EKSPLOR INDAHNYA SUMATRA BARAT, PROVINSI YANG PUNYA SEJUTA PESONA

October 08, 2017

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

 

Provinsi yang terkenal sama kuliner, cerita rakyat, dan rumah adatnya ini ternyata punya pesona alam yang luar biasa. Provinsi Sumatra Barat dikelilingin sama barisan perbukitan dan pegunungan yang hijau nan asri. Nggak cuman pemandangan hijau, garis pantai Sumatra Barat juga dikelilingin sama Samudera Hindia lho. Kondisi geografis ini ngebuat Sumatra Barat punya banyak banget potensi wisata. Gogirl! udah nge-list must visited places to explore di Sumatra Barat, so let's jump right in!

 

 

KOTA BUKITTINGGI

 

 

 EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: en.wikipedia.org

 

Jam Gadang. Menara ikonik di Sumatra Barat ini udah berdiri dari taun 1926 lho. Dalam bahasa Minang, "jam gadang" berarti "jam besar". Di sekitar menara setinggi 26 meter ini ada taman di mana kita bisa berfoto dengan best spot yang berlatar Jam Gadang. Pokoknya nggak sah deh kalo ke Bukittinggi tapi nggak foto di depan Jam Gadang! 

 

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: Dok. Pribadi, www.fraunesia.com

 

Jembatan Limpapeh. Jembatan yang menggantung di atas Jln. Ahmad Yani ini ngehubungin Benteng Fort de Kock dengan Kebun Binatang Bukittinggi yang merupakan satu-satunya kebun binatang di Sumatra Barat dan adalah salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Kebun Binatang Bukittinggi juga punya koleksi hewan terlengkap se-Sumatra lho! Jadi jangan lupa buat sekalian eksplor kebun binatang ini ya selain nikmatin pemandangan Kota Bukittinggi yang tenang dari atas Jembatan Limpapeh.

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: www.vebma.com, putramanjunto.blogspot.co.id

 

Gua Jepang. Objek wisata sejarah ini sebenarnya adalah sebuah terowongan yang dibangun tentara Jepang pada taun 1942 sebagai perlindungan. Mulai taun 1984, Lubang Jepang ini resmi dijadiin objek wisata Kota Bukittinggi oleh pemerintah. Buat masuk ke dalam gua, kita harus nurunin 132 anak tangga terlebih dulu. Saat masuk ke dalam gua, kita bakal ngerasain nuansa penjajahan jaman dulu. Apalagi dinding-dinding gua ini berbekas berbagai guratan senjata tajam. Di dalam gua ini ada berbagai ruangan, diantaranya ruang penyimpanan amunisi, ruang sidang, ruang tahanan, ruang dapur, dan ruang penyergapan. Selain itu juga ada lorong utama, lorong barak militer, dan lorong ruang amunisi. 

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: www.indonesia-tourism.com

 

Ngarai Sianok. Wisata yang satu ini bakal manjain mata kita dengan pemandangan lembah curam sedalam 100 m yang membentang sepanjang 15 km. Kita juga bisa nikmatin Batang Sianok, yaitu sungai yang ngalir di Ngarai Sianok. The view can really refresh our mind!

 

KOTA PAYAKUMBUH

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: youtube.com

 

Jembatan Kelok 9. Jembatan ini dibangun di atas jalan berkelok yang dinamain Jalan Kelok 9. Jalan raya ini udah dibangun dari zaman Belanda, berupa 9 tikungan tajam yang di sekitarnya ada jurang terjal. Jembatan Kelok 9 bentuknya juga meliuk-liuk di antara perbukitan, tapi kelokannya nggak sebanyak Jalan Kelok 9. Di sepanjang jalan, kita bakal disuguhin pemandangan perbukitan yang asri. Setelah ngelewatin jembatan, ada menara pandang dimana kita bisa nikmatin pemandangan indahnya bentuk Jembatan Kelok 9 dari ketinggian. 

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: dok. pribadi

 

Lembah Harau .Pemandangan lembah yang indah banget dengan udara yang sejuk di Lembah Harau ini bisa bikin kita ngerasa nyaman dan tenang. Hamparan sawah dan ladang hijau di sini juga memukau banget. Di sekitar lembah juga ada air terjun deras yang keliatan megah dan eksotis. The view is really breathtaking!

  

KOTA BATUSANGKAR

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: Dok. Pribadi

 

Istana Baso Pagaruyuang. Berbentuk rumah adat Gadang, istana ini terlihat megah banget. Nggak cuman luarnya yang bisa kita nikmatin, istana ini punya berbagai hal menarik di dalamnya berupa peninggalan perlengkapan, perabotan, dan singgasana raja. Lantai dua istana ini dinamain “anjungan paranginan”, yaitu tempat bercengkerama buat para puteri raja yang belum menikah. Di sisi kiri ada kamar peristirahatan puteri raja yang ditutupin tirai dari atap hingga lantai. Dari lantai dua ini kita juga bisa nikmatin indahnya pemandangan Kota Batusangkar yang asri. Naik ke lantai tiga, kita akan masuk ke ruangan “mahligai” yang berisikan alat-alat kebesaran Raja. Istana Baso Pagaruyuang ini pernah terbakar habis sebanyak tiga kali lho. Setelah berpindah-pindah tempat, akhirnya Istana Baso Pagaruyuang dibangun kembali di Kecamatan Tanjung Emas dan tetep selalu berhasil memukau pengunjung dengan kemegahannya!

  

KOTA PADANG

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: udaindra.blogspot.co.id, ohelterskelter.com

 

Pulau Pasumpahan. Pulau ini bakal manjain kita dengan pasir putih, air pantai yang biru cerah, keindahan bawah laut, dan pemandangan yang bisa dinikmatin dari puncak Bukit Pasumpahan. Di pulau ini kita bisa snorkeling, santai-santai di sekitaran pantai, camping, sampe water sport kayak banana boat. Jangan lupa buat belanja berbagai cemilan ya sebelum ke sini!

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: youtube.com

 

Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini terletak di atas Sungai Batang Arau, menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya. Waktu terbaik buat ke sini adalah pas sunset, karena kita bakal disuguhin pemandangan lampu-lampu cantik yang ada di jembatan ini. 

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: Dok. Pribadi

 

Pantai Air Manis. Salah satu cerita rakyat paling terkenal dari Sumatra Barat adalah cerita Malin Kundang. Nah, di Pantai Air Manis inilah terdapat batu legenda Malin Kundang! Bentuk batu ini bener-bener menyerupain seorang laki-laki yang lagi bersujud. Di sekitar batu Malin Kundang ini juga ada pecahan kapal dengan berbagai peralatan kapalnya.

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: Dok. Pribadi

 

Masjid Raya Sumatra Barat. Masjid seluas 18,091 meter persegi ini adalah masjid terbesar se-Sumatra Barat lho. Dengan bentuk atapnya yang menyerupai rumah adat gadang, masjid ini keliatan memukau dan megah banget. Dinding luar masjid dipenuhin sama ukiran minang dan kaligrafi yang detailnya terlihat indah. Fun fact, masjid ini tahan gempa sampe 10 skala richter lho! Masjid ini emang ditujuin nggak hanya buat tempat ibadah, tapi juga buat shelter evakuasi tsunami. 

 

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: carefulpsychic.wordpress.com, www.dwiaryanti.com

 

Toko Christine Hakim. Traveling rasanya nggak lengkap kalo nggak beli oleh-oleh. Toko oleh-oleh terbesar dan paling terkenal di Padang adalah Toko Christine Hakim. Keripik singkong balado Christine Hakim ini juga udah terkenal banget enaknya. Selain keripik singkong balado, toko ini juga ngejual banyak oleh-oleh lain. Mulai dari keripik jagung balado, kopi, keripik pisang balado, keripik talas balado, kerupuk opak pedas manis, emping jagung, keripik balado udang, dan berbagai oleh-oleh khas lainnya.

 

 

EKSPLOR-INDAHNYA-SUMATRA-BARAT-PROVINSI-YANG-PUNYA-SEJUTA-PESONA

Source: rendangasese.blogspot.co.id

 

Asese. Asese nggak terkenal cuman karena ngejual aneka olahan rendang, dendeng, dan keripik. Asese juga ngeracik dan ngolah produk mereka sendiri lho! Proses pengolahan di dapurnya pun bisa kita liat langsung persis di sebelah toko, cuman dibatasin dengan kaca. Di sini kita bisa beli berbagai olahan rendang kayak rendang paru, rendang suwir, rendang telur, rendang tuna dan masih banyak lagi dengan harga yang terbaik dan rasa yang nggak perlu diraguin lagi.

 

 

Written by Fithrotul Hasiinah (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar