5 CARA MENGATASI STRES DI TEMPAT KERJA BUAT PARA MILENIALS

July 04, 2018

5-CARA-MENGATASI-STRES-DI-TEMPAT-KERJA-BUAT-PARA-MILENIALS

 

Tau nggak kalo berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Mental Health Foundation (MHF), (seperti dikutip dari CNN Indonesia), generasi milenial ternyata merasakan tekanan yang lebih besar di tempat kerja dibandingkan generasi X dan karenanya jadi lebih gampang stres daripada mereka? Sebanyak 34% milenials yang menjadi responden penelitian ini juga menyatakan kalo stres membuat mereka kurang produktif dalam bekerja, yang pada akhirnya bakal mempengaruhi performa dan kualitas kerja mereka. Makanya, penting banget bagi kita buat tau cara mengatasi/mengelola stres yang disebabkan oleh pekerjaan. Nggak cuma demi performa, tapi juga demi kesehatan mental dan kebahagiaan kita. Simak deh lima tips berikut yang bisa coba diterapkan oleh kita para pekerja milenials!

 

1. TRACK YOUR STRESSORS & DEVELOP HEALTHY RESPONSES

Dikutip dari website resmi American Psychological Association (APA), langkah pertama yang sebaiknya kita ambil dalam managing stres adalah mengidentifikasi apa penyebab stres (stressor) kita dan mengembangkan cara yang sehat buat meresponnya. Coba deh renungkan, apakah stressor utama kita di tempat kerja adalah bos kita yang menyebalkan, beban kerja kita yang terlalu banyak, gaji kita yang terlalu kecil, nggak adanya kesempatan buat berkembang, atau faktor-faktor lainnya? Kemudian pikirkan baik-baik tindakan bijak apa yang baiknya kita ambil buat meresponnya.

Seperti yang sebelumnya pernah Gogirl! bahas dalam artikel “GAMPANG STRES? COBA PELAJARI 4 STRESS MANAGEMENT SKILL INI, ada tiga hal yang bisa kita lakukan buat managing stres, yaitu: 1.) menerimanya ketika stres disebabkan oleh sesuatu yang berada di luar kontrol kita (acceptence); 2.) beraksi ketika stres disebabkan oleh sesuatu yang bisa kita kontrol (action); atau 3.) berusaha mengatasinya dengan berbagai cara yang bakal dibahas lebih lanjut di subjudul-subjudul selanjutnya (coping).

Misalnya aja, karena mustahil bagi kita buat mengubah orang lain dan karenanya nggak ada yang bisa kita lakukan terhadap bos kita yang menyebalkan, yang bisa kita lakukan adalah berusaha menerimanya – karena percaya deh, bos yang resek itu ada di mana-mana, nggak cuma di tempat kerja kita doang. Satu-satunya hal yang bisa kita usahakan palingan adalah mencari cara komunikasi yang paling pas dengan dia. Tapi kalo stressor kita adalah gaji kita yang terlalu kecil, kita bisa mengambil tindakan dengan coba mendiskusikannya dengan pihak HRD, ya nggak? Intinya sih alih-alih berusaha menghilangkan stres dengan bersumpah-serapah, nyemil, atau kebiasaan-kebiasaan nggak sehat lainnya, coba deh buat berhenti sejenak dan pikirkan respon paling sehat dan bijak apa yang sebaiknya kita tunjukkan.

Baca juga: GAMPANG STRES? COBA PELAJARI 4 STRESS MANAGEMENT SKILL INI

 

2. ESTABLISH BOUNDARIES

Penting banget bagi kita buat bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Seperti yang diperjuangkan lewat demo buruh pada tahun 1886 di Amerika Serikat, idealnya 24 jam kita dalam sehari digunakan untuk 8 jam bekerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam rekreasi. Jadi, bekerjalah hanya pada jam kerja yang udah ditentukan dan gunakan sisa waktu yang kita punya buat istirahat dan melakukan hal-hal lain sesuai dengan porsinya. Sebisa mungkin jangan bawa pekerjaan ke rumah dan buat batas yang jelas antara kerja dan kehidupan pribadi kita. Misalnya aja, dengan memutusan buat nggak membalas email di luar jam kerja atau nggak membalas telepon/pesan yang nggak urgent di saat weekend dan hari cuti kita. Atau buat kita para self employed, tetapkan jam kerja yang pasti walaupun kita bekerja di rumah. Dengan gini, kita mau nggak mau bakal membatasi pikiran dan energi yang kita gunakan buat bekerja yang semoga aja juga bakal mengurangi tekanan yang kita rasakan.

Baca juga: 7 TIPS KERJA EFEKTIF DI RUMAH BUAT KITA PARA SELF EMPLOYED

 

3. FIND WAYS TO RECHARGE

Seperti yang udah sempet disebutkan di atas, selain menerima dan bertindak, kita juga bisa managing stres dengan berusaha mengatasinya. Caranya? Find ways to recharge. Kita bisa coba cari hobi atau kesibukan lain yang bakal membantu kita melupakan stres di tempat kerja, sekaligus membuat hidup tetep fun. Misalnya aja kita bisa rutin ngegym, terlibat dalam komunitas, atau sekedar nonton TV di rumah. Kita juga perlu meluangkan waktu buat dihabiskan bersama keluarga, temen, dan pasangan secara rutin. Pokoknya apapun yang membuat kita seneng lah. Selain itu, wajib hukumnya bagi kita buat sesekali refreshing dengan mengambil jatah libur, entah buat traveling atau sekedar doing nothing di rumah. Lagi-lagi inget kalo selain 8 jam per hari yang kita gunakan buat bekerja, kita masih punya sisa waktu 16 jam buat istirahat dan rekreasi. So, jangan dikorupsi guys waktunya!

Contek hal-hal yang bisa kita lakukan buat mengatasi stres di sini: BIKIN SANTAI PIKIRAN KITA! GOODBYE STRESS, HELLO RELAX LIFE!

 

4. LEARN HOW TO RELAX

Dikutip dari Entrepreneur, founder Career Coaching Ventures Dasha Amrom bilang kalo penyebab umum stres di tempat kerja adalah perasaan bahwa kita nggak bisa mengendalikan hal-hal sesuai dengan keinginan kita. Nggak cuma dalam pekerjaan, perasaan ini juga seringkali mengganggu kita di aspek-aspek kehidupan lainnya, ya nggak? Well, that’s life. Banyak banget hal yang bakal terjadi di luar kendali dan ekspektasi kita and we can’t do anything about it. Misalnya aja, gimana sesekali kita membuat kesalahan atau gimana kita merasa udah bekerja keras, tapi tetep aja nggak berhasil mendapatkan hasil yang kita inginkan. Makanya terkadang kita perlu belajar buat lebih santai dengan menerima fakta bahwa kita nggak bisa mengendalikan seluruh aspek dalam hidup dan gimana dunia ini bekerja. Kalo kita merasa kesulitan melakukannya karena kita adalah pribadi yang panikan, emosian, perfeksionis, dsb, coba deh buat mempelajari calming techniques. Contohnya, belajar gimana cara mengatur pernapasan, yoga, atau sekedar medengarkan musik dan mencoba santai dengan bantuan lilin aromaterapi. Intinya sih carilah cara yang paling manjur buat menenangkan diri kita buat kemudian diterapkan setiap kita membutuhkannya.

Baca juga: CONTEK 10 CARA SI PRIBADI NYANTAI JALANI HIDUP ANTI STRES

 

5. DON’T KEEP SILENT

Stres bakal semakin menjadi-jadi ketika kita memendam perasaan kita sendirian. Jadi ceritakanlah hal-hal yang membuat kita khawatir, sedih, marah, dsb ke orang-orang terdekat kita – entah itu temen, keluarga, pasangan, atau bahkan sesama rekan kerja yang bisa bersimpati dengan kita. Mungkin aja mereka pernah melalui masalah yang sama dan karenanya bisa memberikan saran soal apa yang sebaiknya kita lakukan. Atau malah mungkin juga mereka sedang merasakan hal yang sama persis dengan kita dan karenanya menunjukkan kalo emang ada yang salah dengan tempat kerja ini. Misalnya aja, ternyata nggak cuma kita yang merasa overworked atau mendapat gaji yang terlalu kecil bila dibandingkan dengan beban kerja yang kita tanggung. Ketika hal kayak gini terjadi, seperti dikutip dari Bustle, kita bisa bersama-sama mengusulkan perubahan dengan membicarakannya baik-baik dengan pihak yang bersangkutan. Jangan ragu juga buat mendiskusikan masalah kita dengan atasan yang emang bertugas membimbing kita atau HRD/employee relation yang bertugas memediasi antara pekerja dan kantor. There's no shame in asking for help when you need it, so don’t suffer in silence.

Baca juga: KENAPA MEMBICARAKAN MASALAH KITA DENGAN ORANG LAIN ITU PERLU?

 

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Photo by Josefa nDiaz on Unsplash, getbanta.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar