BEGINI CARA SURVIVE TINGGAL DI HOSTEL SELAMA LIBURAN!

December 03, 2017

BEGINI-CARA-SURVIVE-TINGGAL-DI-HOSTEL-SELAMA-LIBURAN!

 

Sekarang, ada banyak pilihan menginap selama berlibur. Mulai dari guest house, airy rooms, zen rooms, red doors, airbnb dan salah satu sahabat semua backpacker waktu liburan: hostel!

 

 

Masalahnya, jarang kita bisa nemu hostel yang bener-bener oke. Kalo hostelnya bagus dan pelayanannya oke, lokasinya jauh. Hostelnya bagus, nyaman, dekat dengan tempat wisata, pasti harganya mahal. Sebenernya hostel bukan cuma soal tempatnya, tapi dengan siapa kita ada di dalamnya karena hostel kan sifatnya sharing dengan orang lain yang bahkan kita nggak kenal. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan waktu kita mau pilih hostel, dan waktu kita tinggal di dalam hostel tersebut!

 

BOOKING A HOSTEL

Sebelum kita pergi, kita bisa ngecek diskon kartu akomodasi yang ada di negara tujuan tempat kita pergi. Salah satu yang paling common adalah International Hostelling (IH) card yang valid di semua YHA (Youth Hostels Association) di seluruh dunia. Ada juga beberapa negara, seperti Australia atau New Zealand punya kartu khususnya sendiri.

Booking hostel sebelum kita sampai ke tempat tujuan karena beberapa hostel bisa dibooking lewat internet. Pastiin kalo hostel kita ada di dalam jangkauan budget kita dan ada di lokasi dekat stasiun atau terminal bus dan coba buat HINDARI AREA RED DISTRICT!

 

ARRIVING AT HOSTEL

Waktu kita sampe di hostel, nggak usah takut dan malu-malu. Kita bisa langsung pergi ke ruangan kita, pilih tempat tidur yang kita mau, dan kenalkan diri kita ke semua orang yang bakalan jadi roommate kita. Walau ngerasa asing sendiri, inget aja kalo orang lain punya tujuan yang sama kayak kita: pengen liburan dan pengen relax, jadi kita harus punya pemikiran yang chill dan holiday-esque waktu kita sampe di hostel.

Tinggal sama orang-orang asing, always use your common sense. Kita tetep nggak boleh mengindahkan peringatan keamanan tentang barang-barang berharga yang kita bawa. Kita bisa tanya ke resepsi dimana kita bisa nyimpen barang-barang berharga kita kayak dokumen travel, paspor, dan lainnya. Pastiin kalo kita paham dan ngerti prosedur keamanan tempat hostel kita tinggal karena biasanya berbeda sesuai negara.

 

SOME USEFUL TIPS 

  • Kalo tempat tidur yang disediakan itu tempat tidur bertingkat, pilih tingkat yang paling bawah karena lebih gampang buat akses keluar masuknya dan kita bisa naroh barang-barang dibawah kolong tempat tidur. Kita juga bisa lebih deket sama akses colokan buat charging dan lain-lain hehe.
  • Bawa sendiri sleep sheet kita. Sleep sheet adalah dua seprai yang dijahit jadi satu seperti kantong. Banyak yang nyediain seprai dan bahkan beberapa ada yang nyediain sleep sheet tapi lebih nyaman buat pake barang yang kita bawa sendiri kan. 
  • Befriend the hostel employee! Staff hostel bisa jadi temen kita atau musuh kita, dan banyak banget manfaat yang bisa kita dapet kalo kita bisa temenan sama petugas hostel. Siapa tahu bisa dapet sabun gratis! Selain itu kita juga bisa ngandelin orang-orang ini buat nitip barang berharga kita selama kita jalan-jalan.
  • Selain sama petugas hostel, kita juga bisa temenan sama roommate, karena hubungan kita sama mereka lumayan menentukan pengalaman nginep itu jadi baik atau buruk. Jangan pake barang roommate kita tanpa seijin dia, jangan nyalain lampu waktu semua orang lagi tidur (pakai lampu senter hp kecil) dan hal lainnya. Be a considerate person!

 

 

Written by Ni Wayan Desy
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar