yang paling menyulitkan kita saat ini bisa jadi merupakan sinyal yang menunjukkan apa yang sebenernya kita inginkan dan apa yang harus kita lakukan selanjutnya. Misalnya aja, saat ini kita lagi dalam masa-masa galau sehabis putus sama mantan dan karenanya jadi takut untuk memulai hubungan baru. Berarti mungkin hal yang harus kita lakukan selanjutnya sebelum move one ke masalah hidup lain adalah mengobati rasa sakit dan mengatasi trauma tersebut. Atau contoh lainnya hal yang paling membuat kita pusing saat ini adalah masalah keluarga yang udah lama berusaha kita abaikan, tapi adanya malah membuat kita makin pusing karena kepikiran. Berarti mungkin tindakan yang harus kita ambil selanjutnya adalah memberanikan diri untuk mulai menghadapi masalah tersebut dan segera menyelesaiaknnya biar kita bisa hidup dengan lebih damai kedepannya.

 

5. APAKAH KITA MASIH BERPEGANGAN PADA SESUATU YANG SEHARUSNYA KITA LEPASKAN?

Salah satu hal yang bisa jadi menghambat kita untuk melangkah ke depan adalah ketika kita masih berpegangan pada sesuatu yang seharusnya kita lepaskan – entah itu seseorang, kenangan, atau penyesalan kita di masa lalu. Well, coba deh dipikir-pikir, adakah faktor-faktor kayak gini dalam hidup kita? Kalo ya, cepetlah move on. Karena cuma setelah kita melewati langkah inilah kita bisa lanjut memikirkan hidup ini mau dibawa ke mana selanjutnya.

 

6. APAKAH HIDUP YANG KITA JALANI SAAT INI ADALAH KEHIDUPAN YANG KITA INGINKAN KE DEPANNYA?

Pertanyaan ini cukup dalem sih, tapi sebenernya sederhana banget kok buat dijawab. Apakah hidup yang kita jalani sekarang adalah kehidupan yang terus ingin kita jalani ke depannya? Kalo jawabannya nggak, bagian mana yang mau kita ubah? Apa yang kita harapkan bisa lebih baik lagi dalam hidup kita? Setelah menyadarinya, selanjutnya apa yang bisa kita lakukan untuk mencapai kehidupan yang kita inginkan tersebut kedepanya?

 

7. APA LIMA HAL YANG PALING BERARTI BUAT KITA DALAM HIDUP

Last but not least, coba deh pikirkan apa lima hal yang paling berarti buat kita dalam hidup. Karena sadar nggak sadar, hidup kita bakal berputar di sekitar sedikit hal yang bener-bener kita pedulikan ini. Hal-hal yang berarti buat kita yang dimaksud di sini bisa jadi merupakan value yang kita pegang, seorang sosok atau sekelompok orang yang kita sayang, sesuatu yang sangat kita minati/sukai, atau apapun yang bakal menjadi pegangan kita dalam membuat keputusan-keputusan sepanjang hidup kita. Karena pada akhirnya, fulfillment is living in accordance with what we genuinely value. Setuju nggak?

 

Baca juga:

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Pexels (photo by: Leah Kelley)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar