7 TIPS AND TRICK STREET PHOTOGRAPHY YANG KEREN UNTUK PEMULA!

September 07, 2018

7-TIPS-AND-TRICK-STREET-PHOTOGRAPHY-YANG-KEREN-UNTUK-PEMULA

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, tentunya ada perubahan positif yang terjadi di berbagai bidang. Salah satu bidang yang terkena dampak positif tersebut ialah dunia fotografi. Dulu, hanya beberapa orang yang dapat menikmati kamera film yang harganya selangit. Tapi saat ini, hampir setiap orang dapat mengabadikan momen melalui kamera, baik DSLR maupun kamera yang ada di smartphone kita.

 

Akibat mudahnya akses fotografi, ada salah satu genre fotografi yang menjadi berkembang dan populer di kalangan para fotografer amatir dan pemula di Indonesia, yaitu street photography (fotografi jalanan). Nah, buat kita yang ingin mencoba menjadi street photographer, Gogirl! sempet dapat workshop singkat dengan tema “The Two Tales of Street Photography” dalam rangka Bincang Shopee ke-empat pada 25 Agustus lalu. Dari sinilah Gogirl! dapat banyak banget insight dari pengalaman Aries Lukman (founder komunitas Iphonesia) dan seorang street photographer, Nico Harold. Menurut mereka ini dia, tips dan trick sederhana yang bisa dilakukan para street photographer pemula  untuk bikin hasil foto mu semakin kece. Disimak ya!

 

1. PILIH DEVICE YANG NYAMAN KAMU PAKAI

Untuk para pemula, tentunya ada kegalauan sendiri sewaktu memilih kamera atau device apa yang akan kita gunakan saat memotret nanti. Biasanya hal yang paling kita perhatikan saat memilih device memotret adalah spesifikasi device tersebut. Mulai dari kualitas lensa kamera, besar megapikselnya, baterai, memori, harga, hingga tampilan eksterior si device itu sendiri. Padahal, hal terpenting yang harus kita perhatikan sebelum memilih device untuk kegiatan fotografimu ialah kenyamanan kita dengan device tersebut.

Apa kita akan nyaman menggunakannya saat memotret? Apakah device itu akan mempermudah kita melakukan fotografi? Jika tidak, sebaiknya carilah device yang lain. Karena kenyamanan kita menggunakan si device tersebut bisa mempengaruhi mood, kualitas, tujuan dan intensitas memotretmu nantinya lho.

 

2. PERHATIKAN DAN MANFAATKAN MOMEN SEKITARMU

Tantangan terbesar dari street photography ialah menangkap momen yang pas. Maka dari itu hal yang terpenting yang harus kita perhatikan adalah kejadian dan interaksi sosial di sekitar kita. Jika kita menemukan kejadian atau object yang menarik, maka jangan ragu untuk mengambil kamera dan memotretnya.

Selain object dan interaksi sosial yang terjadi, kita juga bisa lho memanfaatkan ruang disekitar. Tidak hanya ruang outdoor, tapi kita juga bisa memanfaatkan ruang indoor seperti shopping mall atau bahkan ruang kerja kita sendiri!

 

3. MINIMIZE DISTRACTION

Saat melakukan proses pengambilan gambar, usahakan kita fokus pada satu object saja. Jangan sampai saat kita sudah memotret, hasil fotonya menunjukan object utama kita kalah dan teralihkan dengan hal-hal lainnya. Maka dari itu usahakan kita memperhatikan pencahayaan sekitar, besar dan kecilnya object utama kita, point of view, perbandingan antar satu object dengan yang lainnya, dan keseimbangan komposisi foto ya!

 

4. EVERYTHING LOOKS BETTER WITH DIAGONAL ANGLE

Dari workshop kemarin, salah satu tips yang disampaikan oleh Nico Harold untuk membuat fotonya lebih terlihat hidup dan menonjol adalah diagonal angle. Menurutnya diagonal angle dapat membuat foto lebih stand out dan terlihat lebih bagus, karena arah pengambilan yang berbeda dengan cara pandang mata kita sehari-hari. Nah, sebenarnya kelebihan dari diagonal angle ini biasanya digunakan untuk foto-foto close up atau saat kita mau menonjolkan satu point of view. Maka dari itu di dunia street photography yang biasanya fokus dengan satu point of view, tentunya angle ini bakalan sering banget dong digunakan para fotografer.

 

5. EXPLORE MORE ANGLE

Jika tadi sudah disebutkan bahwa angle terbaik adalah diagonal angle, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan angle lainnya lho. Sebab sesuai dengan pendapat kedua pembicara, ada baiknya untuk seorang pemula seperti kita untuk explore terlebih dahulu angle apa yang bagus untuk digunakan. Bahkan, ga cuma pemula tetapi setiap fotografer biasanya akan terlebih dahulu mencari angle yang terbaik, karena setiap object dan ruang tentunya memiliki angle terbaik yang berbeda-beda. Maka dari itu sebagai pemula kita harus melalukan eskplorasi angle, dengan tujuan meningkatkan sense fotografi kita dan juga meningkatkan daya tarik visual dari object utama yang kita ambil.

 

6. PRETEND TO SHOOTING VIDEO

Street photography memang salah satu genre yang tricky, pengambilan object sehari-hari atau bahkan saat ingin mengambil potret seseorang tentunya memiliki tantangan tersendiri. Banyaknya kasus object yang tidak mau difoto, ruang yang terlalu banyak orang, ataupun butuhnya pengambilan foto dari jarak yang sangat amat dekat, biasanya membuat kita bingung bagaimana mengambil foto tanpa ketahuan.

Nah salah satu trick yang Gogirl! dapatkan kemarin yaitu kita bisa lho pura-pura sedang mengambil video keadaan sekitar, dan diam-diam membidik object. Dengan begitu kecurigaan dan kecanggungan object dapat teratasi dengan mudah. Tapi jika kita tetap ketahuan, dan mendapatkan teguran, Hm.. kita bisa langsung saja minta maaf, beri penjelasan dan tunjukkin hasil foto kita. Jika orang tersebut masih keberatan, maka hapuslah foto tersebut, dan cari hal menarik lainnya. Pokoknya jangan mudah menyerah pada satu object ya!

 

7. TINGKATKAN HASIL AKHIR FOTO DENGAN PROSES EDITING

Kalo kita ngerasa kok kayanya hasil foto kita kurang maksimal ya, atau rasanya foto kita punya beberapa kekurangan. Eits, jangan panik ya! Kita bisa kok membuat hasil foto lebih maksimal dengan beberapa software editing foto, seperti adobe photoshop, light room, dll. Kita tinggal melakukan proses editing dan sesuaikan dengan taste serta komposisi yang kita inginkan.

Tapi selama proses editing, usahakan untuk selalu mengedit dengan teliti dan rapi ya. Jangan sampai skill editan kita bukan membuat fotonya semakin kece, tapi semakin buruk.

So, itu dia tips and trick yang bisa Gogirl! share dari acara bincang Shopee kemarin. Selamat mencoba tips & trick yang ada, jangan lupa untuk terus melakukan eksplorasi dan jangan mudah menyerah. Percaya deh, lama-lama hasil fotomu akan semakin kece dan profesional!

 

You may also want to read:

JASA FOTOGRAFI LIBURAN, IDE FREELANCE KEKINIAN

- TIPS MEMOTRET FOTO ALA PROFESIONAL NGEGUNAIN SMARTPHONE!

- 10 APLIKASI EDIT FOTO YANG BAGUS UNTUK PENGGUNA INSTAGRAM

 

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Photo by Sergey Zolkin on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar