5 KEBIASAAN SIMPEL YANG NGGAK SADAR BIKIN KITA BOROS

September 11, 2018

5-KEBIASAAN-SIMPEL-YANG-NGGAK-SADAR-BIKIN-KITA-BOROS

 

Ngaku, siapa di sini yang suka ngerasa uang kita habisnya tuh cepet banget? Padahal kayaknya kita nggak beli banyak barang dan sampai bingung sebenernya uang kita itu habisnya ke mana sih. Kalo kita sering ngerasa kayak gitu, coba deh diingat-ingat lagi kita sering nggak melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini. Jika iya, hmm.. pantes aja uangnya cepat habis. Kebiasaan seperti apa sih yang membuat uang sering habis tak tersisa? Disimak yuk!

 

1. SERING NONGKRONG CANTIK DI COFFEE SHOP

Sebagai kaum millennials, pastinya buat sekedar nongkrong di coffee shop bareng sahabat pasti uda nggak asing lagi kan buat kita. Malah terkadang, buat kita yang bukan pecinta kopi, kita juga tetap nongkrong di coffee shop karena suka tempatnya yang bagus buat foto dan biar ngikutin tren kan. Belum lagi kalo ada ajakan teman untuk hangout, so pasti kita nggak bakal susah banget buat nggak ikutan. Bahkan bagi sebagian orang yang lagi skripsian, pergi ke coffee shop bikin mereka lebih konsentrasi karena suasana coffee shop yang nyaman.

Tapi coba deh kita pikir, kalo setiap hari kita beli kopi yang harganya lumayan pricey, kira-kira berapa banyak uang yang kita habiskan dalam seminggu hingga sebulan? Pastinya jumlahnya lumayan banget kan buat ditabung. Jadi coba kebiasaan ngopi ini agak dikurang-kurangin dikit, ya!

 

2. SERING KE MINI MARKET

Kalo kita lagi gabut atau lagi nunggu seseorang, nggak jarang kan kadang kita suka ke mini market padahal nggak punya tujuan pasti mau beli apa sih. Kalo bukan cuma buat ngadem, mecahin uang gede, atau nganterin teman sih nggak masalah ya. Tapi pasti nggak cuma sekali, yang ujung-ujungnya kita jadi beli sesuatu yang sebenernya nggak lagi kita butuhin banget sih.

Nah biasanya yang membuat kita belanja ini itu, apalagi kalo bukan sekumpulan snack yang sangat mengiurkan, dijamin deh kita bakalan nggak bisa tahan untuk nggak beli! Selain snack hal lain yang membuat kita susah untuk menahan diri, tentunya minuman-minuman di lemari pendingin yang terlihat menggoda. Tapi kalo kita mau berhemat, coba deh untuk tidak terlalu sering jajan di mini market. Emang sih uang yang dikeluarin sedikit, tapi kalo keseringan akan jadi banyak juga lho yang dikeluarkan.

 

3. JADI KORBAN DISKON

Buat remaja perempuan seperti kita, tentunya shopping adalah salah satu kegiatan yang wajib. Jalan-jalan ke mall dan mampir ke department store tentunya akan menjadi kebahagian tersendiri, apalagi kalo sudah melihat setumpuk baju diskonan, wah sudah pasti kita excited banget dan mengubah rencana belanja kita. Dari yang nggak mau belanja jadi belanja, dari yang mau beli satu sampai beli sepuluh item.

Dengan dalih “kan sayang mumpung lagi diskon”, akhirnya kita jadi beli banyak deh, padahal kita juga nggak perlu-perlu banget! Emang sih godaan diskon susah untuk dihindari, apalagi untuk kita sebagai cewek ya, girls. Tapi belajar untuk menahan diri saat melihat diskonan ya, ingat kalo menabung itu juga penting lho.

 

4. LEBIH SUKA MAKAN DI LUAR

Buat anak muda seperti kita, tentunya terkadang kita males buat bawa bekal ke mana-mana. Apalagi kalo mau hang out bareng teman-teman, rasanya risih bawa bekal ke sana sini kan. Nah, kebiasaan ini nih yang sebenernya nggak bagus karena bisa bikin kita bertambah boros. Coba kita hitung kalo setiap hari kita makan di luar. Satu kali makan diluar Rp35 ribu deh. Coba 35 x 2, lalu kali 30 hari? Wah udah sampe lebih dari 2 juta! Sayang banget kan, mendingan uang sejumlah itu kita tabung. Nah, solusinya sudah jelas bahwa kita harus mencoba kembali masak atau membawa bekal dari rumah, dijamin deh kita bakal lebih irit. Ayo mulai sekarang jangan males buat bikin dan bawa bekal dari rumah ya! Semangat girls.

 

5. GENGSI NAIK KENDARAAN UMUM

Hidup di perkotaan, cenderung membuat perubahan pada gaya hidup kita. Keinginan untuk serba instan dan simple menjadi salah satu gaya kehidupan kita, termasuk dalam memilih kendaraan yang kita gunakan. Kecenderungan kita untuk menghindari kendaraan umum, dan menggunakan kendaraan pribadi pun memiliki alasan yang beragam. Alasannya pun mulai dari, yang panaslah, tidak ada AC, sumpek, kotor, lambat dan lain-lain.

Nah, anggapan tersebut membuat sebagian orang enggan menggunakan fasilitas publik ini. Apalagi jika kita sudah punya kendaraan pribadi. Padahal jika kita pikirkan secara seksama, menggunakan kendaraan pribadi khususnya yang tinggal di lingkungan padat penduduk nyatanya malah lebih boros lho. Karena bahan bakarnya lebih cepat habis. Ujung-ujungnya kita harus bolak-balik mengisi tangki bensin. Maka dari itu jika ingin berhemat, cobalah gunakan kendaraan umum yang ada ya.

 

Nah itu dia 5 kebiasaan simple yang secara nggak sadar membuat kita boros, gimana nih kalian sering melakukannya nggak? Kalo iya, yuk mulai jalankan solusi lainnya agar hidup lebih hemat.

 

You may also want to read:

TAKUT BOROS? YUK, BELAJAR NGELOLA KEUANGAN!

HARUS DICOBA: STRATEGI HIDUP HEMAT UNTUK ANAK KOS

NGERASA BOROS TIAP KALI BELANJA? HEMAT PAKE 6 CARA INI DEH!

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Photo by Kat Yukawa on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar