5 TIPS MEMILIH TEMPAT KERJA YANG TEPAT UNTUK FRESH GRADUATE

September 13, 2018

5-TIPS-MEMILIH-TEMPAT-KERJA-YANG-TEPAT-UNTUK-FRESH-GRADUATE

 

Sebagai fresh graduate, tentunya kita lagi semangat banget mencari pekerjaan. Kita juga sudah mulai memiliki segudang rencana dalam berburu pekerjaan, memilih tempat kerja idaman dan memiliki penghasilan yang tinggi. Tapi tentunya menemukan sebuah pekerjaan dan lingkungan kerja yang tepat untuk kita bukan perkara yang mudah. Apalagi kita harus bersaing dengan ribuan calon pekerja lainnya, sedangkan nggak banyak lowongan pekerjaan yang terbuka untuk kita.

 

Jika sudah begitu, pastinya kita harus pintar-pintar memilih sebuah perusahaan untuk menjadi tempat kita bekerja. Jangan sampe sudah susah-susah mencari kerja, taunya kita nggak nyaman dan nggak bisa bekerja untuk jangka waktu yang panjang, dan berakhir kehilangan kesempatan membangun jenjang karir yang lebih baik. Maka dari itu kita harus memastikan perusahaan yang akan kita masuki nanti memiliki beberapa kriteria di bawah ini ya.

 

1. SISTEM REKRUITMEN YANG JELAS

Hal yang paling utama dan awal banget kita lihat adalah, proses rekruitmen perusahaan tersebut. Jadi wajib untuk kita ketahui dengan jelas bagaimana proses perusahaan tersebut mencari dan melakukan perekrutan terhadap tenaga kerja mereka. Apakah berkualitas atau asal terima aja. Soalnya sebuah perusahaan yang bagus tentu akan memiliki standar perekrutan yang baik dan tersistem, di mana hal tersebut akan berlaku pada setiap karyawan yang melamar ke perusahaan tersebut.

Jadi tentunya kita juga akan menerima kejelasan mengenai tahapan seleksi dan juga berbagai tes lainnya yang akan dilalui selama masa perekrutan tersebut. Jika proses rekruitmen berjalan dengan jelas dan baik, pastinya perusahaan tersebut berkualitas, tapi jika menerima karyawan saja asal-asalan hmm.. sudah bisa kita pikirkan kan kualitas daripada perusahaan tersebut.

 

2. PERUSAHAAN MEMILIKI LATAR BELAKANG DAN KREDIBILITAS YANG BAIK

Seringnya karena kita begitu senang dan bersemangat untuk ingin segera bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri. Akhirnya segudang rencana mulai dipikirkan, termasuk dalam bidang keuangan, dan pendapatan yang tinggi untuk tabungan masa depan. Jika sudah begitu, terkadang karena tergiur dengan gaji yang lumayan dan perasaan takut tidak mendapatkan pekerjaan, kita jadi tidak peduli dengan latar belakang dan kredibilitas perusahaan.

Padahal salah satu yang penting dan mempengaruhi perkembangan karir kita sendiri adalah latar belakang dan kredibilitas perusahaan tempat kita bekerja. Apalagi di luar sana ada banyak sekali perusahaan yang tidak layak dan cukup baik untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawannya. Padahal jika perusahaan kita memiliki latar belakang yang bagus dan kredibilitas yang tinggi, tentunya hal itu akan mempermudah kita untuk meningkatkan jenjang karir, dan yang pasti lebih berguna untuk pengalaman diri kita sendiri jika ingin menjadi seorang yang lebih profesional di bidang kita. Tak hanya itu, latar belakang perusahaan akan mempengaruhi jangka dari karir kita sendiri lho. Maka dari itu, sebelum menerima tawaran kerja, jangan lupa untuk mengecek kembali latar belakang dan kredibilitas perusahaan tersebut.

 

3. MEMBERIKAN GAJI YANG PALING TIDAK SESUAI DENGAN UMR

Sebuah perusahaan yang bagus, pastinya akan memperhatikan kesejahtraan dan hak karyawannya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Nah, Salah satu komponen yang wajib dipenuhi oleh perusahaan adalah sistem pembayaran gaji yang layak dan sesuai dengan UMR yang berlaku di kota tempat kita bekerja.

Soalnya peraturan tersebut dibuat pemerintah secara khusus dengan memperhatikan rata-rata biaya memenuhi kebutuhan hidup di daerah tersebut kok. Hm, tentunya kita nggak mau dong udah capek-capek bekerja tapi kebutuhan hidup kita sendiri tidak terpenuhi dengan baik. So, pastikan perusahaan yang akan kita masuki tersebut telah menjalankan peraturan terkait dengan pembayaran gaji dengan nominal yang sesuai dengan UMR ya. Jangan sampai kita menjadi salah satu karyawan yang digaji di bawah UMR dan tidak sesuai dengan kemampuan kerja yang telah kita berikan.

 

4. BUDAYA DAN SUASANA TEMPAT KITA AKAN BEKERJA

Kriteria yang satu ini juga patut menjadi sebuah pertimbangan untuk kita, sebab semakin nyaman kita berada di dalam sebuah lingkungan kerja, maka akan berpengaruh baik kepada hasil pekerjaan kita sendiri. Jadi, ketahui dan perhatikan dengan jelas mengenai budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut, dan suasana yang terbangun di dalam lingkungan kerjanya, lalu apa saja fasilitas yang disediakan oleh kantor tersebut. Sebab saat nantinya kita bekerja, mungkin kita akan membutuhkan berbagai macam fasilitas pendukung dari perusahaan, yang bisa menunjang hasil dan cara bekerja kita.

Makanya saran Gogirl! kita harus memilih perusahaan yang memiliki dan memberikan fasilitas penunjang yang memadai, sehingga tidak perlu repot-repot menyediakan fasilitas tersebut sendiri. Nggak cuma itu fasilitas yang memadai, suasana yang nyaman dan budaya bekerja yang baik tentunya akan meningkatkan semangat dan hasil kerja kita.

 

5. ATURAN WAJIB YANG DITERAPKAN PERUSAHAAN

Setiap pribadi dari kita tentunya memiliki kesukaan, gaya hidup dan kebiasaan yang berbeda-beda. Nah, yang menyatukan beragam kepribadian itu di setiap kantor, adalah peraturan yang dibuat oleh pihak perusahaan tersebut. Tetapi kadang-kadang ada beberapa peraturan yang nggak cocok di kita, sehingga membuat kita tidak bisa mengekspresikan diri, juga tidak bisa meningkatkan eksplorasi dalam dunia kerja. Jika sudah begitu pasti deh ujung-ujungnya kita jadi nggak enjoy banget buat bekerja dan pergi ke kantor, karena harus terikat dengan beberapa peraturan yang tidak kita sukai.

Mencegahnya terjadinya hal-hal yang seperti itu, maka penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu peraturan yang berlaku untuk para pekerja di perusahaan yang kita tuju. Beberapa peraturan tersebut di antaranya, jam kerja, cara berpakaian, sistem kerja, dan sanksi yang berlaku. Kalo ada beberapa peraturan yang nggak cocok banget di kita, sebaiknya diskusikan dulu dengan pihak HRD dan jika tidak menemukan solusi, sebaiknya kita mencari tempat bekerja yang lain.

 

You may also want to read:

THINGS THAT WE NEED TO KNOW AS FIRST JOBBER!

7 SITUS KARIR & FREELANCER DALAM DAN LUAR NEGERI

ATURAN DASAR YANG HARUS DIKETAHUI FRESH GRADUATE & FIRST JOBBER

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar