7 TEMPAT YANG PUNYA KEUNIKAN DAN JADI SATU-SATUNYA DI DUNIA

February 01, 2018

7-TEMPAT-UNIK-YANG-KITA-HARUS-TAU

sumber foto: pinterest/MAXIM SHEMETOV

 

Tempat yang memiliki ciri khas atau keunikannya sendiri, pasti selalu seru untuk dikunjungi. Banyak hal unik yang hanya bisa kita temui di ke-7 kota dan pulau ini lho. Penasaran? Yuk langsung kita liat!

 

 

MUSIM DINGIN CAPAI SUHU MINUS 70 DERAJAT CELCIUS

Buat kita yang hidup di negara  beriklim tropis harusnya bersyukur nih,  karena di kota Oymyakon, Rusia musim panas disana suhunya sekitar minus 30 derajat. Bahkan suhu di musim dingin bisa sampe 71 derajat celcius. Gokil! Hal ini dikarenakan Oymyakon terletak hanya beberapa ratus kilometer dari lingkaran kutub utara. Selain itu, kota ini juga ngalamin malam hari selama 21 jam saat musim dingin dan saat musim panas, mereka ngalamin siang hari selama 21 jam. Walaupun siang harinya lama, tapi matahari jarang muncul di kota ini lho.

 

 

SELURUH BANGUNAN KOTA INI BERWARNA BIRU

Buat kita pecinta warna biru, cocok banget nih liburan ke Chefchaouen, Maroko. Lebih dikenal dengan nama Medina Chefchaouen, di sini kita bisa liat bangunan dan jalanan yang semuanya dicat berwarna biru. Ternyata kota ini tercipta karena kreativitas para wanita yang tinggal di sana, mereka ngerasa bosan dengan bangunan yang hanya berwarna putih. Ada dua alasan nih, kenapa harus dipiih warna biru. Pertama karena biru mencirikan warna perdamaian di dalam agama Yahudi dan kedua sebagai warna penghormatan untuk mata air pegunungan.

 

 

MASYARAKAT YANG HIDUP DI BAWAH TANAH

Mungkin untuk hidup di bawah tanah atau terowongan bagi sebagian orang cuma ada di film, tapi ternyata di Australia orang yang hidup dibawah tanah beneran ada lho. Tepatnya ada di kota Coober Pedy yang punya penduduk lebih dari 2.000 jiwa. Bukan tanpa alasan mereka ngebangun terowongan untuk tempat tinggalnya, karena di sini suhu matahari bisa ngecapai 27-47 derajat celcius! Ditambah lagi, saat musim panas suka terjadi angin debu yang bisa ngebahayain kesehatan. Dan lebih uniknya lagi di Coober Pedy jarang terjadi hujan, karena punya iklim gurun pasir.

 

 

KOTA YANG DIHUNI ORANG MATI

Bisa dibilang di kota Colma, California orang yang hidup lebih dikit daripada orang hidup yang nempatin kota ini. Bayangin aja dari 1,5 juta penduduk, hanya 1.800 orang yang masih hidup! Walaupun creepy, dulunya di 1990 kota ini dikenal sebagai kota yang tenang bagi para imigran, namun ternyata imigran inilah yang ngebawa virus penyakit hingga menewaskan hampir seluruh penduduk asli kota Colma. Bahkan saat ini, kota Colma setiap harinya menerima 75 jenazah yang dikirimkan dari San Fransisco, sehingga kota ini dinobatkan sebagai kota mati.

 

 

HIDUP BERDAMPINGAN DENGAN SAMPAH

Penduduk di kota Manshiyat Naser, Mesir yang berpenduduk 60.000 jiwa kerap ngebawa sampah dari Kairo untuk kemudian didaur ulang. Bahkan di sini ada restoran yang dipenuhi dengan sampah, di atap rumah ataupun jalanan kita juga bisa nemuin sampah berserakan. Sebenarnya  pemerintah Kairo akan nutup kota ini dan nyewa 3 perusahaan untuk ngelola sampah di Mesir. Tapi malah perusahaan ini nggak sanggup karena kuota sampah yang mereka terima ngelebihin kapasitas dan ujung-ujungnya mereka nyewa jasa penduduk kota Manshiyat Naser. Emang penduduk Manshiyat Naser dikenal dengan keahliannya ngedaur ulang sampah secara manual sampe 90%, padahal negara barat yang pake teknologi canggih hanya mampu daur ulang sebanyak 20-25% dari sampah mereka. Cool!

 

 

40% PENDUDUK DI DESA INI BERTUBUH KERDIL

Desa Yangsi, China dikenal dengan nama “desa kurcaci”, karena sebanyak 40% warga dari desa ini lahir dengan ukuran badan lebih kecil dari manusia lainnya. Tercatat orang di desa ini yang tertinggi hanya 116 cm dan terpendek 63 cm. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan ilmuwan, yang sempat meneliti air dan tanah di desa Yangsi, namun sampe saat ini belum ada hasil yang jelas. Fenomena ini pertama kali ditemukan pada 1951 dan berlanjut hingga kini. Karena belum menemukan alasan yang jelas, masyarakat di sana percaya akan adanya kekuatan jahat yang menguasai desa mereka.

 

 

PULAU WISATA YANG BEBAS POLUSI

Siapa sih yang nggak tau keindahan dari pulau Gili Trawangan, Indonesia ini? Yup, kerap dijadikan sebagai destinasi liburan bagi turis lokal ataupun mancanegara, ngebuat masyarakat setempat sangat merawat pulau ini. Bahkan mereka ngebuat larangan untuk kendaraan bermotor beroperasi di Gili Trawangan, sehingga untuk transportasi sehari-hari para penduduk dan turis ini berjalan kaki, naik sepeda dan cidomo (kendaraan tradisional yang ngemanfaatin tenaga kuda). Kebijakan ini diakui efektif untuk menarik minat turis yang ingin berlibur tanpa ngehirup polusi.

 

 

Baca juga:

 

 

Written by Qatrunnada Rahmatika
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar