ALASAN KITA MUDAH TERHIBUR HAL-HAL RECEH

July 03, 2018

ALASAN-KITA-MUDAH-TERHIBUR-HAL-HAL-RECEH

 

Siapa di sini yang pernah menemukan humor di Twitter atau Instagram, terus tanpa sadar jadi merinding saking garingnya? Nggak jarang kita jadi menepok jidat sendiri saking nggak paham kenapa ada orang bisa membuat humor segaring itu. Nah, kita menyebut humor-humor sejenis itu sebagai jokes receh. Entah dari mana filosofinya sampe humor-humor garing jadi disebut receh, padahal kalo kita ketemu pengamen yang mengandalkan humor sebagai senjata andalan, toh kita nggak bakalan ngasih receh juga. Tapi, sebenernya humor-humor receh ini sering bikin kita ketawa ngakak juga. Iya sih receh, eh tapi kok lucu ya? Kadang kita pun jadi mempertanyakan level selera humor sendiri.

 

Ups, jangan pesimis dulu dan menganggap selera humor kita serendah itu sampe-sampe terhibur hal-hal receh. Gogirl! merangkum lima alesan kenapa kita mudah terhibur sama hal-hal yang receh.

 

KONDISI FISIK ATAU EMOSIONAL NGGAK STABIL

Beraktivitas seharian tentu bikin fisik dan mental kita lelah. Kalo kita masih kuliah atau sekolah, berkegiatan di kampus dari pagi sampe sore bener-bener menguras tenaga dan otak kita. Kalo kita udah kerja, menghabiskan waktu di kantor atau di lapangan bener-bener bikin energi kita turun drastis, ditambah waktu perjalanan pulang dan perginya. Belum lagi kalo harus ada kegiatan tambahan di organisasi atau lembur, kita harus menambah waktu produktif kita sampe malam tiba. Begitu pulang, badan kita capek banget tapi rasanya kita nggak mau langsung tidur begitu aja. Soalnya, nggak cuma fisik kita yang lelah, tapi pikiran dan perasaan kita juga. Membuka Twitter atau Instagram dan menemukan tebak-tebakan sama komik humor bisa sedikit meredakan kelelahan pikiran kita. Sebenernya konten jokes-nya bener-bener receh, dan kayaknya dalam kondisi fisik dan mental prima kita bakalan mengernyitkan dahi membacanya. Tapi karena kita lagi kelelahan banget, hiburan sedikit aja bisa bikin kita ngakak guling-guling, deh!

A post shared by Mind Blowon (@tahilalats) on

 

KESEPIAN TAPI MALU MENGAKUINYA

Nggak cuma dalam keadaan super capek, kesepian juga bisa bikin kita mudah terhibur sama humor-humor receh. Kesepian yang dimaksud di sini adalah kesepian situasional ya, bukan kesepian fungsional seperti menginginkan hadirnya pasangan. Kesepian situasional bisa terjadi ketika orang-orang terdekat kita lagi nggak memungkinkan hadir buat kita, baik secara langsung maupun lewat media komunikasi. Baik keluarga, sahabat, temen-temen, dan pacar lagi pada sibuk banget dan susah buat dihubungi apalagi diajak jalan bareng. Sementara itu, kita lagi dapet cuti sehari, sakit, atau emang lagi dapet jatah libur yang harinya berbeda sama yang lain. Keadaan ini memaksa kita menghabiskan waktu sendirian, istilahnya mah me time. Di sela-sela memanfaatkan me time dengan cara membaca buku, menonton film dan series, kita pun menyempatkan diri buat buka-buka media sosial. Ketika nemu tebak-tebakan atau komik dengan humor yang receh, kita pun ketawa cengengesan. Dalam hati kita mikir, “Ah, bisa ae…”


 

PUNYA KEDEKATAN SAMA JOKES-NYA

Alasan lain yang bikin kita ngakak ketika membaca komik atau tebak-tebakan receh adalah kedekatan. Kita merasa punya kedekatan sama humor yang disajikan, entah itu secara pengalaman atau kedekatan identitas. Misalnya, ketika kita melihat jokes yang disajikan punya kemiripan pengalaman sama kita soal skripsi, kita pasti tertawa. Secara nggak sadar, sebenernya kita lagi menertawakan penderitaan sendiri, dan itu membuat masalah kita jadi terasa nggak berat lagi. Selain kedekatan pengalaman, kedekatan identitas juga pasti bikin kita ketawa ngakak. Misalnya, kita menemukan jokes yang mengandung bahasa daerah kita, atau jokes yang di dalamnya menggabungkan tren dunia dengan budaya yang ada di Indonesia. Nah, kedekatan inilah yang diem-diem bikin bibir kita terbuka lebar buat ketawa ngakak.


 

BIKIN YANG OVERRATED JADI NGGAK MEMBOSANKAN

Di media sosial banyak banget orang-orang membahas sesuatu yang udah populer, entah dengan maksud baik atau sebaliknya. Akibatnya, sesuatu yang emang udah populer dari sononya jadi semakin populer dan jadi bahan perbincangan di media sosial. Contohnya aja lagu Akad dari Payung Teduh atau Havana dari Camila Cabello yang sempet ngehits banget pada 2017 lalu. Nah, untungnya selalu ada orang kreatif yang membuat hal-hal yang overrated atau terlalu populer macam itu menjadi sebuah bahan jokes. Kebosanan dan kejenuhan kita sama hal-hal overrated pun jadi berkurang karena berubah jadi gurauan dan tawa. Entah itu dibuat meme, dibikin komik, bikin lagu parodi, dibikin poster parodi, atau humor-humor lain yang relate sama hal-hal populer tersebut. Dalam bidang film, misalnya, tahun lalu Pengabdi Setan sukses memunculkan humor-humor receh yang kemudian membuat film ini kesannya jadi nggak serem lagi. Humor-humor Pengabdi Setan mengingatkan kita sama meme-meme era Conjouring 2 yang membuat sosok Valak jadi berkurang keseramannya.

 

RECEH SIH… TAPI KREATIF DAN SUSAH DITIRU

Alasan terakhir dan kadang berat untuk kita akui adalah, humor receh itu kreatif. Asli, kita pasti mikir, “Kok orang kepikiran aja bikin humor kayak begini?”. Padahal, pas kita baca atau menonton humor receh tersebut, kita merasa humor ini bener-bener garing segaring-garingnya. Bahkan kayaknya kalah garing dari kerupuk yang baru diangkat dari penggorengan. Tapi, setelah dipikir-pikir, kayaknya kita sepatutnya mengapresiasi para pencipta humor-humor receh ini. Contohnya aja komik Tahilalats karya Nurfadli Mursyid. Di aplikasi Line Webtoon, komik ini terbit setiap hari. Kebayang dong gimana pusingnya Mas Nurfadli memikirkan ide baru setiap harinya buat dijadiin jokes receh yang dia tuangkan dalam komik Tahilalats!

 

BACA JUGA:

8 FORMULA YANG BIKIN MEME VIRAL DI INDONESIA

NGAKAK BENTAR LIAT 16 MEREK MAKANAN DAN RESTO KOCAK INI, YUK!

KOCAKNYA ORTU ZAMAN NOW PAKE SMARTPHONE

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
Braydon Anderson on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar