5 PROFESI YANG BELUM ADA 10 TAHUN YANG LALU

December 06, 2017

7-PROFESI-INI-TERNYATA-BELUM-ADA-10-TAHUN-YANG-LALU

 

Nggak usah galau kalau kita belum tau mau jadi apa nantinya guys, karena mungkin aja profesi yang bakal kita jalanin itu belum ada!

 

 

Ketika ditanya apa cita-cita kita, kebanyakan biasanya langsung nyebutin profesi tertentu: arsitek, dokter, pramugari, atau designer misalnya. Tapi tau nggak sih kamu kalo beberapa pekerjaan yang banyak diminati sekarang ternyata belum ada 10 tahun yang lalu? Dengan makin berkembangnya dunia, makin banyak juga profesi baru yang sebelumnya nggak pernah kepikiran. Just a reminder, 10 tahun yang lalu tuh  baru tahun 2007 lho guys, masih belum lama-lama banget.

Well, apa aja tuh profesi yang dimaksud? Yuk simak!

 

1. DRONE OPERATOR

 

7-PROFESI-INI-TERNYATA-BELUM-ADA-10-TAHUN-YANG-LALU

Foto: namibiansun.com

 

Peminat drone makin lama makin meningkat dan benda terbang ini juga makin banyak digunain oleh masyarakat luas, terutama drone camera. Makannya ada yang namanya drone operator dan dijamin deh, mama-papa kita dulu pasti nggak pernah kebayang bakal ada profesi ini karena drone itu apa aja mereka belum tau :’)

 

2. APP DEVELOPER

 

7-PROFESI-INI-TERNYATA-BELUM-ADA-10-TAHUN-YANG-LALU

Foto: Lynda.com

 

Hidup kita sekarang nggak bisa terlepas dari berbagai aplikasi yang ngebantu kita buat ngelakuin berbagai hal. Mulai dari aplikasi chatting yang kita pake sehari-hari sampe aplikasi paling nggak berfaedah yang eksis di play store/app store pasti ada developernya. Profesi ini adalah salah satu pekerjaan yang baru muncul beberapa tahun terakhir karena perkembangan teknologi. Sebelum ada smartphone, mungkin orang awam nggak pernah kebayang tuh apa itu web developer.Tapi sekarang profesi ini disebut-sebut sebagai pekerjaan yang paling diminati oleh orang IT lho..

 

3. SOCIAL MEDIA MANAGER

 

  7-PROFESI-INI-TERNYATA-BELUM-ADA-10-TAHUN-YANG-LALU

sumber foto: mpemg.com

 

Media sosial mungkin udah ada sejak lebih dari 10 tahun yang lalu, tapi umur profesi ini kayaknya nggak setua itu deh. Pertama kali Friendster dan Myspace keluar, media sosal cuma dipake buat kepentingan pribadi para penggunanya. Tapi sekarang media sosial juga banyak digunain buat kepentingan berbagai bisnis dan perusahaan, makannya muncul deh profesi social media manager. Orang-orang dengan profesi ini bertugas nyusun stretegi bagi perusahaan buat bisa manfaatin media sosial semaksimal mungkin untuk ningkatin penjualan dan loyalitas customer.

 

4. INFLUENCER

 

 

Love this outfit (top and pants) by @athanaparadisa ???? // swipe for details!

Sebuah kiriman dibagikan oleh Intan Khasanah (@strngrrr) pada

 

 Dulu buat dianggap sebagai public figure, seseorang seenggaknya biasa muncul di TV atau majalah. Tapi sekarang cuma dengan eksis di social media, kita bisa jadi public figure dan berprofesi sebagai influencer! Pekerjaan ini nggak bisa dipandang sebelah mata lho! Karena kalau diseriusin, butuh strategi, dedikasi dan konsistensi, sampai akhirnya bisa jadi sumber penghasilan seseorang.

 

5. YOUTUBE CONTENT CREATOR

 

 

Successful Youtuber yang udah berhasil menghasilkan banyak uang lewat view videonya, menginspirasi banyak orang untuk menggeluti profesi yang sama. Kalau awalnya cuma iseng-iseng, banyak yang mulai serius jadi Youtube content creator. Dengan proses produksi yang lebih niat, some of them berahasil bikin tayangan yang nggak kalah keren sama TV. Contohnya mba Najwa Shihab yang setelah keluar dari sebuah stasiun TV, memutuskan untuk memproduksi dan menayangkan show-nya di channel Youtube-nya sendiri, which turned out awesome!

 

 

WHAT CAN WE LEARN FROM THIS?

Kalau profesi-profesi keren di atas aja belum ada 10 tahun yang lalu, mungkin pekerjaan yang bakal kita jalani nanti juga baru bakal muncul 10 tahun yang akan datang. So remember to:

  • Stay true to your calling. Cita-cita kita nggak perlu terbatas pada profesi tertentu yang udah ada sekarang.
  • Be inovative! Latih diri kita buat ngeliat potensi-potensi yang ada di sekitar. Who knows kita bisa jadi orang pertama yang nemuin profesi baru tersebut ;)
  • Be flexible! Seperti gimana banyak profesi baru mungkin aja lahir, banyak juga profesi yang diprediksi bakal mati. Makannya kita harus bisa jadi orang fleksibel yang bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar