5 TIPS BIJAK MENGATUR PENGELUARAN MAKEUP & SKINCARE

October 09, 2018

5-TIPS-BIJAK-MENGATUR-PENGELUARAN-MAKEUP-SKINCARE

 

Hayoo ngaku.. siapa yang suka kalap kalo lagi belanja makeup dan skincare? Kira-kira berapa banyak uang yang udah kita habiskan sejauh ini buat koleksi produk-produk kecantikan kita? Terus coba deh diliat lagi, berapa banyak di antara semua koleksi tersebut yang bener-bener kita gunakan?

 

Nggak ada yang salah kok dari berinvestasi buat kecantikan. Apa lagi mengingat makeup dan skincare saat ini udah menjadi kebutuhan dan bagian dari gaya hidup buat para perempuan. Tapi jangan sampe hasrat kita buat memiliki berbagai produk kecantikan tersebut malah berakhir memberatkan dan mengacak-acak pengeluaran ya! Terutama buat kita yang penghasilannya belum seberapa atau bahkan masih bergantung pada uang jajan dari orangtua.

Well, siapa nih yang diem-diem merasa tersindir? Makanya kali ini Gogirl! mau berbagi tips soal cara mengatur pengeluaran makeup dan skincare secara bijak. Wajib disimak!

 

1. SIAPKAN BUDGET KHUSUS

Menyusun anggaran alias budgeting adalah strategi pengelolaan keuangan yang harus segera kita pelajari dan biasakan begitu kita punya kekuasaan buat mengelola uang sendiri, di mana intinya sih kita udah merencanakan uang yang kita punya ini bakal digunakan buat apa aja ke depannya. Nah, kalo makeup dan skincare adalah salah satu kebutuhan yang kita beli secara rutin, kita bisa banget tuh menyiapkan budget khusus setiap bulannya – tentunya dengan mempertimbangkan kesanggupan dan budget kita buat kebutuhan-kebutuhan lainnya juga.

Misalnya aja setelah mengalokasikan uang bulanan kita untuk membayar tagihan pasti (contoh: sewa kos, pulsa, cicilan), pengeluaran sehari-hari (contoh: makan, belanja kebutuhan, transportasi), tabungan, dsb, kita memutuskan buat mengalokasikan Rp.300,000 untuk membeli makeup dan skincare. Baru deh sisanya kita habiskan buat leisureThen, stick to that plan!

Kalo ternyata kita udah menghabiskan jatah Rp. 300,000 per bulan tersebut untuk membeli aloe vera gel, masker, dan blush on, kita bisa kan tahan keinginan kita buat nyobain toner dan lip stick terbaru dari brand kesukaan kita sampe bulan depan? Dengan menyiapkan budget khusus kayak gini, kita mau nggak mau harus berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu dan dituntut buat menentukan prioritas soal produk mana yang paling kita inginkan dan butuhkan saat itu juga, nggak kalap gitu aja kayak kalo kita belanja tanpa rencana.

Baca juga: DASAR-DASAR PERSONAL BUDGETING YANG PERLU KITA PAHAMI

 

2. IDENTIFIKASI APA KEBUTUHAN KITA

Membedakan antara kebutuhan dan keinginan adalah kunci utama dari berbelanja secara bijak. Terutama ketika berbicara soal makeup dan skincare, pasti sering banget kan kita tergerak buat membeli suatu produk cuma karena kita pengen, bukan karena kita butuh? Well, mulai sekarang coba deh buat membiasakan diri mengidentifikasi apa kebutuhan kita sebelum membeli apapun. Misalnya aja, apakah kita bener-bener butuh membeli lipstick warna coral ketika kita udah punya lipstick serupa dengan shade yang beda tipis? Contoh lainnya, apakah bijak bagi kita untuk mencoba BB cream baru ketika BB cream yang kita pake sekarang dan sebenernya cocok-cocok aja di wajah masih belum habis?

Mengidentifikasi kebutuhan di sini juga bisa diartikan sebagai mengidentifikasi kebutuhan kulit kita dan apa tujuan yang ingin kita capai dari menggunakan produk tersebut. Misalnya aja kalo kulit kita berminyak, ya jangan beli skincare buat kulit kering karena pasti bakal mubazir. So, baiknya hindari deh mencoba berbagai macam produk kecantikan tanpa mengetahui apa sebenernya kegunaannya. Baca juga tips selanjutnya biar apa yang kita beli tepat sasaran!

 

3. LAKUKAN RISET & CARI REVIEW PRODUK SEBELUM MEMBELI

Salah satu trik yang bisa kita terapkan buat jadi pembeli cerdas (apapun barang yang mau kita beli, nggak terbatas pada makeup dan skincare) adalah dengan melakukan riset dan mencari review produk terlebih dahulu sebelum membeli. Karena dari sini kita bisa tau gimana pendapat orang-orang yang udah menggunakannya, apa kelebihan dan kekurangan produk tersebut, harga yang ditawarkan worth it atau nggak, dsb yang pada akhirnya bakal membantu kita dalam memutuskan untuk jadi membelinya atau nggak.

Selain bisa minta rekomendasi orang-orang terdekat, sekarang juga udah banyak banget kan review dari beauty blogger dan vlogger terpecaya yang bisa kita temukan di internet? Walaupun kita harus jeli juga sih mengidentifikasi promosi dan endorsement. Kita pun harus pinter-pinter mencari reviewer yang punya kondisi kulit dan kebutuhan yang sama dengan kita.

Baca juga: REKOMENDASI WEBSITE BUAT NGECEK HONEST REVIEW BEAUTY PRODUCT

 

 

4. COBA SAMPLE/TRAVEL SIZE TERLEBIH DAHULU

Coba deh dihitung, ada berapa banyak makeup dan skincare di atas meja rias kita yang berakhir diterlantarkan gitu aja karena nggak cocok dengan kulit kita? Nyatanya, bahkan setelah menyimak berbagai review dan minta rekomendasi dari temen dengan warna dan kondisi kulit yang mirip sekalipun masih ada aja kemungkinan make up atau skincare yang kita beli ini berakhir nggak cocok – mulai dari warnanya yang nggak pas sampe bikin kita jerawatan.

Nah, salah satu strategi yang bisa kita terapkan buat memperkecil kemungkinkan produk tersebut berakhir mubazir adalah dengan mencoba sample atau membelinya dalam kemasan lebih kecil (travel size) terlebih dahulu, terutama ketika kita berencana mencoba produk-produk yang agak pricey. Setelah terbukti cocok, baru deh selanjutnya kita beli kemasan yang lebih besar.

Selain itu share in a jar juga seringkali dijadikan alternatif oleh beberapa orang buat mendapatkan skincare yang nggak diproduksi dalam kemasan kecil, walaupun tentunya ada beberapa hal yang penting banget buat kita perhatikan. Misalnya aja tanggal kadaluarsa, pemilihan konteiner yang steril dan aman, serta terjaminnya kebersihan produk. Jangan lupa juga cek kredibilitas penjual tempat kita berbelanja.

PS: Kita bisa juga lho menjual makeup dan skincare yang baru kita pake sekali atau dua kali ke pasar preloved. Banyak banget kok peminatnya, apa lagi beauty items!

Baca juga: TERNYATA SHARING BEAUTY ITEM INI BERBAHAYA BUAT KESEHATAN KITA

 

5. DUKUNG PRODUK LOKAL

Last but not least, kita juga bisa sedikit menekan pengeluaran makeup dan skincare kita dengan memebeli produk lokal, karena bagaimanapun harga produk buatan dalam negeri pasti lebih terjangkau. Yap, sadar nggak sadar selalu ada biaya lebih lho yang kita keluarkan ketika membeli produk impor dari luar negeri. Belum lagi kalo kita harus nambah biaya jasa titip, dsb. Lagipula faktanya sekarang udah banyak kok makeup dan skincare lokal yang kualitasnya nggak kalah dari produk luar! So, nggak ada salahnya kan mendukung bisnis dan produk negara sendiri?

Baca juga: 5 SKIN CARE LOKAL YANG NGGAK KALAH DARI BRAND LUAR

 

You may also want to read:

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Photo by Chelsea London Phillips on Unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar