JALAN-JALAN KE MUSEUM MACAN YANG INSTAGRAMABLE

December 30, 2017

 JALAN-JALAN-KE-MUSEUM-MACAN-YANG-INSTAGRAMABLE

 

Pernah nggak sih kepikiran buat seharian jalan-jalan di museum? Kalo iya berarti kita termasuk orang yang introvert dan punya daya analisis yang tinggi lho. Mungkin kalo dulu kita berkunjung ke museum cuma buat study tour bareng temen-temen sekolah. Di zaman yang makin canggih, museum dikunjungin juga buat menuhin feeds Instagram, setuju nggak? Dan kemarin Gogirl! jalan-jalan nih ke salah satu museum yang Instagramable.  Nggak cuma disuguhin sama info-info soal seniman di Indonesia dan Internasional, museum ini juga bikin kita betah karena spot-spotnya yang Instagramable.

 

 

MUSEUM MACAN

 

JALAN-JALAN-KE-MUSEUM-MACAN-YANG-INSTAGRAMABLE

 

Museum  MACAN adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini jadi museum pertama yang punya koleksi seni modern dan seni kontemporer Indonesia juga internasional. Ada sekitar 90 karya seni rupa modern Indonesia dan juga kontemporer dari seluruh internasional. Selain manjain mata dengan koleksi-koleksi seninya yang keren abis, museum MACAN juga punya beberapa spot yang Instagramable.

 

INFINITY MIRRORED ROOM JADI FAVORITE SPOT

 

JALAN-JALAN-KE-MUSEUM-MACAN-YANG-INSTAGRAMABLE

 

Salah satu spot yang wajib banget dan jadi favorite pengunjung itu adalah Infinity Mirrored Room punya seniman Jepang , Yayoi Kusama. Buat masuk ke Infinity Mirrored Room, kita harus ngantri sesuai line yang udah ditentuin sama pihak museum MACAN. Di dalam Infinity Mirrored Room kita cuma dikasih waktu selama 45 detik, jadi sebelum masuk udah siapin kamera ya guys!

 

BELAJAR SEJARAH DI SECTION KEMERDEKAAN DAN SETELAHNYA

 

JALAN-JALAN-KE-MUSEUM-MACAN-YANG-INSTAGRAMABLE

 

Setelah puas foto-foto di Infinity Mirrored Room. Kita bisa langsung lanjut ke area pameran, dan di section pertama kita masuk ke pameran Kemerdekaan dan Setelahnya. Karya-karya yang ada di section ini kebanyakan diciptain pasca Perang Dunia II, dan dalam konteks  Indonesia, proklamasi kemerdekaan 1945.

 

KARYA-KARYA ABSTRAK DI SECTION PERGULATAN SEPUTAR BENTUK DAN ISI

 

JALAN-JALAN-KE-MUSEUM-MACAN-YANG-INSTAGRAMABLE

 

Masih soal sejarah, di section ini kita bisa tau tetang seniman Indonesia yang terus membangun indentitas artistik mereka. Nilai-nilai universal dan eksperimental yang diwakilin oleh karya-karya dari abstrak Rihadi Soedasrommo, Nashar dan Mark Rothko, cocok banget buat kita yang emang suka sama karya seni abstrak.

 

CHILDREN’S ART SPACE

 

JALAN-JALAN-KE-MUSEUM-MACAN-YANG-INSTAGRAMABLE

 

Museum MACAN nggak cuma diperuntukan buat remaja atau dewasa. Buat yang ke sini dan bawa adik atau sepupu kita yang masih kecil, kita bisa ajak mereka buat dateng ke area ruang Seni Anak.  Di sini anak-anak bisa menggambar dan mewarnai. Ruangan ini adalah hasil dari proyek Entang Wiharso.

Selain itu museum Macan nggak cuma ada seni kontemporer dan modern yang ditampilin atau cuma sebatas lukisan, tapi juga nampilin gaya kontemporer dengan berbagai teknik dan instalasi seni. Jadi kalo kesini kita -nggak cuma liat lukisan-lukisan aja. Makin penasaran kan sama isi Museum MACAN? Sayangnya museum MACAN cuma di buka dari bulan 4 Novenber 2017 sampe 18 Maret 2018.

 

MUSEUM MACAN
AKR Tower, Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk, RT.11/RW.10,
Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

Admission ticket:
Dewasa : Rp.50,000
Pelajar/Mahasiswa : Rp.40,000
Anak-anak : Rp.30,000

Operation Hour:
Monday : closed
Tue-Sun: 10AM – 7PM

 

 

Written by Nadiyah Rohadatul Aisyi
Photo Source:
Gogirl!
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar