7 DRAMA KOMPLEKS YANG NGGAK KITA SADARIN DI INSTAGRAM

May 10, 2018

 

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Sumber: kabompics

 

Instagram nggak pernah gagal memberi kita bahan pembicaraan. Nggak cuma jadi media sosial dan sumber hiburan, Instagram kayaknya udah jadi bagian dari keseharian kita, sama kayak minum dan makan. Nggak cuma memengaruhi rutinitas, Instagram juga memengaruhi hubungan kita sama orang lain seperti yang pernah Gogirl! tulis di artikel Gara-Gara Instagram, 6 Hal Ini Berubah dalam Pertemanan Kita. Selain itu, Instagram juga berpotensi memunculkan drama-drama dunia maya yang rumit tapi nggak kita sadarin. Nah, Gogirl! mencoba merangkum 7 drama kompleks di Instagram yang kadang nggak kita sadarin.

 

FAKESTAGRAM VIEWERS

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Hayo, di sini siapa yang rajin mengecek orang-orang yang nontonin alias viewers instastories? Ketika kita ngecek viewers instastories, tujuan kita biasanya mengecek apakah seseorang menonton instastories kita atau nggak. Orang ini bisa aja temen yang nggak bales-bales chat Whatsapp atau pacar yang lagi susah dihubungin.

Seremnya, ada kalanya terlalu rajin nge-scroll instastory viewers kita sampe bawah. Gara-gara ini, kita nggak sengaja mendeteksi ada orang nggak dikenal di list viewers. Kita nggak follow orang ini, pun orang ini ternyata nggak follow kita. Pas kita klik profilnya, ternyata baik posting, followers, dan instastoriesnya kosong melompong. Yang ada isinya cuma jumlah following. Kita pun menyimpulkan kalo akun ini adalah fakestagram yang sengaja dibuat untuk ngepoin orang. Orang-orang yang dia follow bisa kita asumsikan sebagai private accounts yang harus di-follow dulu sebelum dikepoin. Nah, pemilik fakestagram ini nggak mau nge-follow private account tersebut pake akun aslinya.

Haduh, kompleks banget, ya? Masalahnya, kenapa kita ikut dikepoin juga? Iya sih, kadang kita mengatur akun kita jadi mode privat, tapi kadang juga nggak. Tapi, ketika akun kita nggak di-privat, kenapa orang ini mesti ngepoin pake akun fake segala? Nggak mau identitasnya ketahuan sama kita? Kenapa?

 

FAKESTAGRAM KOMENTATOR

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Di antara kita mungkin pernah ada yang didatangi komentator nyasar yang berasal dari akun fakestagram. Biasanya komentator nyasar itu datang ketika kita mengunggah konten yang caption-nya dihiasi beberapa hashtag, sehingga siapa pun bisa melihat konten kita dari hashta-hashtag tersebut. Komentar yang dateng bisa berupa komentar baik atau buruk, meskipun kebanyakan yang datang sebenernya komentar yang mengundang kita buat berdebat sama dia.

Ini tentu bikin kita heran. Kenapa orang ini niat banget sampe bikin akun fakestagram buat memberi dan membalas komentar orang-orang? Kenapa orang ini nggak pake akun aslinya aja? Sebegitu takut atau pengecutkah dia, sampai-sampai seniat itu bikin akun fakestagram buat memberi komentar pada postingan orang-orang?

 

KORELASI FOTO DAN CAPTION

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Adaaa aja orang yang mengomentari caption foto-foto yang diunggah di Instagram. Kita mungkin pernah jadi salah satunya, entah sebagai orang yang mengunggah foto atau sebagai pihak yang fotonya dikomentari orang lain. Dari perkara foto dan caption ini, kita jadi tahu ternyata korelasi antara foto dan caption itu sepenting itu di jagat Instagram.

Soal korelasi foto dan caption di Instagram ini bahkan pernah dibahas sama penulis Tere Liye di halaman facebooknya pada akhir 2017. Dalam postingannya itu, Tere Liye menuliskan opininya tentang orang-orang yang suka memakai kutipan yang dia tulis untuk foto-foto selfie, travelling, dan pacaran. Selain karena nggak nyambung, Tere Liye merasa nggak terima tulisan-tulisannya dijadikan bahan buat mendukung orang-orang ‘pamer’ di Instagram. Hadeuh… ribet ya perkara nulis caption doang! Kalo kita mengunggah foto selfie, jangan sekali-sekali  memberi caption berisi kutipan mutiara, deh. Biar aman, tulis aja “Selfies won’t hurt anybody”, kata-kata paling ngetren buat caption sebuah foto selfie, hehehe.

 

ORANG RANDOM PENGEN DI-FOLLOW

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Lagi-lagi kekuatan hashtag rupanya mampu menarik orang asing berkunjung ke Instagram kita. Entah konten yang kita unggah foto travelling, video cover lagu, atau video tutorial make up, kita emang sengaja pake hashtag terkenal biar dilihat banyak orang. Terus, ada satu-dua orang yang mengomentari konten kita itu, meminta kita buat balik menonton konten yang dia unggah. Anehnya lagi, orang itu sekaligus meminta kita mem-follow akunnya. Kita pun bertanya-tanya, ini maksudnya apa? Kalau dia mem-follow akun kita, kita masih bisa berasumsi dia emang suka liat-liat akun dengan postingan yang serupa sama dia. Tapi, kalau ternyata dia nggak follow? Kenapa dia minta kita untuk follow ketika kita nggak kenal dia dan bahkan nggak tertarik sama konten yang dia posting?

 

NGE-TAG TAPI NGGAK FOLLOW

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Perkara tag-mengetag ternyata nggak hanya menimpa orang-orang yang saling follow. Tapi, tag-mengetag ini bisa jadi masalah ketika kita dan orang yang ditag atau mengetag kita ternyata nggak saling follow. Apalagi kalo kita dan orang tersebut saling kenal di dunia nyata. Contoh kasusnya, kita lagi hangout bareng seorang temen. Selama hangout, temen kita itu ternyata meng-upload instastories dan mengetag kita. Ajaib, temen kita ternyata tahu username Instagram kita tanpa bertanya maupun kita beritahu terlebih dulu. Emang sih, username Instagram kita nggak aneh atau alay sehingga mudah dideteksi dengan hanya mencari nama asli saja. Tapi, tetep aja kita merasa aneh. Kok temen kita ini seniat itu mencari akun Instagram kita hanya untuk ngetag foto hangout? Padahal, saling follow aja nggak. Duh, kok bisa, ya? Ah, mungkin ini kode supaya kita ngefollow duluan, entahlah…

 

ARCHIVED-UNARCHIVED FOTO

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

 

Suatu hari, kita iseng membuka profil Instagram seorang teman. Entah kenapa, kita tiba-tiba sadar kalo ada satu atau beberapa foto yang hilang dari profilnya. Foto-foto tersebut mungkin aja dihapus, tapi bisa juga masuk ke bagian archived. Kalo foto tersebut adalah selfie bareng pacarnya, mungkin dia dan pacarnya itu udah putus. Kalo foto itu adalah wefie bareng temen-temennya, mungkin dia lagi bermasalah sama temen-temennya itu. Ah, entahlah, kita kan cuma bisa berasumsi.

Permasalahan lebih kompleks lagi ketika beberapa waktu kemudian, foto tersebut muncul lagi di profil Instagramnya. Lho kok udah di-archived, foto ini malah dimunculin lagi? Cieee,udah baikan ya sama pacar atau temen-temennya? Kita pun geli, membayangkan orang ini seperhatian itu sama followersnya sampe-sampe berpikir kalo semua followersnya ngepoin foto lama yang sempet dia unggah. Deuh, emangnya dia siapa? Kalo selebgram sih mending, profil Instagramnya pasti ditengok banyak orang.

Ajaibnya, followers yang perhatian itu emang ada. Hadeuh… jadi malu sendiri mengakui kita termasuk salah satunya.

 

CAPTION FOTO LAMA YANG DIEDIT

7-DRAMA-KOMPLEKS-YANG-NGGAK-KITA-SADARIN-DI-INSTAGRAM

Mirip sama archived-unarchived foto, ada kok orang yang sengaja scrolling foto lama di profil Instagramnya sendiri cuma buat edit caption. Kalo foto yang diunggah masih sehari-dua hari yang lalu sih nggak aneh, soalnya masih ada kemungkinan foto tersebut muncul di timeline orang lain. Masalahnya, foto yang diedit ternyata foto yang diunggah berminggu-minggu atau berbulan-bulan lalu. Alasan perubahan caption ini bisa beragam. Pertama, caption sebelumnya mengandung (mengetag) nama seseorang yang sekarang udah nggak berkaitan lagi sama dia. Kedua, dia merasa caption sebelumnya terlalu norak buat dipamerkan.

Soal ini, ada dua keajaiban yang bisa kita simpulkan. Keajaiban pertama, orang yang ngedit caption fotonya ternyata se-overthinking itu memikirkan bakal ada orang yang scrolling profil Instagramnya dan membaca caption foto tersebut. Keajaiban kedua, ada aja orang yang ngepoin dan scrolling profil Instagramnya sampe sadar kalo captionnya berubah. Halah…

 

You may also want to read:

- SADAR NGGAK INSTAGRAM BIKIN KITA JADI GEMAR ‘MEMPERTONTONKAN DIRI’?

- GARA-GARA INSTAGRAM, 6 HAL INI BERUBAH DARI PERTEMANAN KITA

- NGAPAIN SIH PUNYA FAKE ACCOUNT DI INSTAGRAM?

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
kaboompics.com, http.gph.is
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar