ISU SEBAR FOTO ORANG ASING LEWAT KASUS 'PLANE BAE'

July 10, 2018

ISU-SEBAR-FOTO-ORANG-ASING-LEWAT-KASUS-PLANE-BAE

 

 

Menyebarkan cerita panjang di media sosial lagi ngetren banget akhir-akhir ini, nggak terkecuali di mata aktris dan dan fotografer Rosey Blair. Blair menyebarkan sebuah cerita romantis lewat Instastory dan thread Twitter tentang pasangan cantik dan tampan yang bertemu di pesawat. Awalnya Blair menyebarkan cerita ini lewat Instastories yang kemudian mengundang komentar banyak orang. Merasa butuh membagikannya pada lebih banyak orang, ia pun membuat thread di Twitter dari kumpulan foto stories-nya. Sampai saat ini, thread cerita ‘pasangan pesawat’ yang dia buat udah disukai sama lebih dari 900 ribu pengguna Twitter dan di-retweet lebih dari 370 ribu kali. Cerita ini viral dengan hashtag #PlaneBae dan #CatchingFlightsANDFeelings.

 

Blair bercerita, pertemuan pasangan ini bermula ketika dia meminta seorang perempuan bergantian tempat duduk dengannya. Dia sedang bepergian dengan sang pacar Houston Hardaway, tapi sayangnya nggak dapet tempat duduk bersebelahan. Itulah kenapa dia meminta perempuan ini bergantian kursi, supaya dia bisa duduk di dekat Hardaway. Dia lalu bercanda sama Hardaway, mungkin aja di kursi barunya dia bersebelahan sama seseorang yang bakal jadi pasangannya. Siapa sangka, ternyata perempuan ini bersebelahan sama cowok tampan tanpa cincin kawin di jari manisnya. Dia adalah seorang cowok single yang kemudian membeberkan identitas dirinya sebagai Euan Holden.

 


Cewek itu mulai mengobrol dengan Holden, dan dari situlah instastories dan thread panjang Blair dimulai. Blair menceritakan apa-apa aja yang diobrolkan oleh kedua orang itu, termasuk info soal pekerjaan dan status hubungan mereka masing-masing. Itulah kenapa netizen sampe tahu keduanya masih single dan nge-ship berat ‘pasangan pesawat’ ini. Blair pun menceritakan dengan detail gimana proses mereka saling kasih kode pake sikut, sampe lama-kelamaan merasa saling nyaman dan saling mendempetkan lengan masing-masing. Di klimaks cerita, Blair bilang kalo mereka berdua pergi ke toilet dalam waktu yang bersamaan, sehingga keduanya dicurigai melakukan ‘sesuatu’ berduaan di toilet. Akhirnya, mereka jalan keluar pesawaat barengan dan terlihat semakin akrab.

 

PENCARIAN IDENTITAS ‘PASANGAN BARU’ HOLDEN

Buat memberi netizen lanjutan cerita tentang ‘pasangan pesawat’, Blair membeberkan media sosial Euan Holden supaya netizen tahu setampan apa sosok #PlaneBae ini. Holden mengizinkan Blair membeberkan identitasnya, bahkan dia menikmati keterkenalannya pasca cerita tentang ‘pasangan pesawat’ ini. Setelah cerita ‘pasangan pesawat’ jadi sorotan media massa, Holden hadir sebagai pembicara di ‘Today Show’ dan ‘Good Morning America’. Dia bahkan menyematkan nama panggilan ‘Plane Bae’ di bio Twitter dan Instagramnya.

Kebalikan dari Holden, cewek dalam cerita ‘pasangan pesawat’ ini masih menyembunyikan identitasnya. Beere dan Hardaway bilang, sampe cerita ini tersebar luas, sang perempuan belum memberi izin apa pun. Holden pun membuat pernyataan lewat video yang dia upload ke Twitter kalo dia mengharapkan netizen menghargai privasi perempuan tersebut. Sayangnya, di videonya ini Holden nggak sengaja menyebut nama perempuan itu.

 


Siapa sangka penyebutan nama perempuan ini malah berakhir pencarian para netizen terhadap keberadaan si perempuan. Para netizen jadi makin penasaran sama perempuan ini, mencari Instagram dan akun Twitter mereka demi bisa tahu seperti apa wajahnya. Beberapa netizen berhasil mendapatkan akun media sosial perempuan ini, tapi kemudian akun tersebut dinonaktifkan oleh pemiliknya. Menurut laporan beberapa netizen, perempuan ini menonaktifkan akun medsosnya karena privasinya terganggu dan dia merasa nggak nyaman sama komentar negatif dari netizen.

 

 

KRITIK NETIZEN YANG SEBUT BLAIR NGGAK PAHAM ETIKA PRIVASI

Setelah banyak netizen yang melaporkan apa yang terjadi pada perempuan itu setelah privasinya terungkap oleh beberapa netizen, cerita ‘pasangan pesawat’ pun mendapat kritikan. Blair sebagai pihak yang menyebarkan cerita dinilai nggak bijak karena memperlakukan manusia lain sebagai objek yang bisa ditonton di media sosial. Beberapa netizen yang awalnya mengikuti dan menganggap cerita ini manis juga ikut sadar kalo apa yang dilakukan Blair melanggar etika karena nggak menghargai privasi orang lain. Kritik terhadap Blair bahkan ikut diungkapkan oleh host dalam program siaran AM to DM by Buzzfeed News.

 


Nggak cuma soal etika privasi, kritik terhadap tersebarnya cerita ini juga menyinggung soal kesetaraan gender. Beberapa netizen menganggap adanya kecenderungan keberpihakan pada laki-laki, soalnya cuma Holden yang mendapat sorotan positif sementara si perempuan lebih banyak menerima efek negatif. Netizen mengkritik ungkapan-ungkapan yang menyebutkan kalo si perempuan ‘beruntung banget’ bisa ketemu laki-laki tampan seperti Holden di pesawat. Karena ungkapan-ungkapan ini, netizen-netizen perempuan lain jadi mengharapkan hal serupa, yakni bertemu dengan laki-laki ganteng di pesawat dan jatuh cinta. Ungkapan ini pula yang membuat media massa menyoroti sosok Holden habis-habisan.

 


Sebagai respon terhadap kritikan yang diterimanya, Blair meminta maaf pada netizen lewat posting-an Instagram. Blair menulis caption panjang pada foto yang dia unggah pada Jumat (6/7) lalu. Dia bilang, sebenernya dia nggak bermaksud buruk dan nggak menyangka kalo apa yang dia lakukan bisa berdampak negatif buat pihak perempuan dalam ceritanya. Dia cuma berniat menyebarkan cerita positif soal pertemuan cinta yang bisa terjadi kapan aja dan di mana aja. Pada awalnya, dia berharap cerita yang dia bagikan itu bisa menginspirasi banyak orang buat lebih aware sama sekitarnya, sebab nggak ada yang tahu jodoh itu datang dari mana.

 

 

????My name is Rosey. Kinda funny now that it rhymes with Nosey. I love love. Earnestly. My favorite film is You’ve Got Mail (or easily any other of the Nora Ephron hits) and I believe in the possibility of magic in the minutiae of everyday life. Because of this belief, I wear a great deal of many hats. Blogger, writer, actor, photographer and now I suppose, some strange variety of journalist. I saw a story unfolding in front of my eyes recently and it filled me with the hope of possibility. A lot of people dismiss the idea of love at first sight because it’s a little schmaltzy, silly and perhaps cliche. My perspective is this: open your eyes up to possibility and you may see it all around you. One of my favorite life mantras when struck with the thought of “why is this happening to me” is to instead consider asking yourself “why is this happening FOR me”. It’s going to be strange to continue on the story of myself I’ve been documenting on my own social media and but I’ll try to do it a little for you today. I am a plus size woman and for years I believed dating and love were experiences that simply wouldn’t happen for me. I was proved wrong. I had (and very truthfully still have) quite a few chips on my shoulder but experiencing a love free from judgement has changed my life. This love came from myself and also my beautiful boyfriend. I hope that many of you are inspired by the story I shared. Sharing this story has also made me reconsider some of the thoughts of negativity I too have been guilty of putting out into the world. If you have been feeling low, I hope you are reinvigorated to serve yourself and those around you some much needed cheerfulness. I’ll be attempting to do the same. If you need me for some laughs, and some inspiration - I’ll be here doing my silly thing. ?????? by @lydiahudgens

A post shared by Rosey ?? (@roseybeeme) on

 

Dari cerita viral ini Gogirl! menyimpulkan, kita harus ekstra hati-hati dalam menyebarkan cerita nyata lewat media sosial, terutama kalau di dalamnya memuat foto orang asing. Niat kita bisa aja baik, tapi dampak yang dihasilkan dari cerita yang kita bagikan bisa jadi malah berkebalikan. Sebagai media yang juga menggunakan media digital, Gogirl! paham betul kalo media sosial sekarang jadi tempat yang asik banget buat ber-storytelling. Cuma, kita harus lebih berhati-hati dalam menyebarkan foto orang asing. Perlu dicatat dengan baik, jangan menyebarkan foto orang asing tanpa izin orang tersebut, sebab kita nggak pernah bisa memprediksi kalo-kalo ada pihak nggak bertanggung jawab yang menyalahgunakannya. Kalo kita tetep pengen sharing cerita nyata di media sosial, cobalah unggah tanpa foto orang lain atau cukup menggunakan gambar ilustrasi. Sebab sejatinya, nggak ada yang salah kok dengan membagikan cerita nyata selama cerita itu lebih banyak manfaatnya daripada dampak negatifnya!

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
iStock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar