JANGAN NGAKU PECINTA 7 TIPE TOPI INI KALO NGGAK TAU SEJARAHNYA

November 14, 2017

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

"Fashion is a kind of communication. It's a language without words. A great hat speaks for itself."

 

 

You can say that hat is an important thing to hype-up your outfit! Tapi, di dunia fashion ada banyak model dan nama topi, lho! Bukan cuma tau cara nge-style-nya, Gogirl! juga mau kasih tau kita sejarah yang ada dibalik masing-masing sejarah topi-topi yang bisa buat kita jadi makin stylish ini!

 

BASEBALL CAP

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Tau nggak sih? Baseball cap memulai eksistensinya dari tahun 1858, lho! Tapi dulu dipake untuk olahraga, seperti namanya, olahraga baseball. Dulu baseball cap dipake di lapangan sama pemain dengan warna yang matching sama baju mereka, ada juga logo sponsor tim dan logo tim mereka. According to a writing by Troy Patterson for The New York Times, baseball cap jadi fashion style karena berkembangnya program olahraga di TV, jadi orang-orang ngikutin deh pake baseball cap. Mungkin karena pengen sama kayak idola baseball player-nya ya?

Here is how you can style baseball cap with your outfit!

 

 

BEANIE

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Di awal abad 20-an, ternyata beanie udah hits! But back then, beanie lebih sering dipake sama anak-anak cowok. Kalo di New Zealand sama Australia, beanie dikenal sebagai topi kupluk yang biasanya dibuat dari benang wol yang tebel, dan biasa dipake waktu musim dingin. Kalo di Inggris, beanie juga dikenal dengan julukan dinky, atau dink, lucu ya?

Here is ways how to wear beanie!

 

 

BERET

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Topi yang jadi ciri khas style orang-orang Paris, Perancis ini udah eksis dari ratusan tahun yang lalu, lho! Cara pembuatan topi yang di Indonesia dikenal dengan sebutan topi baret ini juga ternyata nggak gampang! Secara tradisional, ada banyak tahap yang harus dilaluin, and it takes to days to finish a beret. Mulai dari memintal benang wol sampe jadi bentuk mentah topi baret, terus ada proses felting yang ngebuat topi baret yang mentah jadi menciut dan lebih lembut. Setelah itu ada proses pewarnaan, stretch, dan steam yang ngebuat bentuk topi baret jadi begitu khas. Topi baret yang udah berwarna di-scratch, makanya tekstur velvet topi baret kasar, udah selesai topi baret di kasih finishing touch, deh!

Here is ways to style your beret!

 

 

BOWLER

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Bowler hat was born in England, 1840s. Kalo di Amerika, topi bowler lebih dikenal dengan nama Derby. Ternyata nama Bowler dipake karena nama pembuatnya adalah Thomas dan William Bowlers, pembuat topi untuk Lock & Co of St James’s. Dulu, bowler hat dibuat untuk ngelindungin kepala Edward Coke, the younger brother of the 2nd Earl of Leicester, waktu lagi naik kuda, dari ranting pohon yang bisa kena kepala. Tapi sekarang, bowler hat jadi salah satu fashion item yang keren banget!

Here are outfit ideas that you can do with your bowler hat!

 

 

FEDORA

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Waktu itu, ada drama berjudul Fedora yang ditulis oleh seorang berkebangsaan Perancis bernama Victorien Sardou. Victorien nulis bagian tentang tokoh Princess Fedora yang waktu itu dimainin sama aktris terkenal, Sarah Bernhardt yang selalu make topi yang modelnya sekarang kita kenal dengan nama topi fedora! Setelah itulah topi fedora jadi viral dan jadi fashion piece untuk kita para cewek! Nah, setelah tahun 1924, pangerang Edward dari Inggris mulai deh make fedora yang waktu itu jadi gantinya topi bowler. 

 

NEWSBOY

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Topi ini booming di akhir tahun 1800-an sampe awal tahun 1900-an, nih. Selain newsboy, topi bentuk ini juga punya julukan lain, kayak baker boy, a big apple, an eight panel, a Gatsby, and a Lundberg Stetson. Dari julukannya mungkin beberapa dari kita ngira kalo topi ini biasanya dipake sama tukang koran atau tukang jualan roti, tapi jangan salah, topi model ini dipake sama cowok-cowok dari semua kalangan masyarakat, kok! Setelah itu topi ini jadi populer di kalangan olahragawan dan pemain golf, dan sekarang jadi a fashion piece for all men and women!

Here are ways to style your newsboy hat!

 

 

BUCKET

 

7-TYPES-HISTORIES-AND-HOW-TO-STYLE-HATS!

 

Bucket hat- atau kalo di Indonesia-in jadi topi ember- berasal dari negara Irlandia. Kalo sekarang bucket hat udah sering banget dijual sama banyak fashion brand, dulunya bucket hat ternyata adalah topi buat para nelayan sama petani yang dipake buat ngelindungin mereka dari hujan. Populer di Irlandia, akhirnya ke-viral-an bucket hat sampe ke Inggris dan dipake sama masyarakat Inggris buat jalan-jalan dan mancing. Topi ini terkenal juga karena bisa dilipet dan dimasukin ke kantong, praktis ya?

Here is a lookbook video so we can get the ideas on how to style bucket hat!

 

 

 

Written by Analuna Manullang
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar