7 TIPE PERTAHANAN DIRI YANG HARUS KITA KENAL

November 07, 2018

7-HANDY-SELF-DEFENSE-TIPS

 

Tentu aja kita nggak bisa ngelak kalo bahaya bisa ngancem kita dimana aja! That’s why kita perlu banget punya basic knowledge yang bisa kita pake to protect ourselves. So here’s the knowledge we need to make sure ‘the creeps’ get in the way of our life! Meskipun kita bukan karateka atau jagoan olahraga, kita tetep bisa kok lepas dari bahaya yang ngancem kita secara fisik. Tips-tips di bawah bukan semata-mata buat gantiin professional self-defense ya, but they could definitely help us out of a jam.

 

A ZIP TIE

 

7-HANDY-SELF-DEFENSE-TIPS

 

Mulai sekarang zip tie atau kabel tis wajib banget jadi barang yang harus kita bawa dalem tas! Benda ini bisa kita gunain sebagai gantinya borgol. Selain gampang dipake, kita juga bisa bawa sekaligus dalam jumlah banyak kok buat jaga-jaga!

 

STOP AT EVERY FLOOR

Kalo kita ngerasa diikutin sama seseorang pas kita lagi naik atau ninggalin gedung tinggi, such as apartemen kita, gedung kampus, atau gedung kantor, press all of the floor buttons! Orang yang tadinya niat jahat juga jadi mikir-mikir kalo pintu lift-nya terbuka terus-terusan tiap lantai. Walaupun mungkin dianggep annoying, but at least we’re alive and unscathed!

 

GO TO THE KITCHEN!

Well, logikanya cuma kita yang bener-bener tau dimana kita nyimpen pisau-pisau tajam dan piring-piring beling di dapur kita sendiri. Jadi kalo misalnya ada orang yang mengancam masuk ke rumah, kosan, atau apartemen kita, buru-buru deh lari ke dapur! Kita juga bisa ngambil bumbu-bumbu yang kira-kira could potetiantlly be turned into harmful weapons. Kalo semuanya gagal? Mulai teriak dan jatuh-jatuhin barang kayak panci supaya tetangga denger!

 

DOWNLOAD A FEW SAFETY APPS

 

7-HANDY-SELF-DEFENSE-TIPS

 

Yes, dengan smartphone kita bisa punya apa aja dalam genggaman! Termasuk bodyguard yang bakal jagain kita. Ada baiknya mulai dari sekarang download  safety apps. Kalo di iOS ada apps bernama Stay Safe that lets we enter our expected travel time and route, dan kalo kita nggak ngecek aplikasi tersebut sesuai waktu yang diperkirain, Stay Safe bakalan langsung bunyi dan ngasih pilihan emergency contacts!

 

MEMORIZE SOME BASIC

Supaya nggak gelagapan di depan attacker, ada baiknya kalo dari sekarang kita mulai cari tau dan nginget titik-titik kelemahan yang bisa kita serang dari seseorang. Hal ini bakal bikin kita lebih kalem dan bisa nentuin apa yang harus kita lakuin kalo jarak antara kita dan attacker tipis banget! Biasanya titik-titik yang bisa kita serang adalah dengkul, alat kelamin, mata, dan rambut.

 

PEPPER SPRAY

Mungkin ini udah common kita denger. Cara ngebuatnya pun gampang banget! Tapi masih banyak juga yang nggak bisa gunain alat ini dengan maksimal. Tips dari Gogirl!, kalo mau nyemprotin pepper spray ini ke muka attacker, say stop di depan mukanya persis! Hal ini bikin dia sedikit terdistraksi dan kita pun bisa nyemprotin dengan tepat, bukannya malah ikutan kena muka kita. And please, taro pepper spray yang kita punya di dompet atau tempat yang terjangkau! Jangan asal taro di dalem tas yang bikin kita buang waktu buat ngacak-ngacak isi tas.

 

LET OUR HAIR DOWN

Unfortunately, ponytails and braids bikin penjahat lebih gampang buat narik kita dari belakang! Jadi Gogirl! saranin buat menggerai rambut aja sampe ke tempat tujuan. Terutama kalo kita jalan kaki atau naik motor.

 

 

 

Written by Tsarina Maharani
Photo Source:
Buzzfeed
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar