5 NEGARA DENGAN SPOT CANTIK INI BISA DIKUNJUNGI TANPA VISA

January 04, 2018

NEGARA-TANPA-VISA

sumber foto: Big Dreamer

 

Pengen liburan tapi nggak ngeluarin uang banyak? Bisa banget! Karena kelima negara ini ngebebasin visa bagi kita warga negara Indonesia (WNI). Lumayan kan dana yang seharusnya untuk bayar visa tapi bisa kita alokasikan buat hal lain hehe. Hmm, negara mana aja tuh? Nih Gogirl! kasih tau list-nya.

 

 

JEPANG

 

NEGARA-TANPA-VISA

sumber foto: About Urban

 

Di urutan pertama ada Jepang. Yup negeri sakura ini ngebebasin visa bagi WNI yang punya e-paspor selama 15 hari lho. Eits, tapi kalo kita udah punya e-paspor tetap harus ngajuin form registrasi bebas visa ke Kedutaan Besar Jepang di sekitar wilayah rumah kita ya. Nantinya form bebas visa ini akan diproses 2 hari kerja dan masa berlakunya sampe 3 tahun! Untuk form bebas visa bisa kita download di sini. Untuk tiket pesawat kita bisa manfaatin travel fair, biasanya mereka nyediain tiket dengan selisih harga Rp500-1 juta dibandingkan harga tiket normal. Untuk transportasi kita bisa pake Japan Rail (JR) Pass. JR Pass ini semacam kartu untuk naik transportasi umum di Jepang dan bisa dibeli di e-commerce atau HIS Dharmawangsa Square dan HIS Mid Plaza Sudirman. Harga mulai dari 255 dollar Amerika tergantung dari masa pemakaian (7, 14, 21 hari).

 

TURKI

 

NEGARA-TANPA-VISA

sumber foto: 1Zoom

 

Siapa yang suka drama Turki? Sekarang kita bisa langsung ngunjungin tempat- tempat indah yang ada di drama Turki nih. Sejak 2014 pemerintahan Turki udah memberlakukan bebas visa bagi WNI selama 30 hari. Dan kabar gembiranya kita nggak perlu repot jauh-jauh datang ke Kedutaan Besar Turki karena untuk ngurus bebas visa ini kita cukup ngakses www.evisa.gov.tr/en/ . Hanya dengan waktu 3 menit dan voila! Visa pun langsung jadi dan akan dikirimkan ke e-mail kita. Oh ya, ikon negara Turki yakni Blue Mosque juga jadi salah satu wisata yang wajib kita kunjungi nih, selain itu ada Cappacodia yang punya situs bebatuan unik dan semua bangunan di sini terbuat dari batu. Nggak hanya itu, pastikan di Cappacodia kita coba naik balon udara untuk nikmatin pemandangan indah dari atas langit Turki.

 

MALDIVES

 

NEGARA-TANPA-VISA

sumber foto: Visit Maldives

 

Pengen ngerasain salah satu panorama terindah di dunia? Harus banget ke Maldives nih. Dikenal dengan keindahan pantainya yang jernih, rasanya kita nggak perlu ragu lagi untuk masukin destinasi Maldives ke-list liburan kita. Selain itu Maldives juga ngebebasin visa bagi WNI selama 30 hari dan asyiknya lagi kita nggak perlu repot daftar visa! Karena apabila kita punya paspor WNI udah otomatis gratis visa ke Maldives. Dilansir dari Trip Zilla, ada penerbangan murah ke Maldives yakni Tiger Air yang nyediain tiket pesawat mulai dari Rp2juta tapi sebelumnya kita harus transit dulu dari Singapura (biaya Jakarta-Singapura mulai dari Rp800 ribu). Cara ini dinilai lebih murah daripada kita langsung naik pesawat dari Jakarta yang bisa makan biaya 5juta. FYI, Maldives dikenal dengan biaya hidupnya yang mahal, jika kita ingin nginap bisa di guesthouses (Rp40-60 ribu/malam) dan jika ingin pergi ke pulau lainnya kita bisa naik ferri yang dikelola oleh masyarakat lokal yang harganya lebih murah 2-4 dollar Amerika.

 

NEPAL

 

NEGARA-TANPA-VISA

sumber foto: G Adventures

 

Buat kita yang suka hiking dan pengen ngerasain indahnya pemandangan dari atas Gunung Everest, tepat nih untuk berlibur ke Nepal. Nggak perlu repot ngurus visa, cukup modal paspor biasa kita udah bisa berkunjung ke Nepal selama 90 hari. Kalo kita nggak suka kegiatan hiking, kita juga bisa lho sekedar menikmati pemandangan gunung Nepal di pedesaan yang bernama Nagarkot. Atau jika kita suka dengan sejuknya udara di danau, coba aja berkunjung ke Pokhara yang terkenal dengan international mountain museum yang memamerkan sejarah masyarakat Himalaya. Selain cocok untuk hiking, Nepal juga dikenal dengan surganya para backpacker nih, bayangin aja biaya penginapan disini haya 19 ribu rupiah/orang/malam. Tapi tentu aja fasilitas yang disediakan nggak termasuk AC dan TV ya hehe.

 

SRI LANKA

 

NEGARA-TANPA-VISA

sumber foto: Travel Triangle, Ransel Kecil

 

Jika kita suka dengan bangunan tua semacam museum dan kuil, Sri Lanka jawabannya! Yup, negara yang terletak di sebelah utara Samudera Hindia di pesisir tenggara India ini nawarin kita berbagai macam tujuan wisata yang pastinya Instagramable banget. Bagi kita yang punya paspor Indonesia Sri Lanka ngasih gratis visa berkunjung selama 30 hari nih dan wisata favorit turis ialah Kolombo. Kota terbesar di Sri Lanka ini nawarin bangunan tua dengan gaya arsitektur kerajaan Inggris atau kita bisa ke Kandy, kota suci ini ada banyak candi, salah satunya candi Sri Dalanda Maligawa atau Temple of Tooth Relic. Di sana kita bisa liat salah satu gigi budha di ornamen  candi Sri Dalanda Maligawa lho.

 

Nah dengan cara mengunjungi negara yang ngebebasin visa bagi WNI ini, yang tadinya uang buat dana visa, jadi bisa kita alihkan ke hal lain kan? Bisa buat beli oleh-oleh, penginapan, beli tiket ke tempat wisata ataupun nyobain street food yang ada di negara tujuan. Oh ya, tapi pastikan saat berbelanja jangan ngelebihin dari dana yang udah kita siapkan. Tadinya malah mau ngehemat eh karena keasyikan belanja malah jadi ngeluarin uang lebih deh.

 Ada serba-serbi apalagi ya di balik visa, yuk cek lebih lanjut di artikel ini:

 

 

 

Written by Qatrunnada Rahmatika
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar