APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA KITA BELUM TAU APA PASSION KITA

March 13, 2018

 APA-YANG-HARUS-DILAKUKAN-KETIKA-KITA-BELUM-TAU-APA-PASSION-KITA

sumber foto: Uprint.id

 

Gogirl! udah sering banget membahas tentang betapa pentingnya passion buat karier kita ke depannya dan apa aja yang bisa kita lakukan untuk menemukannya. Tapi gimana kalo setelah membaca banyak banget referensi, buku motivasi, menghadiri seminar-seminar, dan merenungkannya sekian lama kita masih belum tau juga apa passion kita?

 

 

Well, don’t worry guys, kita nggak sendirian kok! Percaya deh, banyak banget temen-temen lain yang punya kegalauan yang sama dengan kita. Menemukan passion emang bukan perkara mudah buat beberapa orang, terlebih lagi karena di umur segini kita masih dalam masa pengenalan diri. Bahkan ada aja lho orang dewasa yang sampe sekarang belum yakin apa passion mereka. So, nggak usah khawatir karena ini adalah masalah yang dihadapi semua orang dan terkadang menemukan passion emang butuh waktu.

 

KESALAHPAHAMAN TENTANG PASSION

 

APA-YANG-HARUS-DILAKUKAN-KETIKA-KITA-BELUM-TAU-APA-PASSION-KITA

sumber gif: giphy

 

Kita seringkali menyalah artikan passion sebagai dream job atau karier idaman. Padahal walaupun passion emang deket kaitannya dengan karier (karena ada baiknya kita memilih karier yang sesuai dengan passion kita), passion sebenernya adalah gairah atau semangat yang kita rasakan terhadap sesuatu, di mana sesuatu ini nggak terbatas pada profesi. Intinya sih apapun yang membuat kita excited!

Passion juga seringkali disamakan dengan hobi. Dedy Dahlan, passion coach yang udah menulis berbagai buku tentang topik ini (di antaranya Passion! dan Lakukan Dengan Hati), bilang kalo passion dan hobi punya hubungan yang deket banget. Tapi kalo hobi itu diibaratin gebetan, passion adalah cinta sejati. Gogirl! jadi inget salah satu perkataan bagus dari penulis Justine Musk kalo passion tuh bukan sekedar hal yang membuat kita seneng, tapi apa yang membuat kita rela berkorban dan apa yang bener-bener kita yakini sepadan dengan apa yang kita korbankan. Nah, bisa disimpulkan sendiri kan bedanya kecengan (hobi) dan cinta sejati (passion)?

 

APA-YANG-HARUS-DILAKUKAN-KETIKA-KITA-BELUM-TAU-APA-PASSION-KITA

sumber foto: powerhumans.com

 

Nggak berhenti sampe di situ, career coach Rene Suhardono juga pernah menyampaikan kalo passion itu produk kesadaran, bukan cuma pemikiran. Talking about passion is also talking about what is our strength – gimana apa yang jadi kekuatan kita itu dilatih dan tentunya bakal berujung sama sebuah karya. Kalo Gogirl! boleh simpulin, passion drives you. It makes you do stuff dan ingin terus melakukannya, nggak sekedar membuat kita berandai-andai atau bermimpi.

In short: Passion adalah sesuatu yang membuat kita seneng, bersemangat, rela berkorban, dan karenanya mendorong kita untuk melakukan sesuatu.

BACA JUGA KRITERIA LENGKAP PASSION DI SINI: 20 PASSION INDICATIONS, DO YOU ALREADY HAVE IT ALL?

 

DISCOVERING PASSION IS A PROCESS

 

APA-YANG-HARUS-DILAKUKAN-KETIKA-KITA-BELUM-TAU-APA-PASSION-KITA

sumber gif: giphy

 

Passion nggak serta-merta terlahir gitu aja bareng kita. Kita bisa menemukannya karena adanya proses. It’s necessary for us to go through various situations that eventually help us discover what we’re supposed to be in life. Makannya nggak heran kan kalo it takes time? Untuk saat ini jalanin dan pelajari aja dulu semua kegiatan yang menarik buat kita. Kayak kata Coach Dedy, buat mencari cinta sejati (passion) kita harus banyak-banyak PDKT sama kecengan (hobi). Dari situlah biasanya kita menemukan one true calling kita.

BACA JUGA: 5 CARA TAU PASSION KITA & NGEMBANGINNYA

Another surprising fact is proses pencarian passion nggak pernah berakhir. Passion bisa banget berubah seiring berjalannya waktu dan kita bahkan bisa punya lebih dari satu passion. Contohnya aja Nila Tanzil, travel blogger yang rela melepas jabatannya sebagai kepala komunikasi di perusahaan swasta setelah berkarier di bidang tersebut selama bertahun-tahun. Dalam perjalanannya ke Indonesia Timur setelah resign dari pekerjaannya, Mbak Nila menemukan minat baru yang kemudian dia sadari adalah passion terbesarnya sejauh ini yaitu mengedukasi anak-anak Indonesia lewat bacaan. Hal tersebut lah yang kemudian mendorongnya untuk mendirikan Taman Bacaan Pelangi, organisasi non-profit yang fokus membuat perpustakaan di daerah-daerah terpencil.

So, coba deh tantang diri kita buat lebih banyak bereksplorasi dan jangan membatasi diri pada satu hal. Selalu siap dan terbuka dengan segala kemungkinan karena finding your passion is not a pass/fail exam. Tapi nggak ada salahnya juga kan memulai proses ini dari sekarang? Bahkan sebenernya harus banget disegerakan karena bagaimanapun passion is our direction. Walaupun it’s never too late for us to find it, bakal lebih baik lagi kalo kita bisa segera menemukannya.

 

SALAH SATU SOLUSI: TES MINAT

 

APA-YANG-HARUS-DILAKUKAN-KETIKA-KITA-BELUM-TAU-APA-PASSION-KITA

sumber gif: giphy

 

Terus apa dong solusi konkretnya buat kita yang belum tau apa passion kita, tapi udah dituntut buat milih jurusan SMA/kuliah yang katanya baiknya sesuai sama potensi dan passion? Tenang, nggak usah panik. Ada siswa yang udah tau minat mereka apa, tapi ada juga siswa yang clueless karena mereka belum bisa melihat ke dalem diri mereka sendiri. Makannya ada yang namanya tes minat.

Menurut founder Tes Bakat Indonesia (PASSIONet) Monic Christian, kalo self-reflection ternyata terlalu sulit buat kita, kita bisa dibantu oleh tes minat – salah satunya yang bisa kita akses secara online adalah PASSIONet ini. “Ibaratnya seperti bercermin aja sih. Kayak kalo kita mau dandan nggak ada kaca kan kita jadinya mengira-ngira, tapi kalo sambil ngaca kita bisa liat bagian rambut mana yang masih berantakan atau blush on-nya udah bagus atau belum,” kata Mbak Monic ke Gogirl!. Kalo merenung sendirian nggak membawa kita ke suatu jawaban, tes minat bisa banget jadi salah satu solusi karena tujuan dari tes ini ibaratnya menarik diri kita keluar yang sulit buat kita kenali sendiri ke dalam sebuah kertas.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI TES BAKAT BUAT TAU JALAN KARIR KITA

 

 

Gimana, udah terjawab belum pertanyaannya? Kalo kamu tertarik dengan topik artikel ini, you may also want to read:

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Uprint.id
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar