BERSIAP HADAPI LEDAKAN PARIWISATA DI ASIAN GAMES NANTI

May 15, 2018

BERSIAP-HADAPI-LEDAKAN-PARIWISATA-DI-ASIAN-GAMES-NANTI

Sumber foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

 

Pada 18 Agustus – 2 September nanti, kompetisi olahraga terbesar se-Asia tahun ini bakal diselenggarain di Palembang dan Jakarta. Berarti, tinggal sekitar tiga bulan lagi menuju waktu pelaksanaan. Nantinya kompetisi ini bakal diikuti oleh 45 negara-negara di Asia. Itu artinya, Jakarta dan Palembang nggak cuma akan dipadati sama ribuan atlet, tapi juga kontingen official, dan supporter mancanegara. Nggak bisa dipungkiri, kedatangan mereka nggak cuma meramaikan pagelaran akbar Asian Games itu sendiri, tapi juga pariwisata Indonesia. Mereka tentu nggak cuma dateng ke negera kita buat nonton kompetisi olahraga, tapi juga pergi berwisata.

 

Buat menyambut event besar ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI udah menyiapkan 75 paket wisata, yang diumumkan lewat official Facebooknya pada Senin (14/5) kemarin. Lokasi wisata utama yang bakal dipasarin ada tujuh, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali. Promosi wisata ini sebenernya udah dilakuin sejak 100 hari sebelum penyelenggaraan, tentu aja dengan mencantumkan logo official Asian Games pada setiap materi promosi.

Nah, dari tujuh destinasi itu, DKI Jakarta diprediskikan bakal mendatangkan 97.500 penonton dengan 13.000 wisman (atlet, official, dan media), Jawa Barat bakal mendatangkan 15.000 penonton dengan 1.000 wisman, Sumatera Selatan bakal mendatangkan 30.000 penonton dengan 4.000 wisman, Jawa Tengah bakal mendatangkan 286 penonton dengan 76 wisman, Yogyakarta bakal mendatangkan 286 penonton dengan 76 wisman, dan Banyuwangi bakal mendatangkan 57 penonton dengan 15 wisman. Sementara itu, Bali diproyeksikan bakal mendatangkan 6.870 penonton dengan 1832 wisman.

Sementara itu, menurut data International Asian Games Organizing Committee (INASDOC), pagelaran ini diprediksikan bakal mendatangkan 15.000 atlet dan official, 30.000 voulunteer dan workforce, 5.000 media, dan 150.000 wisatawan mancanegara. Prediksi terbaru ini sedikit beda sama target INASDOC yang diluncurkan per 3 Mei 2018, yaitu dihadiri 170.000 orang turis mancanegara dengan uraian 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 media, dan 150.000 penonton.

BERSIAP-HADAPI-LEDAKAN-PARIWISATA-DI-ASIAN-GAMES-NANTI

Sumber foto:asiangames2018.id

 

Soal pendapatan devisa dari wisatawan mancanegara, target Kemenpar RI cukup tinggi, yaitu USD 1.200 per kepala, dikalikan 150.000 berarti USD 180 juta. Sementara itu, target devisa diproyeksikan USD 2.500 per kepala, dikalikan 20.000 totalnya jadi USD 50 juta. Kalo dijumlahkan, semuanya diproyeksikan mencapai USD 230 juta, atau sekitar Rp3 triliun! Wow, jumlah yang fantastis banget!

Nggak cuma itu, nantinya di kompetisi akbar ini juga bakal melibatkan banyak banget usaha kecil menengah (UKM). Kalo kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno soal keterlibatan UKM di Jakarta, “Yang paling penting bagi warga Jakarta dari Asian Games, adalah penciptaan lapangan kerja. Karena, 20.000 UKM akan dilibatkan dalam Asian Games.” Selain itu, nantinya lokasi penyelenggaraan Asian Games di Jakarta (Stadion Gelora Bung Karno) bakal terus diberdayakan setelah Asian Games berakhir, dan dikelola dengan cara Public Private Partnership. Nggak cuma jadi tempat olahraga sehari-hari dan penyelenggaraan event olahraga, stadion ini juga bakal dimanfaatkan buat event musik internasional bahkan sampe acara pernikahan.

Well, yuk kita juga siap-siap menghadapi ramainya Asian Games mendatang. Ekspektasi atas kedatangan turis, penonton, dan official bukan cuma bakal meramaikan pariwisata,  tapi juga bakal meramaikan jalanan di 7 kota tersebut. Persiapkan kemungkinan jalanan macet, bertambah padatnya penumpang kendaraan umum, sama berubahnya kota jadi miniatur penduduk Asia dalam sejenak. Eits, khusus kemungkinan terakhir, kita bisa manfaatin buat nambah pengalaman positif, lho! Contoh pengalaman positif yang Gogirl! saranin di antaranya:

  • Jadi voulunteer Asian Games buat menambah jaringan dan memperluas pergaulan. Pendaftaran udah ditutup April lalu, so Gogirl! ucapin selamat buat yang udah daftar dan kepilih!
  • Datang sebagai supporter, bisa jadi sarana liburan sekaligus hiburan sejenak. Kalo niat produktif, manfaatkan event ini buat asah skill fotografi dan blogging.
  • Tawarkan homestay buat para turis mancanegara, bisa secara pribadi, lewat media sosial, atau ikut komunitas couchsurfing. Nambah jaringan pertemanan internasional deh, lumayan kan?

Anyway, udah pada liat lokasi penyelenggaraan Asian Games nanti, belum? Gogirl! sendiri baru mengunjungi lokasi penyelenggaraan yang ada di Jakarta, yaitu Stadion Gelora Bung Karno. Buat yang tinggal di Jakarta, mungkin tampilan baru stadion ini udah nggak asing lagi. Tapi buat yang tinggal di luar Jakarta dan belum tau kayak gimana lokasinya, tonton video Gogirl! di bawah ini!

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga, asiangames2018.id
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar