5 HAL MENARIK YANG CUMA BISA DIRASAKAN SAAT JADI FIRST JOBBER

September 10, 2018

5-HAL-MENARIK-YANG-CUMA-BISA-DIRASAKAN-SAAT-JADI-FIRST-JOBBER


Jadi first jobber, alias bekerja pertama kali memang istimewa. Di hidup kita, langkah ini bakalan jadi batu loncatan menuju ke langkah selanjutnya. Dan tentunya, proses menjadi first jobber tidaklah mudah, apalagi tentunya kita sudah mendengar gosip-gosip dari sejumlah orang terdekat kalo jadi first jobber sangatlah sulit. Tapi nggak selamanya sulit, ada kok beberapa hal yang menarik dan cuma bisa dirasakan oleh kita para first jobber.
 Coba simak yuk!

 

1. BEKERJA SAMBIL MENINGKATKAN SKILL

Memasuki dunia kerja tentunya akan banyak perbedaan dengan dunia perkuliahaan yang kita temui. Tapi jangan takut, sebab pihak kantor pun pasti mengerti dengan beberapa hal baru yang belum kita ketahui. Nah, hal tersebutlah yang bisa kita manfaatkan untuk bekerja sambil meningkatkan skill yang belum kita kuasai. Jangan ragu untuk bertanya kepada partner kerja, bahkan atasan mengenai hal-hal yang belum kita mengerti, kita juga bisa melakukan sharing dengan teman kantor untuk meningkatkan pengetahuan di dunia kerja.

Namun, jangan lupa ya untuk selalu sopan saat bertanya, dan cobalah mengerti dengan cepat setiap ilmu yang telah dibagi, agar kita tidak terkesan telat mikir dan tetap terlihat sesuai untuk ada di jabatan pekerjaan kita. Sebagai saran agar kita tidak lupa, kita bisa mencatat apa yang sudah dipelari di sebuah notes.

 

2. KESALAHAN KECIL MASIH DIMAKLUMIN

Seperti yang sudah dibahas di atas, enaknya jadi first jobber itu kita masih banyak dapat permakluman, kesalahan-kesalahan kecil yang tidak boleh dilakukan oleh para profesional masih boleh kok sedikit-sedikit kita lakukan. Eits, tapi jangan terus-terusan melakukan kesalahan yang sama ya, soalnya pasti rekan kerja juga lama-lama akan bete dengan kesalahan yang sama tersebut.

Tapi sebisa mungkin, hindari untuk melakukan kesalahan ya. Agar atasan serta rekan kerja dapat seratus persen yakin bahwa kita layak untuk bekerja dengan posisi yang kita dapat di perusahaan tersebut. Sebagai tips untuk menghindari kesalahan, kita bisa mengatur sistem kerja, lakukan pekerjaan sesuai brief dari atasan, fokus, dan jangan lupa untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diberikan.

 

3. PERTAMA KALINYA MENIKMATI UANG HASIL KERJA SENDIRI

Satu hal yang paling menggembirakan dan pastinya kita tunggu-tunggu ialah, gajian pertama! Perasaan senang pasti ada saat kita menyadari, bahwa kita juga bisa menghasilkan uang sendiri. Tapi terkadang karena pertama kali pegang uang sendiri dalam jumlah yang cukup besar, memang bisa bikin kita lupa diri. Lihat teman kantor makan siang fancy, nongkrong di café sepulang kerja, belanja online tiada henti, emang nyenengin sih. Tapi, nggak perlu semuanya kita ikutin kok. Pilih gaya hidup yang sesuai dengan keadaan dan tidak perlu berlebihan. Kalo dari awal kita sudah ahli menahan diri, yakin deh, kita gak akan menghambur-hamburkan uang meski gaji sudah naik sedikit demi sedikit. 

Sebagai tips buat kita kaum first jobber, kita bisa melakukan beberapa hal untuk menghemat uang. Seperti, sisihkan uang untuk ditabung pada saat awal kita menerima gaji, jangan lupa untuk membuat alokasi anggaran dan ketahui tujuan keuangan sendiri.

 

4. MEMBUAT DIRI KITA LEBIH PROFESIONAL DAN LEBIH DEWASA

Secara nggak sadar, magang juga bisa bikin kita jadi lebih dewasa dan profesional, baik dari segi pemikiran ataupun perilaku. Karena di kantor, kita dihadapkan dengan berbagai macam tantangan dan masalah yang harus kita selesaikan dengan kepala dingin. Belum lagi deadline yang mepet, kerjaan numpuk atau lingkungan kantor nggak kondusif bikin kita harus mengontrol emosi dan perasaan. Selain itu ada masanya ketika kita kena tegur atasan. Di sini mental kita dilatih biar tahan banting. Jadi kita bisa lebih wise dan mature dalam meyikapi masalah ke depannya. Selain itu, proses menyelesaikan pekerjaan tentunya akan membentuk kita semakin profesional, karena hasil kita yang selalu membawa impact bagi perusahaan akan menuntut kita menjadi seorang yang profesional.

 

5. MENDAPATKAN TEMAN BARU

Selain mengharapkan penghasilan yang cukup, kita juga pasti berharap untuk mendapatkan teman baru yang asyik kan di kantor. Jika iya, percaya deh kita pasti akan menemukan partner kerja sekaligus teman yang cocok untukmu. Karena, biasanya perusahaan akan memiliki beberapa karyawan dalam satu divisi yang bertugas untuk membantu setiap divisi yang ada. Nah, kesempatan inilah yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan teman baru seperjuangan. Kita bisa mulai dengan berkenalan dan saling bertukar pengalaman atau sekedar bertukar pikiran dalam menjalankan pekerjaan. Jika kalian cocok, biasanya kita dan rekan kerjamu bisa menjadi best friends, karena tiap hari kita akan bersama dengannya. Jadi, jangan takut untuk membuka diri, untuk berkenalan dengan rekan kerja di kantor ya.

 

You may also want to read:

ATURAN DASAR YANG HARUS DIKETAHUI FRESH GRADUATE & FIRST JOBBER

DEAR FIRST JOBBER, INI YANG HARUS KAMU INGET DI HARI PERTAMA KERJA

5 FASHION ITEMS YANG HARUS DIPUNYA PARA FIRST JOBBER

Written by Caroline Cahyani Gunawan
Photo Source:
Photo by Marten Bjork on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar