PENGEN BUKA USAHA SENDIRI, CARI MODAL KE MANA?

April 12, 2018

BERANI-JADI-CURATOR-DAN-BUKA-BISNIS-SENDIRI

sumber foto: shutterstock

 

Tau nggak sih kalo Industri Kecil Menengah (IKM) itu ternyata adalah yang menopang krisis ekonomi Indonesia di tahun 1998 lalu. Karena saking banyaknya IKM di Indonesia pada saat itu, kita bisa bangkit dari krisis ekonomi dan nggak terlalu terpuruk seperti negara-negara lain di ASEAN. Berdasarkan data Kementrian Perindustrian (Kemenperin) juga menyatakan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tahun lalu berada di urutan kelima dunia dengan share dari industri 20% terhadap PDB tersebut. Jadi ini nunjukkin kalo industri itu adalah motor perekonomian kita.

 

 

Nah, pelaku IKM sendiri di Indonesia menurut data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kebanyakan adalah anak-anak muda kayak kita yang paling banyak ngebuka bisnis fashion dan kuliner. Bahkan kata Kemenperin ada produk kripik Padang yang diproduksi anak muda Indonesia sampai diekspor ke luar negeri. Tapi, sayangnya nggak semua dari kita yang suka dan tertarik bikin bisnis sendiri tau cara memulainya gimana. Ada juga yang bingung mikirin cari modal dan sebagainya.

Padahal dengan menjadi curator dan membuka bisnis sendiri, kita bisa bantu nyumbang jumlah PDB Indonesia supaya naik jadi urutan pertama atau setidaknya masuk top three lho. Buat yang masih bingung caranya ngebuka bisnis sendiri gimana, syarat utama yang pasti dibutuhin adalah passion, keahlian, kreativitas, dan keinginan yang tinggi. Sedangkan untuk urusan modal uang, nggak perlu khawatir karena pemerintah dan pihak-pihak lain banyak yang bersedia membantu kita kok. Gogirl! udah list pihak luar yang bisa membantu kita nyiapin modal uang.

1. MODAL VENTURA

Program pembiayaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupa suatu investasi dalam bentuk pemberian modal untuk jangka waktu tertentu. Biasanya penyerahan modal ini dilakukan secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada industri yang ingin membuka bisnis baru. Girls, kita bisa coba nih make Modal Ventura ini for starting our new business and become a curator.

2. ULTRA MIKRO (IMO)

Pembiayaan yang satu ini bisa kita pake kalo kebutuhan modal kita di bawah Rp10 juta. Dilansir dari CNN Indonesia pembiayaan UMI ini diharapkan bukan hanya menjadi modal usaha, tetapi juga bisa menjadi modal dalam pembentukan karakter wirausaha di masyarakat. Untuk bisa mendapatkan pinjaman ini pemerintah memberikan syarat calon nasabah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan NIK elektronik.

3. PEER TO PEER LENDING (P2P LENDING)

Pinjaman yang dilakukan P2P Lending ini berbeda dengan sebelumnya karena berbasis online. Di sini peminjaman modal kepada individu atau perusahaan dilakukan secara online dengan mencocokkan peminjam dengan pemberi pinjaman. P2P Lending ini juga disarankan oleh Kemenperin bagi kita yang ingin membuka usaha baru.

4. CROWDFUNDING

Program satu ini cukup unik karena sistem mendanai usaha kita dengan mengumpulkan banyak uang dalam jumlah kecil dari beberapa orang. Sistem ini juga dilakukan melalui internet jadi emang berskala internasional girls. Ini juga bisa diberikan untuk perorangan atau kelompok maupun organisasi yang memiliki ide usaha.

5. E-SMART IKM

Kalo E-Smart IKM ini adalah program asli dari Kemenperin untuk mendukung kita-kita pelaku usaha kecil supaya bisa lebih besar lagi. Program ini dibentuk dengan tujuan supaya kita bisa showcase produk hasil bikinan sendiri dan nggak hanya jadi reseller produk luar. Makanya program ini cocok banget creator atau entrepreneur muda kaya kita girls.

Jadi sekarang jangan ditahan-tahan ya kalo kita punya ide, passion, dan keahilan untuk menjadi creator atau entrepreneur. Disalurin aja supaya bisa jadi kenyataan dan bantu ningkatin PDB Indonesia. Impian pemerintah adalah produk hasil buatan Indonesia bisa populer di luar negeri juga. Ini sekaligus mebuktikan kalo barang-barang kita nggak kalah bagus dan keren dari produk luar.

 

You may also want to read:

 - REFERENCES FOR STUDY ENTREPRENEURSHIP

- 7 SIKAP YANG HARUS BANGET DIMILIKI SEORANG ENTREPRENEUR

- UNTUNG RUGINYA JADI SEORANG ENTREPRENEUR!

- ENTREPRENEURSHIP VS KERJA KANTORAN, MANA YANG LEBIH ENAK

 

Written by Shintia Dwi Savitri
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar