TRANSFORMASI MODEL INNER HIJAB ALIAS CIPUT

June 12, 2018

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Bagi para hijabers, daleman kerudung atau ciput adalah salah satu fashion item penting. Nggak cuma dipake sebagai pelengkap penampilan, bagi beberapa hijabers, ciput jadi barang esensial buat nutupin rambut biar nggak gampang mencuat keluar. Selain itu, beberapa bahan hijab nggak bisa dipake tanpa ciput, di antaranya chiffon, satin, dan organza. Ada juga hijab-hijab yang sedikit menerawang kayak model paris, sehingga ciput wajib dipake dengan fungsi menutupi rambut.

 

 

Nggak cuma hijab, ternyata tren model ciput juga berubah dari masa ke masa. Berikut Gogirl! ngerangkum 7 model ciput yang sempet populer dari yang jadul sampe yang paling kekinian.

 

CIPUT TOPI

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Ciput topi bikin penampilan hijab jadi terlihat klasik. Ciput model ini cocok dipake untuk hijab model segi empat. Ciput ini ngetren sejak taun 90an sampe awal 2000-an. Dulu, salah satu selebriti yang mempopulerkan hijab dengan ciput topi adalah Inneke Koesherawati. Anak muda sekarang cenderung tidak menyukai ciput model ini karena ikatannya yang ketat bisa membuat telinga sakit.

 

CIPUT PLASTIK MIKA

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Model tampilan jilbab yang dihasilin ciput model ini sebenernya mirip sama ciput topi. Bedanya, plastik mika cenderung ngehasilin bentuk lebih bulat daripada ciput topi biasa. Ciput ini biasanya dipake buat acara-acara khusus kayak pesta pernikahan. Selain itu, ciput model ini juga identik sama gaya hijab ibu-ibu pejabat.

 

CIPUT RENDA

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Biasanya ciput renda ini nggak cipake sebagai ciput melainkan sebagai hiasan. Dengan ciput renda, hijabers bisa berkreasi dengan penampilannya, tentu aja dengan memakai hijab lain sebelumnya. Ciput renda ini modelnya transparan, jadi nggak cocok banget kalo dipake sebagai ciput yang fungsinya menjaga dan menutupi rambut.

 

CIPUT SPANDEX

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Ciput berbahan spandex ini mulai populer sejak taun 2010-an. Ciput ini punya dua fungsi sekaligus, sebagai hiasan kreasi hijab sekaligus pengaman rambut. Ciput spandex ini tersedia dalam dua model, bandana dan full head covered. Sampe sekarang, ciput spandex ini masih banyak dipake para hijabers, lho.

 

CIPUT NINJA

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Sejak Hana Tajima ngepopulerin pashmina, ciput ninja pun populer. Ciput ninja bisa bikin penggunanya berkreasi dengan pashmina buat menghasilkan penampilan yang lebih fresh dan boyish. Ciput ninja juga sering jadi pilihan buat jadi inner hijab di acara-acara penting, agar tampilan hijabnya lebih elegan. Buat bisa berkreasi dengan ciput ninja, syaratnya cuma satu: siapin jarum pentul.

 

CIPUT TURBAN KERUT

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Ciput turban cocok dipake di acara-acara penting. Soalnya, ciput ini nggak cocok dipake sama hijabers yang pengen tampil simpel. Ciput model ini populer setelah ciput spandex ngetren. Soalnya, bisa dibilang, ciput turban adalah 'adiknya' ciput spandex yang lebih centil. Setelah ciput turban ngetren, bermunculan juga ciput-ciput spandex lain yang dimodifikasi, yaitu ciput spandex bermotif dan pake manik-manik.

 

CIPUT BANDANA RAJUT

 

TRANSFORMARSI-MODEL-INNER-HIJAB-ALIAS-CIPUT

 

Ciput bandana rajut ini sebenernya udah ada sejak lama, tapi baru nge-hype banget sejak 2017. Ciput model ini punya fungsi yang sama kayak ciput spandex. Bedanya, ciput bandana rajut lebih elastis dan ringan di kepala. Ciput ini bikin penggunanya berasa nggak pake ciput sama sekali. Kalo kita perhatiin, banyak banget selebgram yang ikut ngepopulerin ciput model ini.

 

So, model ciput apa aja nih yang ada di lemarimu?

 

Baca juga:

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
kapanlagi.com, aquila-style.com, hijabenka.com, inspiring.wardahbeauty.com, blog.dianpelangi.com, Instagram @hamidahrachmayanti, @hke57, @ristytagor, @zahratuljannah, @gitasav, @bellmirs
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar