INI CARA PILIH HEADPHONE YANG PAS UNTUK TRAVELING

October 16, 2017

HEADPHONE-YANG-PAS-UNTUK-TRAVELING

 

Siapa sih yang bisa hidup tanpa musik? Rasanya selalu ada musik di setiap momen dalam hidup kita kan yang bisa dideskripsiin dengan musik. Mau sedih, mau seneng, pasti ada lagu yang pas untuk kita. Supaya dengerin musik makin asyik, pasnya sih kita punya peralatan seperti headphone yang emang didesain khusus. Sama kayak smartphone dan dompet, headphone juga bisa jadi benda "penyelamat" buat kita, khususnya yang suka solo traveling.

 

 

Beberapa aktivitas yang membutuhkan ‘teman’ saat traveling, misalnya saat nunggu pesawat atau kereta berangkat. Dengan playlist yang udah tertata rapi di smartphone, nunggu bisa jadi kegiatan yang nggak terlalu bikin mati gaya. Untuk dapetin headphone yang pas untuk traveling, ada beberapa faktor yang musti diperhatiin seperti berikut:

 

NOISE CANCELLING VS NOISE ISOLATING

Noise Canceling adalah suatu fasilitas yang biasa dimiliki headphone untuk mengurangi/mereduksi tingkat kebisingan yang berasal dari lingkungan sekitar, sehingga kita bisa mendengarkan audio melalui headphone tersebut dengan kualitas yang lebih baik. Sementara noise issolation ini adalah teknik untuk meredam suara keberisikan di sekeliling kita, jadinya kita bisa mendengar suara lawan bicara kita dengan jelas.

Untuk traveling, disaranin banget buat beli headphone dengan active noise cancelling karena tingkat kebisingan yang bisa dikurangi dari headphone yang hanya mengandalkan passive noise canceling cuma sekitar 15dB sampai 20dB (decibel). Sementara kabin pesawat punya tingkat kebisingan mencapai 75dB sampe 80dB.

 

WIRED VS WIRELESS

Salah satu perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk terbebas dari kabel lewat bluetooth. Meski pun tanpa kabel akan bikin traveling kita lebih nyaman, kita harus mempertimbangkan baterai dan kualitas yang dihasilin. Percuma juga punya headphone bagus tapi bikin baterai kita cepet abis. Beberapa headphone terbaik di dunia dengan wireless masih belum bisa ngalahin kualitas dari headphone yang punya kabel.

 

PENYIMPANAN

Ada banyak pilihan headphone yang tersedia untuk berbagai tipe kebutuhan dari mulai in-ear, on-ear, atau over-ear. Untuk yang nggak mau ribet dan lebih suka dengan bentuk yang simpel, coba cari headphone yang bisa dilipat. Headphone jenis ini bisa diselipin di antara berbagai barang yang ada di tas tanpa merusak headphone itu sendiri.

 

BERAPA LAMA PERJALANAN

Semakin lama perjalanan, semakin lama juga kita akan menggunakan headphone. Maka dari itu, penting banget kita punya headphone yang nyaman dipake dalam jangka waktu yang lama. Apa lagi tekanan rendah di kabin pesawat bisa bikin kuping kita mudah terinfeksi. Coba pilih headphone dengan tipe over-ear yang dilapisin dengan busa yang banyak.

 

 Udah nentuin mau beli headphone seperti apa? Kalo udah, jangan lupa juga ngebaca review dari produk yang akan dibeli supaya kita nggak nyesel.

 

 

Written by Tatu Hutami (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
videoblock.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar