5 IDE BISNIS MILLENNIALS DENGAN BUDGET DI BAWAH 200 RIBU

September 08, 2018

5-IDE-BISNIS-MILLENNIALS-DENGAN-BUDGET-DI-BAWAH-200-RIBU

 

Kita sebagai anak muda, tentunya pernah memiliki sebuah keinginan untuk hidup mandiri dengan memulai sebuah bisnis. Sayangnya terkadang kita ragu untuk memulainya, entah karena alasan bingung jenis usaha apa yang cocok buat dilakuin, atau sekedar karena tidak memiliki budget yang cukup untuk memulai sebuah bisnis. Jika kita salah satu yang tidak memiliki budget besar, tenang saja sebab di era digital seperti sekarang ini kita bisa lho memanfaatkan media sosial untuk memulai sebuah usaha dengan budget minim, bahkan dibawah 200 ribu. Nah, ini dia 5 ide bisnis di bawah 200 ribu yang cocok untuk kita, kaum millenials.

 

1. MAKANAN RINGAN

 5 IDE BISNIS MILLENNIALS DENGAN BUDGET DI BAWAH 200 RIBU

 

Kalo kita sering main Instagram, pasti deh uda gak asing lagi kan melihat beragam jenis makanan ringan yang dijual. Mulai dari makanan tahun 90an seperti lidi-lidian, makaroni, basreng sampai ke rambut nenek kembali nge-hits sekarang. Padahal, kalo dicoba rasanya nggak beda jauh kok dengan yang kita beli di warung, tapi karena strategi branding yang baik serta desain kemasan yang lucu dan catchy, akhirnya banyak dari kita yang berlomba-lomba untuk membelinya.

Melihat hal tersebut, kita bisa lho memanfaatkan momen ini untuk membuat produk baru lainnya yang belum booming di pasaran, sebagai insprasi kita bisa menjadikan cemilan favorit atau makanan yang berada di pasar, untuk kita re-branding ulang dan dibuat kemasan barunya yang lebih menarik minat pembeli. Untuk modalnya sendiri pun tidak terlalu mahal, kita hanya membutuhkan modal kira-kira sebesar Rp100 ribu-Rp130 ribu, murah kan?

 

2. AKSESORI WANITA

5 IDE BISNIS MILLENNIALS DENGAN BUDGET DI BAWAH 200 RIBU

Buat kita yang punya tangan terampil, bisnis ini bisa dicoba lho! Beragam aksesori yang lucu, unik dan menarik sekarang ini sudah banyak dipasarkan secara online, dan peminatnya juga sangat tinggi. Sebagai contoh kita bisa membuat beragam anting-anting yang lucu berbentuk kemasan makanan ataupun miniatur-miniatur kartun, jika tidak mau anting kita juga bisa mencoba gelang-gelang dari rakitan beads ataupun gelang rajut.

Pokoknya, asalkan kita mampu berkreasi dengan kreatif, menciptakan kualitas barang yang baik serta bisa membuat produk kita terlihat berkelas dan catchy serta didukung oleh strategi pemasaran yang bagus, bukan tidak mungkin produk kita akan dilirik oleh para pembeli.

Budget yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sendiri pun, tidaklah mahal. Kita cukup memulainya dengan modal hanya sebesar Rp150 ribu-Rp185 ribu, tergantung seperti apa kualitas bahan utama yang kita gunakan.

 

3. DROPSHIPPER

5-IDE-BISNIS-MILLENNIALS-DENGAN-BUDGET-DI-BAWAH-200-RIBU

Jika ingin memulai bisnis tanpa modal sama sekali, nah menjadi dropshipper adalah jawabannya. Caranya juga nggak ribet kok, kita hanya perlu menentukan jenis barang yang ingin kita jual, mencari supplier-nya, dan menentukan media pemasaran yang akan kita gunakan. Misalnya lewat Instagram, Facebook, dan Website atau lainnya.

Kelebihan lainnya jika kita menjadi dropshipper, kita nggak perlu repot lagi mencari grosiran untuk diecer kembali, soalnya si supplier lah yang mengirimkan produknya langsung ke konsumen. Tapi dropshipper juga memiliki kekurangan yaitu, kita harus jeli dan pintar dalam memilih supplier barang. Carilah pedagang yang jujur dan terpercaya. Sebab, kita tidak bisa melihat langsung kualitas barang yang kita jual. Berbeda dengan reseller yang menerima barang dari supplier terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan pelanggan.

 

4. HANDMADE CLAY

5-IDE-BISNIS-MILLENNIALS-DENGAN-BUDGET-DI-BAWAH-200-RIBU

Untuk kita yang memiliki kreativitas yang tinggi serta gemar membuat kerajinan tangan, nah kita bisa mencoba salah satu ide ini. Menggunakan bahan dasar tanah liat atau yang sering disebut clay, kita bisa mengolahnya menjadi bisnis berbagai miniatur pajangan untuk hadiah ulang tahun. Harga clay sendiri yang terbilang tidak mahal, yaitu sekitar 22 ribu-40 ribu bisa kita jual dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp100 ribu-Rp500 ribu, tergantung besar dan  dan tingkat kesusahan desain yang diminta si pembeli.

Anyway, jika nantinya bisnis clay kita berhasil dan tinggi minat pembelinya, ada baiknya kita juga bisa meningkatkan ragam produk yang ada. Contohnya kita bisa menambah custom bantal, ataupun membuat hand painting pada baju ataupun tas dan sepatu, dijamin deh uang jajan kita akan lebih dari cukup.

 

5. JASA TITIP

5-IDE-BISNIS-MILLENNIALS-DENGAN-BUDGET-DI-BAWAH-200-RIBU

Buat kita yang hobi banget ke mall, kita juga bisa lho menghasilkan uang sembari jalan-jalan. Caranya kita bisa jadi JasTip aka Jasa titip. Jasa titip atau personal shopper  sekarang ini sudah menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti millennialas zaman sekarang. Sesuai namanya, seseorang akan menitipkan  produk tertentu yang akan kita beli langsung dari tokonya tanpa perantara. Pelanggan tinggal ambil ke tempat kita atau dikirim kembali via ekspedisi.

Kita bisa berlakukan sistem pre order dengan DP 50 persen atau bisa juga sistem bayar di awal. Biasanya jasa titip punya tarif Rp15-Rp30 ribu per orang. Lumayan kan?

 

You may also want to read:

PENGEN BISNIS? KENALIN DULU CARA MARKETING DI ERA SEKARANG!

UNTUNG RUGINYA BUKA BISNIS BARENG SAHABAT

SAATNYA LIRIK PSIKOGRAFIK PASAR BUAT MAJUKAN BISNIS KITA

 

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Unsplash, berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar