HERE ARE THE REASONS WHY TEENAGERS CAN’T DIET!

August 25, 2016

teen-diet

Menurut penelitian, sebanyak 3000 remaja berumur 13-14 tahun ngelakuin diet buat nurunin berat badan. Sadly, they do it when their weight is completely normal, akibatnya mereka ngerasa nggak bahagia dan depresi soal badan mereka secara emosional.

Kebanyak remaja sekarang diet karena pengaruh luar kaya top model, because they thought that slim body is perfect! Well, it’s not. Slim is not that perfect. Beberapa orang punya persepsi yang berbeda soal diet. Sebenernya, diet mengacu pada jumlah makanan yang kita konsumsi dalam sehari, sebulan, setahun atau selamanya. Makanan yang dikonsumsi pun bisa apa aja, sehari kita makan kue pun kita udah ngelakuin diet. Tapi, diet seperti apa nih yang tergolong sehat dan baik untuk tubuh terutama untuk remaja kayak kita?

teen-diet

Diet berarti juga mengonsumsi makanan yang terdiri dari Karbohidrat, Protein, Serat dan Lemak. Keempat nutrisi ini harus ada lho dalam makanan kita. Sayangnya, kebanyakan dari kita nggak merhatiin hal sepenting ini. Menurut kita “Diet is when you don’t eat much!” dan ternyata sama sekali nggak sehat dan berakibat buruk lainnya saking terlalu ekstrim. Padahal dalam sepiring dengan porsi yang lengkap, bikin kita lebih sehat dan bisa ngejaga pola makan kita dengan baik. And, here’s why we can't do the wrong diets!

 

OUR HEALTH IS NUMBER ONE

teen-diet

Tubuh kita sebagai remaja masih ngebutuhin asupan nutrisi yang seimbang, nggak lebih dan nggak kurang. Tubuh kita juga masih rentan terhadap penyakit, inilah kenapa nutrisi sangat diperlukan tubuh loh. Kalo kita diet cuma buat nurunin berat badan, kita bakal fokus sama jumlah makanan yang kita konsumsi dan bukan apa yang kita konsumsi which is include carbs, protein, fat and fiber. Dan kalo kita fokus sama jumlah yang kita konsumsi, kita bakal mengurangi porsi bahkan nggak makan sama sekali which is not good for our health. Karena yang langsing belum tentu sehat lho, girls!

 

WE NEED ENERGY

teen-diet

Masa-masa remaja lagi aktif-aktifnya nih. Sekolah, hangout, esktrakulikuler, les, hobi dan lain-lain. Bayangin aja berapa banyak energi yang kita butuhin dalam sehari? Banyak! Gunanya buat ngejaga tubuh kita tetap sehat dan kita jadi lebih bersemangat. Apa yang terjadi kalo kita diet ngurangin jumlah makanan? Pastinya nggak banyak energi yang masuk ke dalam tubuh kita. Makanya kenapa kita jadi lebih sering capek, ngantuk, nggak fokus dan suka tidur di kelas. Tipsnya adalah, jangan pernah skip sarapan ya. Sarapan penting banget buat bikin kita berenergi seharian, dan sarapan yang baik adalah sarapan dengan porsi besar atau setara 700 kalori per hari.

 

OUR BODY IS FINE

Most teenager diet for loosing weight, in fact their weight is just fine. Yang menyebabkan remaja ngelakuin diet adalah lingkungan sekitar. We’re influenced by slim, white, perfect public figure, itulah kenapa kita nyobain diet yang ekstrim biar terlihat sama seperti mereka. Padahal kita sendiri nggak tau kan apakah itu baik untuk tubuh kita. Percaya diri itu penting lho buat ngebangun rasa aman dan nyaman, karena kadang kita ngerasa nggak percaya diri sama tubuh kita sendiri jadinya kita diet abis-abisan. Remember girls, our body is fine, our beauty doesn’t define by how slim we are, embrace our body.

teen-diet

So, girls! Let's start a healthy living. Pastikan kita makan dengan tepat, olahraga teratur, biar tubuhnya sehat. Kalo tubuhnya sehat, kita nggak perlu worry sama bentuk tubuh. Because healthy body is our #bodygoals

Written by Rani Nurbaiti (Gogirl! Apprentice)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar