CARA RAWAT SEPATU PUTIH BERBAHAN KANVAS

May 13, 2018

CARA-RAWAT-SEPATU-PUTIH-BERBAHAN-KANVAS

Photo by Hanne Van Oeckel on Unsplash

 

Sepatu putih merupakan salah satu fashion item yang wajib dimiliki karena bisa dipadukan dengan berbagai macam look. Namun, sepatu putih berbahan kanvas memerlukan usaha ekstra agar tetap terlihat bersih dan terawat. Sepatu berbahan kulit akan lebih mudah untuk dibersihkan karena kotoran tidak mudah menyerap. Agar sepatu putih berbahan kanvas tidak mudah kotor, bagaimana cara merawatnya? Simak cara merawat sepatu putih berbahan kanvas di bawah ini!

 

TISU BASAH SEBAGAI PERTOLONGAN PERTAMA

Jika sepatumu terkena noda kecil, jangan langsung panik. Gunakan tisu basah untuk memudarkan noda tersebut. Harus diingat jangan membersihkan dengan gerakan menggosok karena akan membuat noda semakin menyebar. Jadi, tepuk-tepuk dengan lembut dan biarkan noda yang menempel pada sepatumu terserap oleh tisu basah. 


JANGAN LANGSUNG DICUCI!

Sepatu kanvas putih terkena banyak kotoran dan lumpur? Oh no! Kita pasti sudah membayangkan warnanya sudah tidak bisa terselamatkan lagi, kan? Masih bisa! Jadi, saat sepatu kita terkena lumpur, jangan langsung dicuci! Justru biarkan sampai mengering. Setelah kering, tepuk-tepuk sepatu hingga lumpur dan kotoran yang sudah kering itu terlepas dari sepatu kanvas kita. Setelah banyak kotoran yang rontok, bersihkan sisanya dengan kain kering.


JANGAN LUPAKAN BAGIAN DALAM SEPATU

Saat membersihkan sepatu, terkadang bagian dalam sepatu malah terlupakan. Jika bagian dalam sepatu kotor dan tidak pernah dicuci, akan banyak bakteri yang muncul dan dapat menyebabkan bau kaki. Kita pastinya tidak mau hal itu terjadi, kan? Setelah bagian luar sudah bersih, kita bisa menggunakan campuran air dan baking soda. Kemudian sikat dengan lembut, ya. Gerakan menyikat yang keras akan merusak dan mengubah bentuk sepatu kita.

 

BILAS DENGAN AIR HANGAT

Jika seluruh bagian sepatu putihmu sudah bersih, kini saatnya untuk membilas sepatu dari sisa-sisa sabun. Langkah terbaiknya adalah dengan menggunakan air hangat. Dengan air hangat, sela-sela sepatu akan terbuka dan mengeluarkan bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan bau kaki dan juga membuat sisa sabun terangkat.


MASUKKAN KAIN TEBAL

Untuk apa, sih, kain tebal itu? Jadi, sebelum kita  menjemur sepatu, ada baiknya memasukkan kain tebal yang kering ke dalam sepatu. Tujuannya adalah untuk menyerap air dalam sol sepatu dengan sempurna sebelum proses penjemuran.


KERINGKAN SECARA ALAMI

Yup, kita membutuhkan ekstra kesabaran dalam mengeringkan sepatu kanvas. Pastikan saat menjemur kita juga mengekspos bagian dalam sepatu agar kering juga. Hindari sepatu kanvas dari sinar matahari dan udara panas yang ekstrem, seperti udara kipas AC. Keringkan secara alami dengan angin. Jika terpapar oleh panas, maka lem pada sepatu akan terlepas.

Itu dia cara merawat sepatu putih berbahan kanvas. Memang susah-susah gampang dan butuh kesabaran ekstra, sih. Akan tetapi jika sepatu kita bersih, tentu kita akan semakin percaya diri dan stylish!

 

Artikel asli dimuat di www.thread.zalora.co.id

 

You may also want to read:

- PAKE SNEAKERS UNTUK ACARA FORMAL? KENAPA NGGAK!

- HOW TO COMBINE OUR FAVORITE SKIRT WITH SNEAKERS!

GOING TO A WEDDING WITH SNEAKERS? WHY NOT?!

 

Written by Wulandari Natlia - Thread by Zalora
Photo Source:
Photo by Hanne Van Oeckel on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar