3 APLIKASI SELF-CARE TERBAIK REKOMENDASI GOGIRL!

July 05, 2018

3-APLIKASI-SELF-CARE-TERBAIK-REKOMENDASI-GOGIRL!

 

Ketika bicara soal self-care, biasanya kita disarankan buat menjauhi smartphone yang seringkali menjadi distraksi dan dipercaya punya berbagai dampak negatif buat kita. Walaupun bener kalo kita perlu membatasi pemakaian benda yang satu ini, tapi sebenernya smartphone juga bisa kita manfaatin lho buat perawatan diri, terutama dengan hadirnya berbagai aplikasi yang emang berfokus pada self-care. Kalo pada akhirnya kita tetep bakal membawa smartphone kita ke mana-mana, it might as well be useful, ya nggak? Makanya kali ini Gogirl! mau ngasih tiga rekomendasi aplikasi self-care yang bisa membantu kita manage kesehatan fisik dan mental di antara jadwal sehari-hari yang padet. Apa aja tuh? Yuk simak!

 

1. AURA: MINDFULNESS & HAPPINESS

 

3-APLIKASI-SELF-CARE-TERBAIK-REKOMENDASI-GOGIRL!

 

Dikutip dari Pijar Psikologi, meditasi adalah salah satu metode self-care yang baik buat kita tekuni. Seperti yang udah sempet dibahas juga di artikel “7 KEBIASAAN MINDFUL YANG PERLU KITA TERAPKAN SEKARANG JUGA”, meditasi dapat membantu kita buat jadi orang yang lebih mindful alias menyadari, menikmati, dan mengapresiasi diri kita seutuhnya. Untungnya saat ini meditasi udah jadi jauh lebih mudah buat dilakukan dengan hadirnya berbagai aplikasi yang bisa membimbing pemula, salah satunya Aura. Menurut Gogirl!, dibandingkan aplikasi-aplikasi meditasi lainnya, Aura adalah salah satu aplikasi yang paling simple buat digunakan. Aura juga cocok banget buat kita yang sibuk berhubung latihan-latihan meditasi yang ditawarkan di aplikasi ini cuma berdurasi tiga menit dan dilengkapi dengan fitur reminder yang bakal mengingatkan kita buat menyempatkan diri bermeditasi di jam-jam tertentu setiap harinya. Bahkan katanya latihan meditasi yang ditawarkan oleh Aura bakal berbeda buat tiap pengguna sesuai dengan kebutuhan, diliat dari mood kita pada hari itu dan beberapa pertanyaan yang harus kita jawab sebelumnya. Cocok lah buat kita yang baru mau mulai mencoba buat rutin bermeditasi dan nggak tau harus mulai dari mana.

 

2. HAPPIFY

 

3-APLIKASI-SELF-CARE-TERBAIK-REKOMENDASI-GOGIRL!

 

Percaya nggak kalo kebahagiaan bisa diusahakan? Kalo kamu adalah salah satunya yang percaya dan ingin bahagia, then maybe you should try this app! Happify adalah aplikasi yang bakal membantu kita buat lebih bahagia lewat serangkaian aktivitas dan games (atau disebut juga sebagai track) yang katanya sih dibuat berdasarkan riset ilmiah. Berbagai aktivitas dan games yang harus kita selesaikan ini bertujuan membantu kita melatih skil-skill tertentu yang perlu kita kuasai dan biasakan buat menjadi lebih bahagia. Misalnya aja, salah satunya yang udah Gogirl! coba adalah games di mana kita harus memilih kata-kata positif di antara kata-kata negatif yang bakal membantu kita buat “conquer negative thoughts”. Berbagai track lain yang ada dan harus kita selesaikan di antaranya adalah “cope better with stress”, “overcome your insecurities and build confidence”, “stop the worry cycle”, dll yang bisa kita pilih sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai. Walaupun pada akhirnya kebahagiaan ditentukan oleh diri kita sendiri dan nggak ada jaminan juga soal seberapa berpengaruh aplikasi ini, menurut Gogirl! sih aktivitas yang ditawarkan oleh Happify cukup bermanfaat dan bisa jadi salah satu kegiatan killing time yang baik buat kita.

 

3. DAYLIO – DIARY, JOURNAL, MOOD TRACKER

 

3-APLIKASI-SELF-CARE-TERBAIK-REKOMENDASI-GOGIRL!

 

Pernah nggak kita merasa down sepanjang hari tanpa tau penyebabnya? Pada saat-saat tertentu, kita tau betul apa yang membuat kita bete, sedih, khawatir, kecewa, atau berbagai perasaan nggak mengenakan lainnya. But at other times, that tightness in your throat and knot in your stomach seem to come out of nowhere, ya nggak? Makanya buat kita yang suka baca artikel-artikel soal self-care dan mindfulness mungkin pernah tau soal pentingnya melakukan mood tracking alias menuliskan pikiran dan perasaan kitra secara rutin.

 Seperti yang lagi-lagi sempet Gogirl! bahas di artikel “7 KEBIASAAN MINDFUL YANG PERLU KITA TERAPKAN SEKARANG JUGA”, being mindful juga berarti kita sadar betul akan pikiran, perasaan, dan emosi kita, di mana salah satu cara buat mewujudkannya adalah dengan selalu memantau perasaan dan pikiran kita tanpa menghakiminya. Dengan gini, kita bakal lebih mudah memahami alesan di balik perasaan kita, memahami polanya, dan mengetahui gimana baiknya kita menghadapi situasi serupa di masa yang akan datang. Nah, Daylio adalah aplikasi yang dapat memfasilitasi kita buat melakukan semua hal tersebut. Kalo kita merasa diary sebenernya adalah alat yang sangat membantu tapi kita nggak punya waktu buat menuliskan keseharian kita secara panjang lebar, then you should really try this app. Karena kita bisa mencatat kegiatan dan perasaan kita setiap harinya hanya dengan satu sentuhan, kemudian melihat rekapnya di akhir untuk mempelajari polanya. Buat lebih jelasnya, tonton deh video di bawah!

 

 

 

Kalo aplikasi self-care yang udah pernah coba kalian coba dan pengen rekomendasikan apa guys? Share your comment below!

 

Baca juga:

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Pexels, Google Play
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar