VIRAL MOMO CHALLENGE DAN FENOMENA CYBER URBAN LEGEND

August 06, 2018

VIRAL-MOMO-CHALLENGE-DAN-FENOMENA-CYBER-URBAN-LEGEND

 

Akhir-akhir ini kembali beredar challenge berbahaya di internet setelah beberapa waktu lalu viral Kiki challenge atau In My Feelings Challenge. Bedanya, tantangan yang dikenal dengan sebutan Momo challenge ini berbentuk permainan yang dilakukan lewat medium aplikasi chat Whatsapp. Caranya, penantang menghubungi dan berkomunikasi dengan karakter bernama Momo lewat Whatsapp. Sampai di sini masih terdengar normal karena kita jadi teringat dengan Artificial Intelligence chatbot semacam SimSimi. Yang bikin berbahaya adalah, lewat chat ini karakter Momo akan mengirim tantangan secara bertahap yang harus dilakukan oleh si penantang. Dengan mengirim video dan foto-foto kekerasan, karakter Momo melakukan brainwash atau pencucian otak terhadap penantang, sehingga si penantang merasa terancam dan harus menyelesaikan tantangan.

 

Tantangan yang dikirim Momo hampir semua berbahaya, beberapa di antaranya tantangan buat menyakiti diri sendiri dan bahkan ada pula tantangan bunuh diri. Dikutip dari Buenos Aires Times, seorang remaja berusia 12 tahun di Argentina diduga bunuh diri gara-gara Momo challenge ini. Remaja ini bunuh diri dengan cara menggantung dirinya di pohon belakang rumah sambil direkam. Setelah kepolisian Buenos Aires Argentina meretas handphone remaja tersebut buat melihat history chat, dan mengonfirmasi kalo remaja tersebut mendapat dorongan dari seseorang lewat chat untuk melakukan bunuh diri.

Anyway, nomor handphone karakter Momo pada awalnya disebarkan lewat Facebook, yang sebenarnya nggak jelas asal-usulnya. Nomor handphone Momo yang tersebar di media sosial ada tiga. berdasarkan analisis YouTuber ReignBot, ketiganya berasal dari tiga negara berbeda yaitu Jepang, Kolombia, dan Meksiko. Belum ada keterangan sampe sekarang siapa sebenernya orang pertama yang menyebarkan tiga nomor Momo ini. Biar pun banyak berita mengatakan udah banyak orang yang menjalani challenge ini, ternyata banyak juga orang yang nggak mendapat respon sama sekali dari Momo.

Nah, semua nomor karakter Momo memajang gambar yang sama, yakni sosok perempuan menyeramkan berambut panjang dengan mata setengah keluar. ReignBot juga menguak kalo ternyata sosok ini adalah karya seni seorang seniman special effect di Jepang bernama Midori Hayashi. Patung Momo ini pertama kali dipamerkan ke publik di sebuah galeri seni Tokyo pada 2016 lalu. Selain patung ini, Midori juga dikenal sebagai spesialis karya-karya surealis yang banyak terinspirasi dari manga, anime, dan cerita rakyat Jepang.

 

MOMO CHALLENGE BUKAN YANG PERTAMA

Momo challenge bukan fenomena tantangan permainan menantang maut pertama yang populer di internet. Tantangan sejenis pernah rame di internet tahun lalu, yang dikenal dengan nama Blue Whale Challenge. Nama Blue Whale konon dikaitkan sama perilaku paus biru yang secara sengaja mendamparkan diri di sisi laut dan menyebabkan diri mereka mati. Bedanya sama Momo challenge, ‘admin’ Blue Whale challenge memberi 50 permainan untuk diselesaikan selama 50 hari oleh si penantang. Di awal permainan, ‘admin’ memperingatkan terlebih dahulu kepada penantang kalo siapa pun nggak bakal bisa keluar dari permainan ini kalo mereka udah memulainya.

Sekilas permainan tersebut terdengar nggak masuk akal, terutama setelah tersebar berita 150 remaja di Rusia bunuh diri gara-gara challenge ini. Pertanyaannya, emang sesusah itu ya keluar dari permainan ini? Emangnya apa yang bakal terjadi kalo mereka berhenti? Nah, tiap kali penantang berniat keluar dari permainan, si ‘admin’ mengancam telah punya segala data pribadi penanatang dan bakal mendatangi langsung si penantangnya. Creepy, memang. Untungnya, kemudian Radio Free Europe mengabarkan hasil penelusuran mereka tentang kebenaran sebab-akibat 150 remaja bunuh diri tersebut dengan Blue Whale challenge. Ternyata, kejadian bunuh diri massal tersebut nggak ada hubungannya dengan tantangan itu.

Nah, baik Momo chellange maupun Blue Whale challenge memiliki persamaan: sama-sama menggunakan ancaman buat bikin penantangnya terhipnotis sama permainan. Dilansir dari Briolio.net, aktivis dari LSM Safernet Brazil, Rordigo Nejm bilang kalo challenge sejenis ini bisa jadi merupakan umpan yang digunakan penjahat cyber. Tujuannya adalah untuk mengakses data pribadi dan memeras orang lewat internet. Jadi, kalo dalam challenge viral ini penantangnya ketakutan karena merasa diintai oleh karakter Momo maupun admin Blue Whale, itu terjadi semata-mata karena kemampuan sang admin meretas informasi pribadi penantangnya.

 

CYBER URBAN LEGEND DAN PENYEBARANNYA

Gogirl! perhatikan, fenomena Momo challenge ini mengingatkan kita sama penyebaran cerita kejadian nyata menyeramkan yang kemudian jadi urban legend. Ciri-cirinya sama; kejadiannya terasa nggak masuk akal, asal-usulnya nggak jelas, dan diduga memakan korban nyawa. Bedanya, urban legend di masa lalu tersebar dari mulut ke mulut, sementara urban legend masa kini tersebar melalui internet alias dunia cyber. Cukup adil kalo kita sebut Momo challenge sebagai cyber urban legend, bukan?

Coba deh kita ambil contoh urban legend Wewe Gombel yang sempat meresahkan warga pedesaan pada tahun 90-an dan dipopulerkan kembali lewat tayangan TV pada tahun 2000-an. Dalam kisah Wewe Gomel, ada satu tokoh perempuan berpenampilan menyeramkan yang suka menculik anak-anak setiap petang tiba. Itulah kenapa, saat itu banyak orang tua yang ketakutan dan melarang anak-anaknya keluar rumah di malam hari. Ketika muncul kejadian anak hilang, nggak sedikit orang yang mengait-ngaitkannya dengan legenda Wewe Gombel ini. Padahal, belum tentu keduanya berkaitan, bukan?

Begitu pula dengan Momo challenge. Entah siapa orang pertama yang menyebarkan pengalamannya ikut Momo challenge sehingga menjadi viral dan mengundang orang lain ikut menjalani tantangan tersebut. Dari cerita orang pertama inilah kemudian kita tahu kalo sosok Momo ini terkesan mistis dan horor, dan sisi mistis inilah yang mengundang rasa penasaran. Dan karena sekarang netizen lebih senang dengan konten visual, muncullah konten-konten video berisi pengalaman Momo challenge di YouTube. Dari semua konten berisi pengalaman Momo challenge ini, netizen nggak pernah tahu mana yang asli dan mana yang settingan, bukan? Di samping itu, kita juga nggak pernah tahu siapa orang pertama yang menyebarkan cerita pengalaman ikut Momo challenge. Bisa jadi malah orang yang membuat Momo challenge itu sendiri, bukan?

Simpulannya, ada dua hal yang bisa kita pelajari dari challenge semacam ini. Pertama, tentu kita jangan mudah terpengaruh tren yang berbahaya. Cukup tahu aja fenomenanya, jangan tertarik untuk mencoba karena bisa mengundang orang buat meretas data pribadi kita. Kedua, jangan langsung percaya pada berita negatif yang dikait-kaitkan dengan challenge tersebut, apalagi sebelum ada pernyataan resmi pihak berwajib yang dikeluarkan oleh situs berita terpercaya. Berita tentang keterkaitan bunuh dirinya 150 remaja Rusia dengan Blue Whale challenge, contohnya.

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
gadgetguy.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar