KATANYA ORANG KIDAL ITU KREATIF, BENER NGGAK?

December 06, 2017

APA-YANG-PERLU-KITA-PAHAMI-DARI-LEFT-HENDED-PEOPLE

sumber foto: www.rebelcircus.com

 

Hampir semua fasilitas umum dan teknologi dirancang buat right-handed people, mulai dari gadget sampek alat masak. Belum lagi pandangan sinis orang-orang kalo ngeliat orang makan atau nulis pakai tangan kiri.

 

 

WHY ARE PEOPLE LEFT-HANDED?

Obama, Oprah, sampai Bill Gates adalah sedikit dari contoh orang kidal. Sebenernya kidal itu faktor genetik ato kebiasaan sih?  Pertanyaan macam ini yang harusnya kita pikirin jawabannya bareng bareng, instead of menghakimi mereka yang kidal dan nganggep itu kebiasaan buruk. Buktinya, salah satu penelitian di Plosgenetics ngungkapin kalo 25% kasus ini bisa jadi karena faktor genetik dan sisanya karena cara kerja otak yang merintah gerak di tangan kiri, lebih memudahkan dia bergerak ketimbang pakai tangan kanan. Sama kayak orang yang biasa pakai tangan kanan tiba-tiba disuruh ngapa-ngapain pakai tangan kiri, bakal kaku kan?

List ini bisa bikin kita makin tahu unpopular opinion tentang left-handed people.

 

1. A LOT OF THEM ARE SMARTER THAN RIGHT-HANDED

Peniliti di IFL Science ngadain penelitian yang hasilnya nunjukin kalo left-handed jauh lebih tanggap dan cerdas ketika dihadapkan sama problem solving dan hal yang ada kaitannya sama Matematika dan data. FYI, Ilmuan  Albert Einstein juga kidal lho!

 

2. THEY FEEL DIFFERENTLY

Di jurnal penelitian Plos dijelasin kalo cara ngerespon hal positif dan hal negatif antara right dan left handed ini beda, sama juga ketika mereka ngalamin mental issue, penangannya bakal beda karena cara mereka ‘ngerasain’ sesuatu itu cenderung bertolak belakang. Orang kidal, cenderung rentan, terutama secara fisik, ya karena tadi seperti yang udah kita tahu, hampir semua fasilitas umum dan teknologi dirancang buat right-handed

 

3. THEY ARE CREATIVE

Karena biasanya ngerasa ‘beda’ dan dicap ‘beda’, mereka bakal develop ‘outsider’s mindset’ yang bikin cara berpikir mereka jauh lebih kreatif. Nggak heran kalo banyak banget artist, singer sampe leaders yang left-handed, selain Obama, Bill Clinton, dan Herbert Hoover juga kidal. Tokoh hebat lain yang mungkin belum kita tahu kalo sebenernya mereka juga kidal adalah Beethoven, Isaac Newton, Adam Levine, Celine Dion, Angelina Jolie, dan masih banyak lagi!

 

4. THEY’RE GOOD AT SPORT

Yasss, kita bisa absen nama-nama sekelas Oscar De La Hoya, Arnold Palmer dan Babe Ruth buat ngebuktiin kalo salah satu keuntungan leftie (istilah buat left-handed) juga ada di bidang sport, seperti dilansir dari TIME.

Hari peringatan kidal dirayain tiap 13 Agustus, tapi jangan nunggu 13 Agustus buat mengapresiasi temen kita yang kidal!

 

 

Written by Nurul Alfiah Kurniawati
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar