10 PESAN BUAT KAMU YANG LAGI MENGALAMI QUARTER LIFE CRISIS

October 01, 2018

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

 

Apakah kamu sedang menjalani hidup usia 20-an tapi merasa masa depan masih buram? Merasa sudah seharusnya kamu bersikap dewasa tapi kondisi emosimu nggak kunjung stabil? Lalu, apakah kamu menyimpulkan kalau kegalauanmu saat ini adalah bagian dari krisis seperempat abad alias quarter life crisis? Kalo iya, Gogirl! punya 10 pesan buat kamu.

 

TENANG, JALAN KARIRMU MASIH PANJANG 

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS 

Beneran, deh. Karir tuh nggak harus langsung jelas di usia 20-an. Nggak apa-apa belum nemu tempat berlabuh, nggak apa-apa masih dalam proses pencarian. Kalo resah soal penghasilan, selama belum punya tanggungan mah santai saja. Jangan tekan dirimu, terlebih setelah mengamati beberapa teman-temanmu terlihat punya karir gemilang atau penghasilan menjanjikan. Cuma satu hal yang harus kamu lakukan: menabung. Kumpulkan uangmu buat masa depan, jangan dihambur-hamburkan.

 

JANGAN MERASA BERSALAH PADA DIRIMU DI MASA LALU

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Semenyesal apa pun keputusan yang kamu ambil, semenyakitkan apa pun masa lalu percintaanmu, jangan biarkan perasaan bersalah terus menghantuimu sekarang. Teringat pada sakitnya sesekali boleh-boleh aja, tapi jangan sampe merasa bersalah. Inget, kamu nggak punya utang budi apa pun ke dirimu di masa lalu. Sebaliknya, justru kamu punya utang ke diri kamu di masa depan, yaitu utang memperbaiki diri.

 

KAMU AKAN JATUH CINTA LAGI

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Buat kamu yang lagi nggak punya pasangan dan merasa udah nggak bisa PDKT unyu-unyu seperti masa sekolah, santai. Suatu saat kamu akan jatuh cinta lagi, pada waktu yang nggak kamu duga dan pada orang yang nggak kamu sangka. Kamu nggak harus menemukan cinta dalam waktu dekat, biarlah semesta mempertemukanmu suatu saat dengan orang yang tepat. Jangan termakan provokasi foto-foto pre-wedding, tunangan, dan pernikahan teman-temanmu. Ingat, cinta itu bukan tren dan kamu nggak mesti ikut-ikutan.

 

JANGAN LUPAKAN PENCAPAIAN DAN KEPUTUSAN TERBAIKMU

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Saat kamu merasa ingin putus asa karena nggak kunjung mencapai apa yang kamu mau, cobalah putar memori masa lalu. Ingatlah kembali pencapaian dan keputusan terbaikmu, yang mungkin menjadi sempat mengubah satu titik dalam hidupmu. Entah itu keputusan memilih jurusan kuliah, keputusan mengakhiri atau memulai hubungan, keputusan mengikuti kursus, dan sebagainya. Jangan lupakan juga pencapaian-pencapaian yang mungkin kamu anggap biasa aja tapi belum tentu bisa diraih orang lain; kelulusan, diterima di perguruan tinggi, atau diterima di pekerjaanmu saat ini. Apa pun itu, semuanya adalah bagian dari progres menuju versi terbaik dari dirimu.

 

KESEPIAN ITU BAGIAN DARI PROSES PENDEWASAAN

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Kalo kamu merasa kesepian, jangan malu. Kesepian itu lumrah dalam proses pendewasaan, sebab kamu nggak lagi dikelilingi oleh temen-temen sekolah maupun kuliah. Jumlah temen deket satu per satu kian berkurang, dan bertemu teman terdekat pun menjadi semakin jarang. Kalo kamu masih tinggal dengan orang tua, bersyukurlah. Kesepianmu masih bisa sedikit terobati karena ketika pulang kerja, sebab kamu masih bertemu beberapa orang terdekatmu di rumah. Beda kalo kamu tinggal merantau di kota lain, mungkin kamu akan lebih sering merasa kesepian. Santai. Kesepian itu bukan hal aneh, kok.

 

JANGAN LUPA BUAT ISTIRAHAT JIWA DAN RAGA

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Setelah kamu menekan dirimu terlalu keras untuk mencapai impian-impianmu, jangan lupa buat istirahat. Nggak cuma istirahat raga dengan cara istirahat di kamar dan bersantai tidur-tiduran, tapi juga istirahat jiwa. Istirahat jiwa ini bisa didapatkan dengan rekreasi, dan caranya tergantung preferensimu sendiri. Kalo kamu suka maraton nonton, lakukanlah. Kalo kamu suka jalan-jalan, traveling-lah. Kalo kamu suka datang ke event besar, datanglah. Lakukan apa pun yang menyenangkan hatimu.

 

BELUM TERLAMBAT BUAT MEMULAI SESUATU, KOK

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Pengen belajar fotografi, tapi merasa telat. Pengen belajar desain grafis, tapi menyesal kenapa nggak mulai belajar beberapa tahun lalu. Pengen belajar make up, tapi merasa terlalu terlambat. Stooop! Jangan mikir terlambat dulu. Nggak ada kata terlambat buat memulai sesuatu, terlebih hal baru yang pengen kamu pelajari. Kalo pun hal baru itu nggak kamu jadikan profesi, seenggaknya kamu masih bisa mengerjakan project senang-senang dari situ, bukan?

 

MENJADI DEWASA BUKAN BERARTI NGGAK BOLEH SESEKALI KEKANAKAN

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Kamu nggak harus selamanya bersikap bijak, tenang, dan terlihat baik-baik aja. Kesal, ngambek, bete, dan menangis ke seseorang itu sah-sah aja kok asal kamu tahu gimana caranya rekonsiliasi sama dia. Kamu juga nggak dilarang buat ketawa nyablak, karaoke gila-gilaan, nari-nari nggak jelas, dan masih fangirlingan. Bersikap kekanakan itu nggak dilarang di usia dewasa, kok. Santai aja.

 

JALANI IMPIANMU SENDIRI, BUKAN IMPIAN ORANG LAIN

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Mungkin ada yang berekspektasi lebih padamu, menginginkanmu menjadi sosok yang mereka mau atau menjalani sesuatu yang mereka harapkan. Entah itu ibumu, bapakmu, pasanganmu, atau sahabat-sahabatmu. Datang dari mana pun harapan itu, ingat kalo yang harus kamu jalani adalah impianmu sendiri, bukan milik orang lain. Abaikan aja pertanyaan-pertanyaan seperti: “Kapan lulus?”, “Kapan nikah?”, “Kok belum kerja?”, “Kenapa nggak daftar jadi PNS?”, dan sebagainya.

 

KALO TUBUHMU BERUBAH, SANTAI SAJA

10-PESAN-BUAT-KAMU-YANG-LAGI-MENGALAMI-QUARTER-LIFE-CRISIS

Tubuhmu mungkin nggak seperti tubuhmu yang dulu. Ada yang berubah, entah itu warna kulit yang menggelap atau memucat, wajah yang mengering, jidat dan pipi yang berjerawat, bobot yang bertambah, atau mata kaki yang makin mengeras. Santai, jangan minder atau mengutuk diri sendiri buruk rupa. Jangan termakan standar kecantikan dari Instagram, yang utama adalah dirimu sendiri merasa nyaman. Kalau pun kamu tak nyaman, tenang. Kondisi tubuhmu saat ini nggak akan berlaku selamanya, kok.

 

BACA JUGA:

QUARTER LIFE CRISIS, APAKAH KITA SEDANG MENGALAMINYA?

GIMANA CARA SUPAYA NGGAK PANIK PAS MIKIRIN MASA DEPAN KITA

PERSIAPIN DIRI SEBELUM KENA SINDROM QUARTER LIFE CRISIS

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
Easton Oliver / Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar