5 TRIK MUDAH POTONG PONI SENDIRI DI RUMAH

December 01, 2018

5-TRIK-MUDAH-MEMOTONG-PONI-SENDIRI-DI-RUMAH

 

Siapa di sini yang punya model rambut berponi? Baik poni rata maupun poni samping, model rambut berponi selalu jadi salah satu gaya rambut yang disukain sama banyak cewek. Bagi kita yang punya poni, kita pasti tau kalo kita perlu menjaga bentuk dan ukuran panjang poni kita supaya tetap keliatan sesuai sama wajah. Tapi sayangnya, dibandingkan bagian rambut yang lain, kecepatan panjang poni itu selalu lebih tinggi dari yang lain. Males banget nggak sih kalau harus sering-sering ke salon cuma buat rapihin poni kita?

 

 

Tapi tahu nggak sih, kegiatan memotong poni juga bisa kita lakuin sendiri di rumah, lho! Takut gagal? Don’t worry, girls! Di bawah ini ada beberapa trik yang bisa kita lakuin buat ngerawat poni tanpa perlu repot-repot ke salon.

 

1. SIAPKAN ALAT-ALAT

Pertama-tama, kita perlu siapin alat-alat yang dibutuhin buat memotong rambut. Sama kayak di salon, kita butuh sisir, gunting, dan juga jepit rambut untuk mempermudah kita dalam memotong poni. Tapi perlu diingat ya, gunting yang kita gunain di sini berbeda sama gunting yang biasa kita pake di kertas. Gunting ini harus gunting khusus yang memang diciptain buat ngegunting rambut, kayak gunting-gunting yang biasa kita lihat di salon, deh. Selain itu, karena kita memotong rambut kita sendiri, kita perlu cermin buat ngelihat pantulan diri kita. Jangan sampe karena nggak ada cermin, kita terpaksa mengira-ngira dan potongan poni kita malah jadi jelek.

 

2. PISAHKAN DAN IKAT SISA RAMBUT

 

5-TRIK-MUDAH-MEMOTONG-PONI-SENDIRI-DI-RUMAH

 

Supaya hasil potongan kita rapi, kita perlu pisahin bagian poni dengan rambut kita yang lain. Ikat dan jepit sisa-sisa rambut kita yang panjang supaya nggak mengganggu proses kita memotong poni. Agar hasil pembagian lebih rapi, pisahin rambut menggunakan sisir, bukan cuma dengan jari tangan aja. Tentu kita nggak mau kan, kalo rambut panjang kita nggak sengaja ikut kepotong?

 

3. BASAHKAN PONI DENGAN AIR

Sebelum mulai memotong dan merapikan poni, coba deh buat ambil air bersih dan basahin sedikit poni kita. Ingat, cukup basahkan sedikit aja. Kalo terlalu banyak diberi air, rambut kita malah jadi basah dan susah buat dibikin rata. Memotong poni dalam keadaan basah malah bisa bikin poni kita nanti jadi kependekan. Setelah dibasahin, keringkan poni dan rapikan menggunakan sisir. Ini dilakuin supaya helai-helai poni kita bisa berjejer lebih rapi dan lurus. Dengan begitu, kita nggak bakalan kesusahan buat ngebedain bagian poni mana yang udah dipotong, dan mana yang belum.

 

4. BENTUK GARIS HORIZONTAL MENGGUNAKAN JARI DAN PEREKAT

 

5-TRIK-MUDAH-MEMOTONG-PONI-SENDIRI-DI-RUMAH

 

Ukur poni kita dan tentuin sepanjang apa poni yang kita inginkan. Taro salah satu jari kita di bagian poni yang mau kita potong buat bikin garis horizontal. Setelah itu, ambil perekat atau selotip dan tempel di sepanjang garis horizontal yang sebelumnya udah kita tandain pake jari, dimulai dari sisi kiri ke sisi kanan. Bentuk garis horizontal bebas. Kalo kita mau mau bikin poni rata, tempelkan selotip secara rata atau sebaliknya, buat garis diagonal kalo kita mau bikin poni miring. Kalo takut rambut kita malah rontok setelah selotipnya dilepas, kita bisa akalin dengan menempel selotip itu di tangan kita terlebih dahulu. Setelah itu baru kita lepas dan kita tempelkan di bagian poni supaya bagian lem pada selotip mengendur dan nggak akan menekan rambut di poni kita dengan terlalu keras.

 

5. GUNTING PONI SECARA BERTAHAP DAN TELITI

Setelah ditempel selotip, kita jadi punya gambaran yang lebih jelas tentang ukuran panjang poni yang kita mau. Walaupun selotip udah membantu kita, kita tetep perlu teliti dan mengukur panjang poni kita berkali-kali sebelum memotongnya. Setelah yakin, baru ambil gunting dan mulai gunting bagian poni yang nggak kita inginkan. Jangan terlalu terburu-buru, karena kita cuma punya satu kesempatan buat motong poni kita. Tetap teliti dan potong secara bertahap, di mulai dari bagian tengah. Kalo kita memotong poni di bagian tengah lebih dulu, kita bakal lebih mudah memotong dan mengikuti di bagian kanan dan kirinya.

 

So easy, right? Memotong poni sendiri itu nggak susah, kok! Yang penting kita teliti dan tahu trik-trik apa aja yang perlu kita terapin sebelum mulai memotong. Selamat mencoba!

 

 

Written by Hilel Hodawya (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock, elle.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar