BIAR HP KITA TETAP AMAN, PASTIIN 5 HAL INI SEBELUM LIBURAN

June 19, 2018

PASTIIN-5-HAL-INI-SEBELUM-LIBURAN-BIAR-HP-KITA-TETAP-AMAN-DAN-NYAMAN

Sumber foto: Huffington Post

 

Handphone (HP) adalah salah satu barang yang wajib banget kita bawa pas liburan. Selain buat nelpon, chat, foto-foto, dan update status di media sosial, HP  juga bisa bantu kita nyari jalan dan searching berbagai hal yang kita butuhin. Tanpa HP, apalah jadinya liburan kita, ya nggak? Nah, untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan terjadi pada HP kita selama liburan, pastiin dulu yuk lima hal ini sebelum berangkat!

 

 

1. OPTIMALKAN PEMAKAIAN BATRE

 

sumber foto: cdn.dribbble.com

 

Paling kesel tuh kalo HP low bat terus kita lagi di tempat yang nggak memungkinkan buat ngecharge, setuju nggak? Apa lagi pas liburan kita bakal lebih sering ngegunain HP, sehingga daya baterai HP kita juga bakal lebih cepet terkuras. Makannya kita harus pinter-pinter banget menghematnya. Well, cobain deh beberapa tips simple dari Samsung ini buat  mengoptimalkan pemakaian batre HP kita:

  • Kurangi tingkat keterangan layar (brightness level);
  • Gunakan power saving mode;
  • Hindari penggunaan aplikasi yang berpotensi menyedot daya batre dengan cepat;
  • Pastiin charger atau kabel data yang kita gunakan original, lebih oke lagi kalo punya fungsi fast charging;
  • Pastiin HP kita dicharge di tempat-tempat dengan kondisi listrik yang stabil. Ternyata listrik yang nggak stabil bisa memperpendek umur baterai lho!;
  • Gunakan fitur device maintenence yang ada di bagian setting; dan
  • Tambahan dari Gogirl!, walaupun banyak yang bilang kalo penggunaan power bank bisa ngerusak batre, tapi nggak ada salahnya kita bawa buat keadaan darurat.

 

2. KAPASITAS MEMORI

 

sumber foto: amazonaws.com

 

Yap, inget buat cek memori. Penting banget nih guys! Jangan sampe pas kita mau foto-foto eh ternyata memori HP penuh. Siapa nih yang pernah ngalamin kejadian kayak gini? Nah, buat mencegah hal ini terjadi, jangan lupa buat:

  • Hapus file-file yang nggak diperlukan atau pindahin ke PC/laptop sebelum berangkat;
  • Gunakan aplikasi-aplikasi storage manager untuk ngebersihin memori HP kita. Beberapa rekomendasinya bisa diliat di sini.
  • Pastiin semua foto dan video tersimpan di memory card;
  • Mengatur kualitas pixel foto menjadi lebih rendah, jadi lebih banyak juga kapasitas penyimpanan yang tersisa; dan
  • Aktifkan fitur cloud storage (media penyimpanan di internet) untuk menyimpan file-file HP kita di dunia maya kapan aja.

 

3. DOWNLOAD APLIKASI YANG DIBUTUHKAN

 

sumber foto: www.dialwebhosting.com

 

Ada banyak banget aplikasi yang bisa memudahkan kita selama liburan, mulai dari aplikasi navigasi, rekomendasi tempat, booking hotel dan transportasi, translator, sampe aplikasi yang ngasih tau soal deals tempat wisata yang bisa kita dapetin. Sayang bangetlah pokoknya kalo teknologi yang udah serba canggih ini nggak kita manfaatin. Beberapa rekomendasi aplikasi yang harus kita punya ketika traveling bisa diliat di sini nih..

 

4. BACKUP DATA

 

sumber foto: www.dialwebhosting.com

 

Nggak cuma kenyamanan, kita juga harus mikirin keamanan selama pergi liburan. Faktanya, sering banget traveler jadi sasaran kejahatan. Mungkin juga kita teledor dan nggak sengaja ninggalin HP kita di suatu tempat sangking hectic-nya. Makannya ada baiknya kita backup dulu data-data penting di HP kita, karena terkadang lebih nyesek kehilangan data dan kenangan yang ada di dalamnya daripada HP-nya, ya nggak?

 

5. PAKE DAN SCREEN PROTECTOR

 

sumber foto: Buzzfeed.com

 

Selain ngamanin HP dari pencuri, kita juga harus ngamanin HP dari benturan dong! Hayoo.. ngaku siapa yang HP-nya suka kelepas gitu aja dari tangan? Apa lagi pas pergi liburan. Kita pasti bakal lebih banyak beraktivitas dan karenanya memperbesar kemungkinan kecelakaan yang bisa ngerusak HP kita. Makannya kalo belum, lindungi deh HP kita dengan casing dan screen protector. Baiknya kita juga sedia waterproof case kalo emang destiasi wisata kita adalah pantai, waterpark, atau tempat-tempat basah lainnya.

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar