5 HAL YANG PALING SERING DITANYAKAN INI DIJAWAB OLEH DOKTER

July 06, 2017

ASK-THE-DOCTOR

 

Di edisi Q&A ini, Gogirl! juga dapet beberapa pertanyaan tentang kesehatan. Supaya jawabannya lebih meyakinkan, Gogirl! langsung minta bantuan ahlinya. Walau kita nggak mengalami masalahnya, tapi bisa jadi info berharga, nih.

 

 

DR. ANDREAS PRASADJA RPSGT, PRAKTISI KESEHATAN TIDUR RS MITRA KELUARGA KEMAYORAN

Q: Apa begadang untuk ngerjain tugas itu lama-kelamaan bisa jadi insomnia dan gimana cara mengatasinya?

A: Berbeda dengan insomnia, ya. Kadang orang menyamakannya dengan insomnia karena sama-sama berkenaan dengan tidur. Insomnia itu, penyakit sulit tidur, mudah terbangun di kala tidur, sulit mempertahankan tidur, atau terbangun dan nggak bisa tidur lagi. Aktivitas ini terjadi setiap malam, sehingga menyebabkan aktivitas pengidapnya terganggu di siang hari. Begadang merupakan aktivitas di mana seseorang sengaja mengurangi jam tidurnya. Namun, bagi yang sudah telanjur begadang, ada baiknya mengganti jam tidur malamnya dengan tidur siang. Lamanya tidur siang bisa disesuaikan dengan kebutuhan biologis. Hindari makanan dan minuman berkafein tinggi (kopi, teh, coklat, minuman bersoda, dan minuman berenergi). Dan untuk penyuka kopi, ada baiknya mengonsumsi kopi 12 jam sebelum tidur. Hindari olahraga di malam hari, karena akan membuat adrenalin meningkat.

 

DR. BOTEFILIA ARJUNADI SPOG, SPESIALIS OBSTETRI DAN GINEKOLOGI

Q: Apa penyebab haid yang tidak teratur dan gimana caranya supaya bisa kembali teratur?

A: Ada namanya Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK). Gejala yang sering dikeluhkan antara lain siklus haid yang sering terlambat atau tidak datang haid pada waktu yang lama. SOPK sering dikaitkan dengan adanya timbunan lemak tubuh yang berlebihan terutama di rongga dalam perut. Pasien yang memiliki indeks masa tubuh (IMT) lebih besar dari 25kg/m2 atau lingkar perut yang lebih besar dari 80 cm sangat beresiko untuk memiliki kelainan SOPK ini.

Pilihan utama mengatasi gangguan kesuburan adalah menurunkan berat badan. Diet rendah lemak dan gula serta banyak makan sayuran sangat dianjurkan bagi pasien dengant berat badan berlebih atau obesitas. Setiap hari lakukan olahraga selama setengah jam, boleh jalan kaki saja atau berenang. Untuk diet makanan, usahakan jangan makan di atas jam 6 sore. Beberapa pasien dengan disiplin yang tinggi, sebulan bisa turun 3kg, sehingga dalam lima bulan bisa 15kg. Dan siklus haidnya kembali normal. Kurangi ngemil dan gorengan ya…

 

DR. FREDY SETYAWAN, FOUNDER OF NATASHA SKIN CARE

Q: Pada usia berapa sebaiknya kita mulai melakukan perawatan anti-aging?

A: Proses aging biasanya dimulai sejak usia 20-25 yang disebut aging derajat 1. Sejak saat itulah secara alami jumlah kolagen pada kulit mengalami penurunan sebesar 1-2% setiap tahun. Secara perlahan, hal inilah yang menyebabkan timbulnnya keriput seiring bertambahnya usia. Proses penuaan ini berlangsung teru menerus. Karena itu disarankan untuk memulai perawatan anti-aging saat kita masih di usia 20-25 tahun supaya proses alami penuaan kulit ini dapat diperlambat dan kulit pun akan tampak muda lebih lama.

 

DR. SAMUEL OETORO, M.S. SPGK. AHLI GIZI RS SILOAM HOSPITALS

Q: Olahraga apa yang sebaiknya kita lakukan saat diet dan olahraga bagaimana yang cepat membakar lemak?

A: Banyak penafsiran orang bahwa olahraga yang banyak mengeluarkan keringat akan bisa mengurangi berat tubuh seperti lari cepat dan bulutangkis. Sebenarnya, untuk olahraga saat diet yang penting adalah olahraga yang berintensitas rendah tapi dengan waktu yang lama dan teratur, ini akan mengikis lemak tubuh. Olahraga diet yang efektif adalah jalan kaki selama 30 menit atau renang dengan gaya dada pelan-pelan. Karena saat kita bergerak, tubuh menghabiskan energi dari glukosa (karbohidrat) dalam darah serta cadangan gula yang ada otot dan sel hati (glikogen). Cadangan ini baru akan habis bila anda bergerak selama 30 menit. Saat berolahraga berat seperti berlari, tubuh akan menghabiskan cadangan energi yang konstan dan cepat. Sementara sumber energi ini hanya dapat diperoleh dari protein otot dan bukannya lemak, maka jelas aja program diet nggak akan efektif dengan berolahraga berat, karena yang dibakar justru bukan lemak. Jadi, buat yang ingin menurunkan berat badan, lakukanlah olahraga ringan secara teratur di atas 30 menit.

 

DR. IMRAN NITO SP.PD, INTERNIST

Q: Aku sering anyang-anyangan, mungkin nggak ya aku terkena infeksi saluran kemih?

A: Infeksi Saluran Kemih adalah peradangan pada saluran kemih yang disebabkan oleh mikroorganisme. Mikroorganisme yang paling sering jadi penyebab dari infeksi saluran kemih adalah bakteri E.Coli. Sebenarnya, bakteri ini terdapat secara alamiah pada saluran cerna (anus). Sehingga pada kasus mencret (diare) sering disertai juga dengan infeksi saluran kemih terutama pada wanita.

Di samping itu pemakaian alat bantuan untuk buang air kecil seperti kateter urin mempermudah terjadinya infeksi saluran kemih. Nah, bakteri bisa masuk pada saluran kemih melalui muara saluran kencing yang lalu merambat ke atas. Gejala infeksi saluran kemih bisa berupa rasa sakit dan panas waktu buang air kecil, anyang-anyangan, sakit pada pinggang dan perut bagian bawah. Untuk mengobatinya perlu pemeriksaan laboratorium yang rutin. Yang diperiksa adalah urin lengkap untuk menghitung jumlah sel darah putih. Selain itu, pemeriksaan yang lebih menentukan adalah dengan melakukan kultur urin yang maksudnya untuk menentukan jenis bakteri yang menyerang sekaligus menentukan jenis antibiotik yang harus digunakan.

 

 

Written by Shanifer Ariela Rimbing, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar