WISATA IMLEK BUAT LEBIH MEMAKNAI TOLERANSI & BUDAYA TIONGHOA

February 15, 2018

REKOMENDASI-WISATA-IMLEK-BUAT-LEBIH-MEMAKNAI-TOLERANSI-DAN-BELAJAR-BUDAYA-TIONGHOA

sumber foto: shutterstock

 

Tahun ini perayaan tahun baru Imlek jatuh pada 16 Januari 2018. Imlek kali ini jatuh pada tahun anjing, 2569. Bagi yang merayakan, Imlek jadi sarana mendekatkan diri sekaligus bercengkerama bersama keluarga pada perayaannya. Nah, buat yang nggak merayakannya, Gogirl! punya rekomendasi 5 wisata pilihan yang bisa kita ikutin pada perayaan imlek nanti.

 

 

TUR MALAM IMLEK KLENTENG BESAR BANDUNG

 

REKOMENDASI-WISATA-IMLEK-BUAT-LEBIH-MEMAKNAI-TOLERANSI-DAN-BELAJAR-BUDAYA-TIONGHOA

sumber foto: lindacheang.blogspot.com

 

Hampir tiap tahun Klenteng Besar Bandung mengadakan tur malam Imlek yang terbuka buat umum. Tur ini diselenggarain sama Komunitas Jaringan Kerja Antarumat Beragama (Jakatarub) bekerja sama dengan Klenteng Bandung. Kali ini tur diadain tepat sehari sebelum Imlek, 15 Februari, pukul 18.00 sampai 22.00. Tempat berkumpulnya di Klenteng Besar Bandung. Di tur ini kita bakal belajar pengetahuan budaya Tionghoa, makna perayaan Imlek, Tao, dan Konghucu langsung sama pemuka kepercayaannya. Kalo kita ke sana, kita bakal ketemu sama mahasiswa-mahasiswa dari jurusan Perbandingan Agama UIN Bandung dan tokoh-tokoh pemuka lintasagama. Acara ini bisa jadi ajang buat kita diskusi dan lebih memahami arti toleransi antarumat beragama, sesuai sama slogan negara kita bhineka tunggal ika.

 

SOLO IMLEK FESTIVAL 2018

Festival Imlek di Solo diadain di kawasan Pasar Gedhe. Rangkaian acaranya digelar cukup panjang, mulai tanggal 1 sampe 28 Februari nanti. Ada banyak banget acara yang bisa ikutin di rangkaian Solo Imlek Festival ini, di antaranya Solo Imlek Fair, pemasangan 5000 lampion, Grebeg Sudiro, lomba karaoke, foto, video, dan karya jurnalistik Imlek, sampe perayaan Cap Go Meh. Buat perayaan Cap Go Mehnya sendiri bisa kita nikmatin pada 2 Maret nanti di Bale Kota Solo.

 

 

CHINATOWN WALKING TOUR JAKARTA

Acara Chinatown Walking Tour Jakarta ini diselenggarain sama Komunitas travel blogger ID Corners. Tur ini nggak gratis, tapi biaya cukup murah cuma Rp75 ribu. Rangkaian tur ini bakal membawa kita bareng-bareng menjelajahi Rumah Mayor atau Candranaya, Pasar Petak Sambilan, Vihara Dharma Bakti, sama Gereja St. Maria de Fatima. Keuntungan dari tur ini, selain belajar pengetahuan tentang budaya Tionghoa sama tour guide profesional, kita juga bisa sharing pengalaman travel blogging secara ekslusif. Pesertanya cuma akan dipilih 15 orang dalam tur ini. Acara tur ini diselenggarain pada Sabtu 17 Februari mulai jam 10 pagi.

Nggak cuma komunitas ID Corners, biasanya banyak kok komunitas-komunitas lain yang juga mengadakan tur Imlek di Jakarta kayak Jakarta Walking Tour, Komunitas Historia Indoensia, Jakarta Good Guide, dan lain-lain. Kita tinggal pilih komunitas mana yang tanggal, itinerary, dan benefitnya cocok sama kita. Tanpa ikut walking tour, sebenernya kita tetep bisa kok berwisata ke kawasan pecinan Jakarta secara mandiri. Bedanya, nggak ada tour guide yang bisa menjelaskan hal-hal yang berkaitan sama Imlek dan budaya Tionghoa. Tapi, tentu aja kita bisa nyari tahu sendiri dengan cara bertanya-tanya ke warga yang sedang beribadah di wihara sekitaran Chinatown Jakarta.

 

 

PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA

Buat yang di Yogyakarta, pada 24 Februari – 2 Maret nanti bakal ada Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PTBY). Salah satu highlight acara PBTY tahun ini adalah pertunjukan dan pameran wayang potehi, kesenian hasil akulturasi budaya Tiongkok dan Indonesia. Nggak cuma berbagai pertunjukan budaya Tionghoa, bakal ada juga workshop meulis potehi, lomba dance dan karaoke mandarin, sama kontes Koko-Cici Jogja. Buat yang lagi liburan ke Yogyakarta, PBTY ini bisa jadi alternatif wisata gratis.

 

 

FESTIVAL IMLEK DAN CAP GO MEH DI SINGKAWANG

Singkawang, Kalimantan Barat adalah Kota Cina terbesar di Indonesia. Kota yang terkenal sama sebutan ‘Kota Seribu Klenteng’ ini bakal kembali menyelenggarakan Festival Cap Go Meh, kali ini diadain mulai 15 Februari – 4 Maret 2018. Tahun lalu perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang meriah banget, bahkan dihadirin sama 24 Duta Besar dari berbagai negara. Tahun ini Presiden Joko Widodo bakal ikut hadir di tengah-tengah acara. Highlight dari festival Cap Go Meh di Singkawang ini adalah Festival Tatung, Festival Barongsai, sama parade pesawat tempur. Bahkan, jumlah lampion dalam festival ini juga ditargetin bakal memeroleh rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), lho.

 

 

Selain lima wisata Imlek rekomendasi Gogirl! ini, tentunya masih banyak wisata-wisata Imlek lain di berbagai kota di Indonesia yang bisa kita pilih. Tapi, di mana pun kita berwisata Imlek, Gogirl! saranin jangan nggak cuma tenggelam dalam kemeriahannya aja. Cari wisata yang di dalamnya kita bisa menambah wawasan tentang budaya dan lebih memaknai toleransi antar umat beragama. Yuk cusss, udah pilih wisata Imlek yang mau dikunjungin, belum?

 

 

Baca juga:

 

 

Written by Asmi Nur Aisyah
Photo Source:
lindacheang.blogspot.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar