5 UNSUR MANAJEMEN WAKTU YANG HARUS KITA KUASAI

September 07, 2018

5-UNSUR-MANAJEMEN-WAKTU-YANG-HARUS-KITA-KUASAI

  

Seberapa sering kita merasa kehabisan waktu dalam mengerjakan sesuatu? Sesekali, seringkali, atau jangan-jangan selalu? Beberapa di antara kita bahkan mungkin merasa kalo 24 jam nggak bakal pernah cukup buat menyelesaikan segala sesuatu yang harus kita lakukan dalam satu hari, ya nggak? Padahal kalo kita tau cara mengatur waktu dengan baik, sebenernya nggak ada yang mustahil lho buat dikerjakan.

 

Kita yang udah lama merasa terganggu dengan masalah ini mungkin sebelumnya udah pernah membaca berbagai artikel soal manajemen waktu. Tapi pertanyaannya, apakah tips-tips tersebut berhasil kita terapkan? Kalo jawabannya “nggak”, mungkin sebenernya kita belum bener-bener memahami inti dari manajemen waktu itu sendiri.

Dilansir dari Life Hack, ada lima unsur manajemen waktu yang bisa kita jadikan alat untuk membantu kita bekerja secara lebih efisien. Buat tau sebenernya kita masih lemah di bagian mana, coba jawab dulu deh beberapa pertanyaan berikut:

  1. Kita mempertimbangkan tujuan ketika memutuskan tugas atau kegiatan apa yang harus kita kerjakan (ya/nggak?)
  2. Tugas yang kita kerjakan adalah tugas dengan prioritas tetinggi (ya/nggak?)
  3. Kita menyisihkan waktu untuk merencanakan dan membuat jadwal sebelum memulai (ya/nggak?)
  4. Kita seringkali terdistraksi ketika bekerja (ya/nggak?)
  5. Kita seringkali mengerjakan tugas di menit-menit terakhir, atau bahkan harus minta tambahan waktu (ya/nggak?)

Kemudian cocokin deh dengan arti-arti di bawah:

  • Kalo kita menjawab “nggak” untuk pertanyaan nomor satu, berarti kita masih punya masalah dalam goal setting.
  • Kalo kita menjawab “nggak” untuk pertanyaan nomor dua, berarti kita masih punya masalah dalam prioritization.
  • Kalo kita menjawab “nggak” untuk pertanyaan nomor tiga, berarti kita masih punya masalah dalam scheduling.
  • Kalo kita menjawab “nggak” untuk pertanyaan nomor empat, berarti kita masih punya masalah dalam managing interruptions.
  • Kalo kita menjawab “nggak” untuk pertanyaan nomor lima, berarti kita masih punya masalah dalam procrastination.

*Buat dapet jawaban yang lebih akurat, kita juga bisa isi kuis lengkapnya di sini.

Nah, dari kelima unsur manajemen waktu di atas, kita masih lemah di bagian mana aja nih? Dengan tau di mana titik kelemahan kita, kita bisa mencoba buat menaruh lebih banyak effort di bidang tersebut instead of berusaha mengikuti semua tips yang kita baca di internet, ya nggak? Karena mengkin aja lho sebenernya kita udah baik dalam beberapa aspek, tapi masih harus berusaha di beberapa aspek lainnya. Buat lebih memahami lagi kelima unsur manajemen waktu yang harus kita kuasai, berikut penjelasan lengkapnya!

 

1. GOAL SETTING

Untuk dapat mengatur waktu secara efektif, pertama-tama kita harus terlebih dahulu menetapkan tujuan yang mau kita capai, setuju nggak? Misalnya aja, tugas mata kuliah apa yang mau kita selesaikan malem ini? Atau pekerjaan mana yang mau nggak mau harus kita selesaikan sebelum pulang dari kantor hari ini? Kita seringkali menyepelekan tahap menetapkan tujuan karena pikiran-pikiran kayak “Yang penting ada yang bisa gue selesaikan lah hari ini” atau bahkan “Nggak gunalah bikin target, nggak mungkin tercapai juga”. Padahal dengan punya tujuan, kita bakal lebih termotivasi buat mengerjakan dan menyelesaikan apa yang telah kita rencanakan. Selain itu, menetapkan tujuan juga bisa dibilang merupakan pondasi dari unsur-unsur manajemen waktu lainnya.

Baca juga: STOP DREAMING AND START TO SET OUR GOALS!

 

2. PRIORITIZATION

Menentukan prioritas adalah hal selanjutnya yang harus kita lakukan dalam mengatur waktu. Nggak ada gunanya kita bekerja sekeras apapun karena tanpa membuat skala prioritas sebelum memulai, kita nggak bakal bisa bekerja secara efektif. Well, mungkin kita semua punya yang namanya to-do-list. Tapi seperti namanya, to-do-list cuma merupakan daftar hal-hal yang harus kita lakukan. Akibatnya, seperti yang sebelumnya udah pernah Gogirl! bahas juga di artikel “CONTEK 7 KEBIASAAN EFISIEN DARI SI PRODUKTIF”, kerjaan kita bakal berakhir nggak terstruktur. Kita juga punya kecenderungan untuk mendahulukan pekerjaan yang mudah. Padahal sebenernya ada pekerjaan lain yang lebih penting dan genting untuk diselesaikan. Buat tau lebih lanjut soal cara menentukan priroritas, coba deh googling the action priority matrix. Intinya sih, dahulukanlah pekerjaan yang penting dan mendesak, penting dan nggak mendesak, nggak penting tapi mendesak, baru deh nggak penting dan nggak mendesak.

Baca juga: BUAT YANG MASING BINGUNG, GINI CARANYA NGATUR PRIORITAS KITA

 

3. SCHEDULING

Nggak ada gunanya menentukan tujuan dan prioritas kalo kita nggak merealisasikannya dalam bentuk jadwal. Yap, keberhasilan kita dalam me-manage waktu bakal  sangat dipengaruhi lho oleh gimana kita menjadwalkan kegiatan kita sehari-harinya. Dengan membuat jadwal yang sejalan dengan tujuan dan prioritas kita, bisa dibilang kita udah punya the winning combination buat mengatur waktu – dengan catetan kita bisa berkomitmen untuk menjalankannya ya. Tapi nggak berhenti sampe di situ. Di luar tujuan dan prioritas, kita juga perlu mempertimbangkan interupsi dan hal-hal tak terduga ketika membuat jadwal. Selalu tinggalkan ruang untuk kedua hal tersebut! Karena kalo nggak, kita nggak bakal pernah bisa mengikuti jadwal kita sebagaimana kita menyusunnya.

 

4. MANAGING INTERRUPTIONS

Merencanakan kegiatan kita dengan menyusun jadwal sesuai tujuan dan prioritas adalah satu hal. Berusaha menjalankannya dengan segala macam godaan dan gangguan yang ada adalah hal lainnya. Yap, masalah selanjutnya yang harus kita pertimbangkan dalam manajemen waktu adalah memanage interupsi. Well, jujur deh, salah satu alesan (atau bahkan mungkin alesan terbesar) yang membuat kita seringkali nggak bisa menyelesaikan pekerjaan kita sesuai dengan waktunya adalah karena kita terdistraksi dengan segala macem gangguan yang ada di sekitar kita, ya nggak? Mulai dari chat, media sosial, game, YouTube, atau sekedar ngobrol sama rekan kerja di meja sebelah. Oleh sebab itu kita harus tau cara meminimalisirnya. Seperti yang sebelumnya udah pernah Gogirl! bahas juga di artikel  “CONTEK 7 KEBIASAAN EFISIEN DARI SI PRODUKTIF”, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memanage interupsi adalah membuat daftar distraksi. Baca deh artikelnya buat cari tau lebih lanjut!

 

5. PROCRASTINATION

Selain interupsi, musuh lain dari manajemen waktu adalah godaan untuk menunda-nunda. Setuju nggak? Masih dikutip dari Life Hack, strategi paling manjur buat mengalahkan keinginan kita untuk menunda-nunda adalah dengan menerima fakta bahwa kita memang punya kecenderungan tersebut, lalu berusaha mencari tau apa penyebabnya. Apakah kita takut memulai karena kita takut gagal? Atau kita sekedar menunda karena kita merasa tugas tersebut terlalu sulit untuk dikerjakan? Kalo alesannya adalah yang kedua, coba deh buat memecah suatu tugas besar menjadi tugas-tugas kecil. Kita juga bisa mencoba teknik pomodoro seperti yang sebelumnya udah pernah Gogirl! Kupas di artikel “BEAT PROCRASTINATION USING THIS PODOMORO TECHNIQUE”. Jangan lupa juga buat memberikan penghargaan kepada diri kita sendiri ketika kita berhasil menyelesaikan suatu tugas, dan terus ingatkan diri kita soal konsekuensi dari menunda.

Baca juga: INI TIPS MENGHINDARI KEBIASAAN NUNDA TUGAS SEKOLAH/KAMPUS

 

You may also want to read:

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
trainingzone.co.uk, source.wustl.edu
Share to:

Comments

1 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar

    naura amalia
    thanks you

    September 7, 2018 7:48 pm