LIBURAN DAN TRAVELING PAKE KONSEP 'OPEN TRIP', YEAY OR NAY?

November 13, 2017

OPEN-TRIP-YAY-OR-NAY?

 

Sering denger kata-kata open trip kan ? Akhir-akhir ini open trip emang lagi naik daun. Kalo kita buka situs travel agent, pasti ada banner bertuliskan “Open Trip” diikuti destinasi hits, harga yang relatif murah, fasilitas segambreng, lalu biasanya ada list jadwal di caption poster. Menarik banget kan? Jadi buru-buru pengen booking buat liburan nanti. Eh, tapi udah tau belum seluk beluk open trip? Kira-kira beneran seasyik imajinasi kita nggak? Kalo ternyata eeww kan momen traveling nggak jadi bikin kita bahagia. Sebelum beneran ikut open trip, yuk simak dulu apa aja kelebihan dan kekurangan ikut open trip!

 

 

APA ITU OPEN TRIP?

 

OPEN-TRIP-YAY-OR-NAY?

 

Open trip kalo diterjemahkan bebas artinya piknik terbuka. Eh, terbuka gimana nih? Maksudnya, trip diatur oleh satu pihak tapi pesertanya terbuka untuk umum alias siapa aja yang bayar boleh ikut selama kuota belum terpenuhi. Biasanya sih kuota per trip 10-15 orang, yang 20 orang juga ada. Tergantung penyelenggara.

Dalam open trip, segala fasilitas seperti transportasi, penginapan, makanan, serta tiket masuk objek wisata disediakan oleh penyelenggara. Tentu saja biaya perjalanan dari rumah ke meeting point dan sebaliknya nggak termasuk ya. Meeting point sendiri biasanya di bandara atau pelabuhan setempat.

 

KELEBIHAN IKUT OPEN TRIP

 

OPEN-TRIP-YAY-OR-NAY?

 

Ikut open trip sebenarnya banyak banget keuntungannya. Pertama, harganya lumayan hemat dan terima beres. Ya iyalah, bayar sekali sudah all in tinggal duduk manis. Nggak usah mikirin penginapan, transportasi, makanan, dan bisa ke banyak tempat wisata sesuai itinerary.

Kedua, kita bakal ketemu sama orang-orang baru di open trip. Yang tadinya nggak kenal siapa tau jadi teman kan ? Kita juga bisa bertukar cerita dan belajar dari orang lain. Ketiga, kita bisa belajar disiplin waktu. Ya iyalah, kita piknik terjadwal bareng rombongan. Kalo kita telat bisa kena semprot peserta lain.

 

KEKURANGANNYA

 

OPEN-TRIP-YAY-OR-NAY?

 

Selain banyak kelebihannya, open trip juga ada kekurangannya. Pertama, kita nggak bisa explore destinasi wisata sesuka kita karena trip kita terikat jadwal. Kedua, mungkin destinasi wisatanya udah mainstream. Ketiga, kita mungkin banget sekamar sama orang asing. Awalnya mungkin bakalan krik banget, tapi jadiin pelajaran aja kali ya? Keempat, nggak boleh ngeluh kalau tempat makannya nggak sesuai selera kita.

 

JADINYA, YAY ATAU NAY?

Open trip itu yeay banget kalo: destinasi wisatanya kita nggak familiar, kita belum pernah solo traveling, kita nggak punya jiwa petualang, kita mau hemat, atau simply kita males mikir itinerary sendiri.

Tapi, open trip itu nay kalo : kita nggak suka diatur-atur, kita tukang ngaret parah, kita lebih suka keluyuran sendiri, kita udah hapal banget destinasi wisatanya, atau kita sedang ingin bertualang sendiri.

Intinya, yeay atau nay tergantung kita. Kalo menurut kamu, open trip itu yeay atau nay ?

 

 

Written by Virly Kumala Aluh (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
unsplash
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar