INSPIRASI TURBAN STYLES BUAT HIJABER DAN SEJARAH DI BALIKNYA

June 11, 2018

 INSPIRASI-TURBAN-STYLES-DAN-SEJARAHNYA

 

Hijabers pecinta fashion yang bosen sama tampilan hijab segi empat maupun pashmina, nggak ada salahnya nyoba pake turban. Turban bisa dipadu-padanin sama inner ninja biar nggak keliatan leher, atau pake baju model turtle neck. Selain berfungsi sebagai penutup kepala, turban juga bisa dijadiin aksesori yang ngelengkapin penampilan kita sehari-hari. Apalagi kalo turbannya punya aksen atau motif yang khas. 

 

 

SEJARAH SINGKAT FASHION TURBAN

Dilansir dari elenasdiary.com, sebelum abad 17, turban adalah penutup kepala yang dipake kaum laki-laki di Timur Tengah. Saat itu fungsi turban adalah nutupin rambut yang kadang bikin pemakainya nggak nyaman. Turban baru memasuki bagian dari fashion perempuan sejak abad 18 dan makin populer di abad 20. Desainer yang berjasa mempopulerkan turban ini adalah Paul Poiret, dengan gaya desainnya yang banyak dipengaruhin gaya Timur Tengah. Pada 1930-an, turban jadi ikon fashion buat cewek berpendidikan atau traveler, kayak bintang film terkenal asal Swedia bernama Greta Garbo. Sejak saat itu, turban pun makin jadi spotlight gara-gara sering dipake di acara fashion show, muncul di film, awarding night on TV, dan occasion penting lainnya.

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-BUAT-HIJABER-DAN-SEJARAH-DI-BALIKNYA

Timur Tengah, Greta Garbo, Queen Elizabeth

 

Mulai taun 70an, turban pun beralih fungsinya. Turban nggak lagi dipake buat nutupin rambut, tapi berubah jadi penghias kepala selayaknya topi. Pada 1973, Barbra Streisand ngikutin jejak Garbo pake turban di premier filmnya The Way We Were. Queen Elizabeth II juga sempet muncul ke publik pake turban dalam acara turnya ke Western Isles pada 1996. Mulai 2000, turban dipopulerin lagi sama Jennifer Lopez di MTV Video Music Awards.

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-BUAT-HIJABER-DAN-SEJARAH-DI-BALIKNYA

Barbra, Jenifer Lopez

 

Dari sejarah itu, kita jadi tau kalo turban udah ngelewatin perjalanan panjang di dunia fashion. Itu artinya, turban nggak lagi sekedar ikon budaya atau agama tertentu, tapi udah ngalamin difusi alias penyebaran masif sampe saat ini. Jadi, berhijab atau nggak, kita semua boleh kok pake turban as our accessories or fashion item.

Empat hijabers selebgram ini ngasih kita inspirasi buat tampil fashionable dengan turban. Intip, yuk!

 

AYUDIA BING SLAMET

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-DAN-SEJARAHNYA

 

Akhir-akhir ini Ayudia sering upload gaya berturbannya saat lagi traveling atau manggung. Look yang dia tampilin ngasih kesan casual chic dan tetep monochrome sesuai sama gaya-gaya fashion dia sebelumnya. Warna-warna yang jadii ciri Ayudia nggak jauh dari putih, hitam dan abu-abu. Selain itu, Ayudia juga ngasih inspirasi lain nutupin leher saat lagi nggak pake baju turtle neck maupun inner ninja, yaitu melilitkan syal di leher.

 

TIFFANI AFIFA

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-DAN-SEJARAHNYA

 

YouTuber yang suka cover lagu Korea ini ternyata suka pake turban kalo lagi manggung live. Turban ngasih kebebasan buat Tiffani bergerak dan dance ngikutin artis Korea yang dia cover lagunya. Ciri khas penampilan Tiffani saat berturban ialah anting. Tiffani sering pake anting model hoop, dangle, dan tassel buat menegaskan keseluruhan penampilan edgy-nya.

 

HANA TAJIMA

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-DAN-SEJARAHNYA

 

Siapa sih yang nggak tau trendsetter hijab fashion yang satu ini? Pada beberapa penampilannya, Hana Tajima pake turban sebagai penutup kepala. Sebelumnya, fashion designer keturunan Jepang ini mempopulerkan gaya hijab pashmina yang dililit. Turban yang Hana pake pun merupakan pashmina yang dia gulung dan lilit, bukan turban instan yang populer di kalangan selebgram hijabers akhir-akhir ini.

 

CHIKITA FAWZI

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-DAN-SEJARAHNYA

 

Putri pasangan Ikang Fawzi dan Marrisa Haque ini berprofesi sebagai animator sekaligus musisi indie. Beda sama Ayudia, Tiffani,dan Hana, Chikita ngejadiin turban sebagai trademark penampilannya. Cewek yang akrab dipanggil Chiki ini ngasih inspirasi berturban dengan style look yang colorful dalam segala situasi. Baik buat look yang terkesan sporty, girly, dan casual, Chiki selalu berani nge-mix and match warna yang cukup ngejreng, kayak fuschia, biru tua, dan light orange.

 

YUNA ZARAI

 

INSPIRASI-TURBAN-STYLES-DAN-SEJARAHNYA

 

Penyanyi asal Malaysia ini juga sama kayak Chikita Fawzi dalam ngejadiin turban sebagai fashion trademarknya. Bedanya, Yuna cenderung lebih simpel dalam mengekspresiin overall look-nya, bahkan sampe makeup-nya juga. Yang jadi ciri khas dari penampilan Yuna adalah aksesori yang dia pake. Yuna sering pake anting model loops dan selalu pake aksesori, baik itu kalung maupun cincin.

                                                                                     

Baca Inspirasi Fashion Lainnya di bawah Ini;

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
stylecovered.com, lovelifefestival.com, shopify.com, Instagram @ayudiac, @tiffaniafifa, @chikifawzi
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar