5 TIPS BIAR RENCANA LIBUR BARENG TEMEN NGGAK BERAKHIR WACANA

September 27, 2018

5-TIPS-BIAR-RENCANA-LIBUR-BARENG-TEMEN-NGGAK-BERAKHIR-WACANA

 

“Ke Malang yuk bulan depan! Kan ada long weekend tuh.. tiket kereta lagi promo juga katanya”.
“Yuk yuk! Jangan wacana doang lah kali ini”.
“Yaelah, rencana kita nginep dua hari satu malem ke Bandung aja belum kesampean dari kapan tau wkwk..”.

 

Well, adakah yang pernah bertukar percakapan semacam ini sama temen-temen terdekat? Liburan/traveling bareng sahabat sebenernya udah lama banget ada di bucket list kita, tapi entah kenapa keinginan kita yang satu ini belum tercapai juga sampe sekarang. Beberapa alesan yang mendasarinya biasanya sih waktu luang kita yang nggak pas, budget yang kurang, kecenderungan buat tunggu-tungguan (misalnya, “Kalo lo belum pasti ikut, kita juga mikir-mikir lagilah jadi atau nggak”), terlalu banyaknya perencanaan dan kekhawatiran, dsb. Padahal sebenernya merancang dan mempersiapkan liburan bareng temen-temen tuh nggak seribet itu kok kalo kita emang niat mau berangkat! Malahan harusnya bisa jadi lebih mudah dan hemat dibandingkan traveling sendirian. Nah, biar rencana liburan bareng kita selanjutnya berhasil terealisasi alias nggak berakhir wacana, coba simak dulu deh lima tips berikut!

 

1. TENTUKAN JADWAL DAN BERKOMITMENLAH

5-TIPS-BIAR-RENCANA-LIBUR-BARENG-TEMEN-NGGAK-BERAKHIR-WACANA


Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum apapun adalah menentukan waktu keberangkatan yang pas dengan jadwal masing-masing anggota, di mana mau nggak mau kita harus bersedia meluangkan waktu kita yang berharga kalo kita emang bener-bener niat berangkat. Kemudian setelah nemu tanggal yang cocok, berkomitmenlah! Di mana bisa jadi ini adalah step paling sulit dalam merencanakan sebuah liburan bersama. Pasti sebelumnya kita pernah kan udah berencana pergi ke suatu tempat , termasuk menyepakati waktunya, tapi kemudian tiba-tiba di tengah jalan ada yang bilang, “Duh, sorry nih ternyata gue nggak bisa” dan entah kenapa kata “Gue nggak jadi ikut ya” itu menular?

Nah, kali ini coba deh buat lebih dikuatin lagi niat bersamanya. Kalo perlu, izin cuti dari sekarang! Terus kalo Gogirl! boleh saran, jangan sampe satu atau dua temen yang berhalangan malah mengurungkan rencana kita semua buat berangkat. Karena percaya deh, kalo kita menunda-nunda rencana kita dengan alesan ini, bisa-bisa liburan bareng kita beneran cuma bakal berakhir sebagai angan-angan. Berangkat aja dulu dengan anggota yang ada. Lagipula selalu ada next time kan buat bisa liburan bareng temen-temen lain yang saat ini belum bisa ikutan?

 

2. DISKUSIKAN BUDGET SECARA TERBUKA

5-TIPS-BIAR-RENCANA-LIBUR-BARENG-TEMEN-NGGAK-BERAKHIR-WACANA


Nggak bisa dipungkiri kalo budget tiap anggota mungkin aja berbeda karena berbagai alesan dan pertimbangan. Berhubung kita berencana buat berangkat bersama, udah seharusnya dong kita tau kemampuan satu sama lain sebelum mulai merencanakan liburan kita, ya nggak? Karena selain mempengaruhi destinasi (oh ya, selain waktu jangan lupa tentukan lokasi yang mau kita tuju dengan mempertimbangkan preferensi bersama ya!), budget juga bakal menentukan aktivitas yang bakal kita lakukan di sana, pilihan tempat menginap kita, transportasi yang bakal kita gunakan, dsb. Intinya sih jangan muluk-muluk dan memaksakan hal yang berada di luar kemampuan kita. Kalo kita masih berstatus pelajar dan karenanya masih mengandalkan uang jajan dari orangtua buat bisa menabung untuk budget liburan, pergi ke kota yang deket-deket aja untuk saat ini nggak apa-apa banget kok! Namun sebaliknya kalo kita udah punya pendapatan sendiri dengan jumlah yang cukup dan kita emang sepakat buat mengeksplosi destinasi yang lebih jauh serta menggunakan fasilitas yang lebih oke, why not? Pastikan aja kalo rencana kita ini sesuai dengan budget yang nggak bakal membebankan salah satu anggota.

Baca juga: PENGEN TRAVELING TAPI UANG NGEPAS? BELAJAR JADI LOGICAL-TRAVELER!

 

3. BAGI-BAGI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

5-TIPS-BIAR-RENCANA-LIBUR-BARENG-TEMEN-NGGAK-BERAKHIR-WACANA


Salah satu kelebihan utama pergi liburan bareng temen adalah kita bisa bagi-bagi tugas dalam merencanakan perjalanan kita. Misalnya aja, siapa yang bertugas nyari tiket kereta/pesawat/sewa mobil, siapa yang bertugas nyari penginapan, dan siapa yang bertugas menyusun itinerary setelah mendengarkan pendapat dan mempertimbangkan keinginan setiap anggota. Bagaimanapun we’re all in this together kan? Jadi jangan sampe kita membebankan seluruh pekerjaan ke satu orang.

Terus kalo bisa sempatkanlah waktu kita buat mendiskusikan hal-hal ini secara langsung, seenggaknya sekali atau dua kali sebelum keberangkat. Karena walaupun di zaman sekarang komunikasi udah lebih mudah dengan adanya aplikasi chat, media sosial, dsb, kemungkinan kesalahpahaman yang terjadi ketika kita melakukan percakapan secara virtual tuh tinggi banget lho. So, baiknya pastikan lagi keseluruhan rencana kita secara tatap muka biar semua lebih jelas.

Baca juga: BELAJAR BIKIN ITINERARY SENDIRI YUK!

 

4. RENCANAKAN DAN SEPAKATI PENGELUARAN BERSAMA

5-TIPS-BIAR-RENCANA-LIBUR-BARENG-TEMEN-NGGAK-BERAKHIR-WACANA


Keuntungan lain dari pergi liburan bareng temen adalah gimana kita bisa membagi pengeluaran kita buat keperluan-keperluan bersama seperti akomodasi. Tentunya hal ini harus kita lakukan dengan perencanaan dan kesepakatan bersama ya. Keputusan akan siapa yang membayar untuk apa pun udah harus  ditentukan sebelum keberangkatan biar nggak ada masalah yang melibatkan uang di antara kita nantinya.

PS: Belanja keperluan bareng sebelum berangkat liburan juga bisa kita lakukan sebagai siasat buat menekan budget lho. Misalnya aja, barangkali kita mau patungan buat beli toiletries, cemilan, dan obat-obatan bersama. Lumayan lah ya buat menghemat beberapa rupiah.

 

5. NABUNG BARENG BISA BANGET JADI PILIHAN

5-TIPS-BIAR-RENCANA-LIBUR-BARENG-TEMEN-NGGAK-BERAKHIR-WACANA


Menabung buat merealisasikan rencana liburan adalah suatu keniscayaan – kecuali kalo kita dateng dari keluarga yang kaya raya he he..  Setelah membuat perencanaan dan budgeting, kita kira-kira udah dapet gambaran kan tuh soal berapa jumlah uang ya kita butuhkan? Nah, kalo kata Waren Buffett, “Do not save what is left after spending; instead spend what is left after saving”. Artinya, secara rutinlah menabung di awal, baru sisanya kita gunakan buat pengeluaran sehari-hari.  Biar lebih semangat, kita juga bisa bikin program nabung bersama bareng temen-temen. Misalnya aja, kita bisa nunjuk satu orang terpercaya buat jadi bendahara yang bakal nagih tabungan dengan jumlah tertentu ke kita setiap bulannya. Atau kita bisa juga buka tabungan berencana bareng buat merencanakan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan budget cukup gede.

Baca juga: COBA 5 TIPS JITU MENABUNG AGAR BISA TRAVELING

 

You may also want to read:

 

Written by Tsana Garini Sudradjat
Photo Source:
Pexels
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar