SELEB DUNIA BICARA ISU PERDAGANGAN ANJING DI INDONESIA

May 23, 2018

SELEB-DUNIA-BICARA-ISU-PERDAGANGAN-ANJING-DI-INDONESIA

Photo by DMFI

 

It’s 2018, tapi kekerasan terhadap hewan masih aja terjadi. Baru-baru ini isu tindakan brutal terhadap anjing di Indonesia semakin menglobal dengan ramenya gerakan Dog Meat Free Indonesia (DMFI) yang nggak cuma jadi perhatian masyarakat tanah air, tapi juga mancanegara. Dikutip dari CNN Indonesia, selebriti (seleb) internasional sekelas Cameron Diaz, Ellen DeGeneres, Simon Cowell, Pierce Brosnan, Kate Beckinsale, dan Ricky Gervais bahkan ikut menandatangani surat terbuka DMFI yang bertujuan mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mengambil tindakan. Well, seserius apa sih isu ini? Kalo kamu belum tau, then you should probably read this.

 

 

I don’t know,” kata Ricky Gervais, Peter Egen, Chelsea Islan, Sophia Latjuba, dan beberapa seleb lain setelah menonton hasil video investigasi DMFI di sebuah pasar di Sulawesi Selatan. Mereka sama-sekali nggak percaya dengan apa yang baru aja mereka liat. Kita juga bisa menyakikan sendiri betapa kasarnya para anjing yang tertangkap oleh oknum-oknum nggak bertanggung jawab tersebut diperlakukan sebelum akhirnya dibunuh dan diperdagangkan. Sedihnya lagi, selain anjing-anjing liar yang ditangkep di jalanan, beberapa di antara mereka juga merupakan anjing yang dicuri dari keluarga yang memeliharanya. Duh, sedih banget ya. Peringatan: deskripsi teks, foto, dan video di artikel ini mungkin membuat kamu nggak nyaman.


Seperti yang digambarkan dalam video di atas, anjing-anjing yang menjadi korban diikat moncongnya dengan tali biar nggak menggonggong, dikurung di dalem kandang/karung, lalu dibawa dalam perjalanan jauh menggunakan motor/truk untuk dijual secara ilegal. Berdasarkan deskripsi lebih lanjut dari DMFI (nggak digambarkan dalam video), banyak di antara mereka yang pada akhirnya mati karena lemas, dehidrasi, atau heatstroke bahkan sebelum mencapai tempat tujuan. Para anjing yang berhasil hidup pun kemudian harus menyaksikan temen-temennya dibunuh secara brutal di rumah jagal sembari menunggu giliran mereka. Sangking kejamnya, Gogirl! bahkan nggak bisa menggambarkan metode yang mereka gunakan dan memuat bukti-bukti fotonya di sini.

 

BERBAHAYA BUAT ANJING DAN MANUSIA

The World Health Organization (WHO) has stated that the trade in dogs contributes to the transmission of rabies in Indonesia. Whilst less than 7% of the entire population of Indonesia consumes dog meat; the dog meat trade threatens the health & safety of 100% of the population! - #dogmeatfreeindonesia #DMFI #dogsarenotfood #indonesiabebasrabies2020 #dogsarefamily #againstanimalcruelty #jakarta #indonesia #mediaindonesia #dogsarefamily #changeforanimals #doglovers #notodogmeat #enddogmeattrade #HeroDMFI

A post shared by Dog Meat Free Indonesia (@dogmeatfreeindonesia) on

 

Berdasarkan data DMFI, terdapat sekitar 1.000.000 anjing dibunuh setiap tahunnya demi memenuhi permintaan daging anjing di seluruh wilayah Indonesia.  Padahal praktik brutal ini nggak cuma menyiksa hewan yang nggak berdosa, tapi juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius buat masyarakat – terutama dalam bentuk penyebaran rabies. Perdagangan anjing ilegal bahkan udah secara eksplisit disorot oleh World Health Organization (WHO) sebagai penyebar virus yang satu ini. Selain karena jual-belinya pasti melanggar rekomendasi pengendalian rabies yang dikeluarkan oleh para pakar, kondisi tempat pemotongan hewan yang nggak sehat dan status kesehatan anjing yang nggak jelas juga menjadi perhatian utama.

 

“NOW THAT YOU KNOW, PLEASE MAKE YOUR VOICE HEARD”

SELEB-DUNIA-BICARA-ISU-PERDAGANGAN-ANJING-DI-INDONESIA

 

Seperti para seleb yang muncul di video di atas, mungkin sebelumnya kita nggak tau kalo hal sekejam ini ada dan nyata  terjadi di Indonesia, ya nggak? Tapi sekarang setelah mengetahuinya, masa sih kita tega buat diem aja, apalagi ini terjadi di negara kita sendiri? Terus, apa dong yang bisa kita lakukan buat membantu mereka?

Selain menyebarkan awareness dengan menginformasikan berita ini ke orang-orang terdekat kita yang belum tau, kita juga bisa ikut menandatangani petisi yang diinisiasi oleh DMFI. Seperti udah disebut secara sekilas di atas, surat terbuka tersebut dibuat dengan tujuan mendesak Pak Jokowi untuk segera mengakhiri pedagangan daging anjing yang kejam dan ilegal. Terakhir Gogirl! cek, udah ada 784,801 orang yang ikut ‘menyurati’ presiden kita lewat petisi ini. Selain seleb-seleb internasional yang udah disebut di atas, seleb Indonesia kayak Afgansyah Reza, Anggun C. Sasmi, Ariel ‘Noah’, Melanie Subono, dan Rossa jug ikut mendukung kampanye ini. Kamu juga bisa dengan mudah ikut menandatangi petisi DMFI di sini.

SAY NO TO DOG AND CAT MEAT!

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
DMFI
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar