COBA 5 TIPS JITU MENABUNG AGAR BISA TRAVELING

May 20, 2018

5-TIPS-JITU-MENABUNG-AGAR-BISA-TRAVELING

Photo by rawpixel on Unsplash

 

Selain soal waktu, kondisi keuangan seringkali menjadi alasan mengapa seseorang tidak kunjung berlibur ke destinasi impiannya. Traveling membutuhkan perencanaan yang sangat matang dan dana yang tidak sedikit. Itu sebabnya banyak orang yang sering merasa pesimis ketika diajak untuk melancong ke luar negri. Nah, agar impian untuk traveling tercapai, kita bisa mengikuti tips jitu menabung ini. Check it out!

 

TENTUKAN TUJUANMU


Hal yang terpenting adalah mengetahui ke mana tujuan kita terlebih dahulu. Dengan begitu, kitadapat membuat jadwal keberangkatan dan pulang, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, tempat apa saja yang akan dikunjungi, dan di mana kita akan menginap. Kalau sudah memiliki daftar rencana ini, kita baru bisa membuat anggaran budget untuk traveling nanti, sehingga memiliki perkiraan akan menyisihkan berapa persen dari gaji atau uang saku setiap bulannya.

 

MENABUNG DALAM MATA UANG ASING


Sebagaimana yang telah diketahui, mata uang yang paling stabil di dunia adalah dollar Amerika Serikat, maka akan sangat efektif jika kita menabung menggunakan mata uang tersebut. 
Uang tersebut tidak harus disimpan di bank, kita dapat menukar tabungan Rupiahmu setiap bulannya menjadi pecahan dollar. Selain dollar Amerika Serikat, mata uang Euro juga merupakan mata uang yang stabil, terlebih jika kita hendak berpergian ke Eropa. Akan tetapi jika kita ingin traveling ke negara lain yang mata uangnya tidak menggunakan dollar Amerika Serikat atau Euro, kita bisa langsung menukarnya dengan mata uang negara tersebut.

 

MULAI CICIL KEBUTUHANMU


Kita juga harus memahami satu hal ini; menabung tidak harus selalu tentang uang. Agar rencana kita benar-benar terealisasi, mulailah mencicil kebutuhan-kebutuhan untuk traveling nanti. Misalkan pada bulan kedua mulai mengurus visa, bulan ketiga membeli tiket pesawat, dan bulan berikutnya membayar biaya penginapan. Kita juga harus aktif dalam mencari tahu tentang promo tiket pesawat dan hotel yang akan menguntungkan saat traveling nanti. Jika semua itu sudah selesai, kita baru bisa menabung untuk biaya selama berada di sana.

 

MENGGUNAKAN AKUN BANK KEDUA

Kadang niat awal untuk menabung digagalkan saat harus berkali-kali menarik uang dari tabungan, dan tanpa sadar saldo sudah berkurang jauh. Bagi yang memiliki kesulitan ini, ada baiknya untuk membuat akun tabungan di bank lain. Setiap setelah menerima gaji atau uang saku, sisihkan sekian persen dan segera transfer ke rekening baru tersebut. Tinggalkan kartu debit bank tersebut di rumah. Dengan begitu, kita memiliki akun bank khusus untuk menabung.

 

MULAI KURANGI HANGOUT FANCY

Tidak ada yang salah dengan having fun dan bersosialisasi. Akan tetapi, jika kamu benar-benar ingin merealisasikan rencana traveling-mu dan ingin menabung, mulailah mengurangi hangout fancy. Jika setiap Jumat selalu mengadakan TGIF party bersama temen dan sahabat, mulai atur menjadi setiap bulan sekali atau dua minggu sekali. Percayalah, jika kita alihkan biaya hangout ke rekening khusus, akan terasa efeknya.

Itu dia kelima tips jitu untuk menabung agar bisa traveling. Selain kelima tips di atas, kita juga memerlukan kemauan dan pendirian yang kuat sehingga tidak mudah tergoda. Selamat mencoba!

 

Artikel asli dimuat di www.thread.zalora.co.id

 

 

You may also want to read:

- PENGEN TRAVELING TAPI UANG NGEPAS? BELAJAR JADI LOGICAL-TRAVELER!

- LIBURAN DAN TRAVELING PAKE KONSEP 'OPEN TRIP', YEAY OR NAY?

- 11 TRAVELING HACKS YANG BIKIN JALAN-JALAN LEBIH NYAMAN

 

Written by Wulandari Natlia - Thread by Zalora
Photo Source:
Photo by rawpixel on Unsplash, Thread by Zalora
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar