BU SRI MULYANI JADI MENTERI TERBAIK VERSI WORLD GOVERNMENT SUMMIT

February 12, 2018

BU-SRI-MULYANI-RAIH-PENGHARGAAN-MENTERI-TERBAIK-VERSI-WORLD-GOVERNMENT-SUMMIT

sumber foto: straitstimes.com

 

Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) Bu Sri Mulyani Indrawati berhasil meraih penghargaan Menteri Terbaik Dunia di World Government Summit tahun ini. Acara ini diselenggarain di Dubai, Uni Emirat Arab sejak 11 sampe 13 Februari besok. Penghargaan yang diterima sama Bu Sri Mulyani diberikan langsung sama Pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

 

 

“Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonimi,” kata Bu Sri dalam sambutannya, dikutip dari Kompas.com.

World Government Summit sendiri diselengarain setiap tahun sejak 6 tahun lalu. Tujuan dari acara ini adalah mempertemukan pemimpin-pemimpin negara di seluruh dunia dalam sebuah forum dialog. Dalam forum ini, para pemimpin membicarakan soal permasalahan-permasalahan dunia di bidang politik, ekonomi, sosial, teknologi, dan budaya. Acara ini dihadirin sama lebih dari 90 pembicara dari 150 negara dengan peserta lebih dari 4000 orang.

Acara ini disiarin secara live setiap harinya, dan bisa nonton di sini:

 

 

PERAN DAN PRESTASI BU SRI MULYANI BUAT INDONESIA DAN DUNIA

 

BU-SRI-MULYANI-RAIH-PENGHARGAAN-MENTERI-TERBAIK-VERSI-WORLD-GOVERNMENT-SUMMIT

sumber foto: amazonswatchmagazine.com

 

Selain jadi Menteri Terbaik Dunia, prestasi Bu Sri Mulyani juga membanggakan banget. Pada 2016, beliau sempet terpilih jadi perempuan ke-38 paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Dalam penghargaan yang sama, di 2013 beliau meraih peringkat ke-55, di 2012 ada di peringkat ke-72, dan di 2008 ada di peringkat ke-27.

Selain di majalah Forbes, Bu Sri Mulyani juga dinobatin jadi Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi Majalah Hongkong Finance Asia pada 2017. Majalah Emerging Market juga memberi penghargaan yang sama ke beliau tiga kali berturut-turut pada 2006 sampe 2008. Euromoney juga menobatkan beliau dengan penghargaan serupa pada 2006. Selain itu, pada 2017 beliau masuk ke jajaran orang Indonesia paling berpengaruh versi Globe Asia.

Bu Sri Mulyani sendiri menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak Presiden Joko Widodo diangkat pada 2016. Pada masa jabatannya, beliau dianggap mampu memperbaiki sistem perpajakan Indonesia lewat program tax amnesty, karena realisasi pembayaran tebusannya jauh melebihi proyeksi Bank Indonesia (BI). Beliau juga sempat jadi sorotan karena berhasil menagih pajak ke perusahaan raksasa Google sama Facebook.

Sebelumnya, Bu Sri juga ditunjuk jadi Menteri Keuangan pada era Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada masa jabatannya di tahun 2007, Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6,6%, pertumbuhan tertinggi sejak krisis ekonomi pada 1997. Pada masa jabatannya juga, cadangan valuta asing negara mencapai nilai tertinggi yaitu $5 milyar. Selain itu, beliau juga membuat utang negara berkurang dari 60% jadi 30% dari Gross Domestic Product (GDP), alias total nilai produksi barang dan jasa negara.

Pas Pak SBY kembali menjabat sebagai presiden pada 2009, Bu Sri ditunjuk lagi sebagai Menteri Keuangan RI. Lagi-lagi Bu Sri membuat perokoniman Indonesia tumbuh, kali ini sebesar 4,5%. Waktu itu, Indonesia jadi salah satu dari tiga negara di samping India dan Tiongkok yang pertumbuhan ekonominya di atas 4%. Penerimaan pajak pun ikut tumbuh sebesar 20% setiap tahunnya, dan pada 2010 mencapai lebih dari Rp600 milyar.

Di masa jabatannya yang kedua ini Bu Sri Mulyani nggak menyelesaikan amanatnya sebagai Menteri Keuangan. Beliau mengundurkan diri pada 2010, kemudian ditunjuk jadi salah satu satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia. Dalam posisi ini, beliau harus mengatur dan bertugas atas 74 negara di Amerika Serikat, Karibia, Asia Timur dan Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Pengunduran beliau berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. Saat itu, stock exchange Indonesia turun sampe 3,8% dan nilai rupiah juga turun hampir 1% dibandingkan dolar. Hal itu menandakan kalo pengaruh beliau kuat banget buat perekonomian negara kita.

So, siap kan menyandang gelar perempuan paling berpengaruh di dunia menyusul Bu Sri Mulyani beberapa tahun mendatang?

 

Baca juga:

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar