THE UNIT VS MIX NINE, APA BEDANYA DUA SURVIVAL SHOW INI?

November 13, 2017

THE-UNIT-VS-MIX-NINE-APA-BEDANYA-DUA-SURVIVAL-SHOW-INI?

 

Setelah season 1 dan 2 “Produce 101” yang ditayangin di Mnet sukses besar, konsep survival show buat ngebentuk k-pop idol group dari berbagai agensi mulai dicontek oleh channel TV lain. “The Unit” yang ditayangin di KBS dan “Mix Nine” yang ditayangin di JTBC adalah dua di antaranya yang lagi on going saat ini. Dua acara ini sering banget dibanding-bandingin karena waktu tayangnya yang bareng dan konsepnya yang sama-sama dibilang mirip “Produce 101”, padahal sebenernya masing-masing survival show punya keunikan sendiri yang ngebedainnya dari satu sama lain. Apa aja tuh perbedannya? Yuk simak!

 

 

1. DEBUTED IDOL VS TRAINEE

 

THE-UNIT-VS-MIX-NINE-APA-BEDANYA-DUA-SURVIVAL-SHOW-INI?

 

Beda dari “Produce 101” yang tujuannya ngepromosiin trainee yang belum debut,  konsep “The Unit” adalah ngasih kesempatan kedua buat para idol yang udah pernah debut tapi dianggap nggak sukses. Makannya acara ini disebut sebagai idol rebooting project. Para pesertanya kayak member U-Kiss, Big Star, Boyfriend, Spica, dan Laboum  mutusin untuk ikut acara ini dengan harapan bisa lebih populer karena ternyata banyak di antara mereka yang nggak dikenal orang walaupun udah berkarier di dunia musik selama bertahun-tahun.

Sedangkan “Mix Nine” adalah projek khusus yang dibuat oleh Yang Hyun Suk,  CEO YG Entertainment, untuk nemuin trainee berbakat dari berbagai agensi yang dia datengin sendiri. Walaupun nyatanya ada juga beberapa member grup yang udah debut kayak KNK , Snuper, dan Dreamcatcher ikutan acara ini.

 

2. THE AUDITION

 

THE-UNIT-VS-MIX-NINE-APA-BEDANYA-DUA-SURVIVAL-SHOW-INI?

 

Audisi “The Unit” diadain di studio, di mana para pesertanya harus tampil di depan para juri dan penonton. Mereka dianggap lolos audisi ketika 90% penonton nge-vote buat mereka, atau disebut sebagai super boot. Ketika peserta nggak berhasil ngedapetin super boot, para mentor lah yang bisa nentuin lolos atau nggaknya mereka.  

Sedangkan audisi “Mix Nine” diadain dengan cara yang sedikit unik. Yang Hyun Suk dateng ke tiap-tiap agensi dengan mobil pribadinya yang diikuti oleh sebuah van dan bus. Bosnya para member Big Bang ini kemudian bakal milih trainee mana aja dari setiap agensi yang pengen dia latih. Mereka bakal dikategorikan ke dua tim, yaitu tim training yang bakal disuruh naik ke bus dan tim debut yang bakal disuruh naik ke van.

 

3. THE MENTORS

 

THE-UNIT-VS-MIX-NINE-APA-BEDANYA-DUA-SURVIVAL-SHOW-INI?

 

Salah satu hal yang bikin kedua survival show ini banyak dapet sorotan adalah line up mentornya yang keren-keren. “The Unit” sendiri dipandu oleh Rain, salah satu soloist k-pop tersukses, yang bakal ditemenin oleh Taemin SHINee, Hyuna, San E, Hwang Chi Yeol, dan Jo Hyun Ah Urban Zakapa. Sedangkan mereka yang dikabarin bakal jadi mentor “Mix Nine” di antaranya adalah Suran dan Swings. Yang Hyun Suk juga ditemenin oleh artis-artis YG lain kayak CL, Jennie Black Pink, Taeyang, dan Seungri Big Bang.

 

4. THE FINAL LINE UP

 

THE-UNIT-VS-MIX-NINE-APA-BEDANYA-DUA-SURVIVAL-SHOW-INI?

 

Kalau “Produce 101” pada akhirnya milih 11 dari 101 trainee untuk didebutin sebagai bagian dari sebuah project group (I.O.I di season 1 dan Wanna One di season 2), baik “The Unit” maupun “Mix Nine” bakal ngedebutin dua project group yang terdiri dari tim cowok dan tim cewek.  Dari ratusan kontestan yang ngikutin audisi kedua survival show ini, “The Unit” pada akhirnya bakal milih 10 cowok dan 10 cewek  sedangkan “Mix Nine” bakal milih 9 cowok dan 9 cewek.

 

Survival show mana yang kamu tonton di antara dua ini guys? Kalo dua-duanya, konsep acara mana yang lebih kamu suka? Let us know on the comment section below!

 

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar