BERANTEM PAS LIBURAN BARENG KELUARGA? NGGAK LAGI PAKE 5 TIPS INI

January 10, 2018

LAKUKAN-5-HAL-INI-UNTUK-MENGHINDARI-PERTENGKARAN-DI-SAAT-LIBURAN-BARENG-KELUARGA

sumber foto: www.everydaycori.com/Igor Yaruta

 

Liburan bareng siapapun emang rawan banget konflik, nggak terkecuali sama mama, papa, kakak, dan adek yang adalah orang-orang terdekat kita. Jangan sampe deh momen liburan bareng mereka rusak karena pertengkaran kecil yang terjadi di antara kita selama perjalanan. Coba simak yuk masalah apa aja yang seringkali terjadi di saat liburan bareng keluarga dan gimana cara menghindarinya!

 

 

1. SEPAKATI DESTINASI DAN KEGIATAN

“Paling sering berantem sama kakak karena kita pengen ngelakuin hal yang beda. Misalnya waktu liburan ke Singapore kakakku pengen banget main ke Universal Studio, sedangkan aku lebih prefer shopping dan kita cuma boleh milih salah satu, ” cerita Raya.

Well, destinasi dan kegiatan emang seringkali jadi masalah di saat kita dan anggota keluarga lain punya keinginan yang berbeda. Makannya, penting banget buat nentuin bareng-bareng tempat apa aja yang mau kita datengin dan kegiatan apa aja yang mau kita lakuin sebelum berangkat liburan. Jangan lupa juga pertimbangin keinginan tiap anggota keluarga. Kalo ternyata nggak memungkinkan untuk dilakuin semua, pikirin deh destinasi dan kegiatan apa yang kira-kira bisa dinikmati bersama-sama. Nggak cuma apa yang kita suka, tapi apa yang bakal disukai juga oleh Mama, Papa, kakak, dan adek kita. Karena inti dari liburan bareng keluarga adalah buat spend time bareng mereka, ya kan?

 

2. IKUTI JADWAL

 

LAKUKAN-5-HAL-INI-UNTUK-MENGHINDARI-PERTENGKARAN-DI-SAAT-LIBURAN-BARENG-KELUARGA

 

“Kemarin pas liburan Natal rencananya keluargaku mau liburan ke Puncak, tapi gagal gara-gara aku baru bangun jam 9. Jadi kakakku ngomel,” kata Nurul. He he.. ada yang pernah ngalamin hal kayak gini juga?

Sasa ternyata pernah sebel sama keluarganya karena alesan serupa, “Males banget kalo ngaret dan jadinya serba buru-buru. Akhirnya pada nggak bisa nikmatin karena udah kesel duluan”.

Nah, usahain deh buat ngikutin jadwal yang udah disepakati ketika liburan bareng siapapun, termasuk keluarga kita. Misalnya aja Mama bilang, “Besok kita berangkat jam 6 ya biar nggak macet,” ya mau nggak mau kita harus bangun dan siap-siap lebih pagi. Hayoo ngaku siapa yang di sini suka  mikir, “Ah, santai aja lah, orang Indonesia kan biasa ngaret.  Apa lagi sama keluarga sendiri, mereka pasti mau nunggu”. Hmm.. padahal berangkat terlambat karena ada anggota keluarga yang belum siap mungkin banget ngebuat mereka yang udah siap duluan kesel lho dan ini adalah awal yang nggak baik buat perjalanan kita. Apa lagi kalo kita harus ngejar jadwal kereta atau pesawat yang bikin satu keluarga jadi buru-buru dan panik. Duh, hectic deh! Makannya, sebisa mungkin hargai waktu satu sama lain dan usahain tiap anggota keluarga udah siap pada waktunya.

 

3. HARGAI KEINGINAN SATU SAMA LAIN

 “Kelo keluarga gue biasanya paling ribut nentuin makan di mana sih..” kata Nada.

“Pernah tuh berantem cuma karena masalah mau makan di mana,” Salma ngasih jawaban yang sama.

He he.. menu makanan di saat liburan kayaknya emang topik sensitif ya buat tiap keluarga? Kayak gimana kegiatan yang pengen kita lakuin mungkin aja berbeda, makanan yang pengen kita makan juga seringkali nggak sama. Misalnya Papa lagi pengen makan sesuatu yang berkuah, sedangkan kita lagi pengen makan seafood. Nah lho, kita harus makan di mana dong?

Well, sebenernya gampang banget guys! Kita bisa nyari tempat makan yang nyediain kedua menu tersebut. Atau kalo nggak ada, kita bisa coba ngebujuk papa baik-baik. Misalnya, “Kayaknya menu yang berkuah lebih enak dimakan malem deh pah.. sekarang kita makan seafood dulu gimana?” atau bisa juga, “Seafood kan khasnya tempat ini pah, sayang kalo kita nggak nyobain”. Intinya, inget untuk selalu menghargai keinginan satu sama lain, baru deh coba negosiasi dan cari solusi terbaik.

 

4. JAGA MOOD TETAP BAIK

 

LAKUKAN-5-HAL-INI-UNTUK-MENGHINDARI-PERTENGKARAN-DI-SAAT-LIBURAN-BARENG-KELUARGA

 

“Waktu itu pernah ditilang pas liburan karena ibuku lupa pake seatbelt. Ayahku jadi kesel setelah berurusan sama polisi. Aku juga jadi nggak mood karena nggak kesampean pergi ke suatu tempat. Terus adekku ikutan nggak mood. Jadilah kita satu mobil hening,” cerita Aghnia.

Ngerasa relate sama cerita di atas? Pasti pernah deh kita ngerasain gimana ketika satu anggota keluarga mulai bad mood, energi negatifnya bakal kesebar juga ke anggota keluarga lainnya. Kita emang seringkali nggak bisa nyembunyiin rasa kecewa kita ketika liburan nggak berjalan sesuai rencana. Entah karena tempat wisata yang kita datengin ternyata nggak sebagus bayangan, hotel tempat kita nginep nggak seenak hotel sebelumnya, atau terjadi hal-hal nggak diinginkan kayak cerita Aghnia dan keluarganya. Tapi coba deh buat ngejaga mood  kita tetap baik sepanjang perjalanan dan jangan ngeluh, karena terkadang rusaknya mood inilah yang bikin liburan kita bareng keluarga jadi less enjoyable. Setuju nggak?

 

5. JANGAN MEMPERMASALAH HAL-HAL KECIL

“Gue pernah ngerebutin salah satu rasa es krim sama adek dan kebetulan yang dapet gue. Gara-gara itu dia marah terus ngelempar es krimnya dan kena muka gue. Karena kesel, gue lempar balik lah. Terus kita jadi lempar-lemparan es krim sampe nyokap ngeberhentiin mobil,” cerita Alnis.

Hi hi.. masalah sesepele rebutan rasa es krim aja ternyata bisa bikin kita berantem di saat liburan bareng keluarga lho. Mungkin kita sebagai pembaca ngerasa cerita Alnis ini lucu, tapi bayangin deh betapa keselnya dia (apa lagi Mamanya) pada saat itu. Masih nyambung sama poin sebelumnya, demi ngejaga mood yang baik sepanjang liburan, sebisa mungkin cegah deh diri kita dari mempermasalahkan hal-hal kecil kayak gini. Tahan dulu keinginan kita buat memulai pertengkaran konyol dan berusaha sebisa mungkin buat tetep sabar menghadapi kelakukan anggota keluarga kita selama liburan. Karena tujuan utama kita liburan kan buat seneng-seneng, ya nggak?

Hal paling sepele apa sih yang pernah bikin kalian berantem sama keluarga pas lagi liburan bareng? Share dong di komen!

 

Yang lagi nyiapin liburan, bisa nih baca artikel ini buat masukan:

 

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar